Jelajah Ranu (Ranu Pakis)
.
Ranu (danau) Pakis, yang terletak di kaki gunung Lem...

Menjelajahi Keindahan Danau Ranu Pakis, Lumajang, Jawa Timur

Jelajah Ranu (Ranu Pakis)

Ranu (danau) Pakis, yang terletak di kaki gunung Lemongan seluas 112 hektar di ketinggian 600 mdpl, Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pakis adalah salah satu dari segitiga ranu yang ada di kaki gunung Lemongan yakni Ranu Klakah dan Ranu Bedali.

Gunung Lemongan merupakan gunung yang berstatus maar atau istirahat. Apabila gunung Lemongan ini sedang mengalami aktifitas, kadar belerang di danau ini mengakibatkan ikan-ikan mati dan nelayan sekitar panen raya. Karena keunikan gunung ini terletak pada kawahnya. Kawah gunung Lemongan terletak di segitiga danau ini.

Keindahan Ranu Pakis terpancar saat pagi hari, aktifitas nelayan yang meramaikan di sekitar danau, di sisi timur danau terlihat panorama gunung Lemongan dan sisi utaranya tampak gagah gunung Semeru. 📸 : @sendy.a

Liburdulu.com adalah sumber inspirasi untuk menikmati wisata di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi danau Ranu Pakis yang terletak di kaki gunung Lemongan, Lumajang, Jawa Timur. Danau ini memiliki luas 112 hektar dan terletak di ketinggian 600 mdpl.

Gunung Lemongan adalah gunung yang memiliki status maar atau gunung istirahat. Saat gunung ini aktif, kadar belerang di danau Ranu Pakis meningkat dan menyebabkan ikan-ikan di danau mati, serta nelayan sekitar mengalami panen yang melimpah. Keunikan dari gunung Lemongan terletak pada kawahnya yang terletak di segitiga danau yang mencakup Ranu Pakis, Ranu Klakah, dan Ranu Bedali.

Ranu Pakis menawarkan keindahan yang memukau, terutama saat pagi hari. Selain itu, keberadaan nelayan yang sibuk di sekitar danau menambah suasana yang hidup. Dari sisi timur danau, kamu akan dapat melihat keindahan Gunung Lemongan, sementara sisi utaranya menampilkan keagungan Gunung Semeru.

BACA JUGA :  Nikmati Suasana Privat dan Indah di Pantai Amed, Bali Timur

Jelajahi Keindahan Ranu Pakis

Ranu Pakis adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam danau yang spektakuler. Di sini, kamu dapat menjelajahi dan menikmati pemandangan yang menakjubkan, melihat nelayan yang sibuk memancing, dan merasakan udara segar di gunung Lemongan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan saat berada di Ranu Pakis:

1. Menikmati Pemandangan Danau

Pemandangan danau Ranu Pakis sangat memukau, terutama saat matahari terbit. Kamu dapat duduk di tepi danau sambil menikmati pemandangan yang indah dan menenangkan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen yang tak terlupakan.

2. Menyusuri Tepi Danau

Nikmati suasana damai dengan berjalan menyusuri tepi danau Ranu Pakis. Dengan berjalan kaki, kamu dapat melihat keindahan alam sekitar danau lebih dekat. Rasakan udara segar gunung Lemongan dan nikmati keindahan alam yang menakjubkan.

3. Memancing

Jika kamu suka memancing, Ranu Pakis adalah tempat yang sempurna untuk melakukannya. Danau ini adalah tempat yang kaya akan ikan, dan kamu dapat melihat nelayan setempat yang sibuk memancing. Sewa peralatan memancing dan rasakan pengalaman memancing yang unik di Ranu Pakis.

4. Bersepeda

Untuk pengalaman yang lebih aktif, kamu dapat menyewa sepeda dan menjelajahi sekitar danau Ranu Pakis. Rasakan angin segar saat bersepeda dan nikmati pemandangan yang menakjubkan di sepanjang jalan. Jangan lupa untuk memakai helm dan berhati-hati saat bersepeda di area yang ramai.

5. Menikmati Kuliner Lokal

Setelah berkeliling danau, kamu dapat mencicipi kuliner lokal yang lezat di sekitar Ranu Pakis. Cobalah makanan khas Jawa Timur, seperti nasi pecel, sate ayam, atau jagung bakar. Nikmati makanan enak sambil menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar danau.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Pulau Samalona di Makassar, Sulawesi Selatan

Pertanyaan Umum

1. Bagaimana cara menuju ke Ranu Pakis?
Untuk menuju ke Ranu Pakis, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Lumajang, perjalanan menuju Ranu Pakis membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan mobil atau motor.

2. Apakah ada fasilitas penginapan di sekitar Ranu Pakis?
Ya, terdapat beberapa penginapan di sekitar Ranu Pakis. Kamu dapat memilih dari berbagai jenis akomodasi, mulai dari hotel hingga penginapan sederhana yang terletak di sekitar danau.

3. Apakah ada aktivitas lain yang dapat dilakukan di sekitar Ranu Pakis?
Selain menikmati keindahan danau, terdapat juga beberapa aktivitas lain yang dapat dilakukan di sekitar Ranu Pakis. Kamu dapat mendaki gunung Lemongan, menjelajahi desa sekitar, atau mengunjungi destinasi wisata lain di Lumajang.

Kesimpulan

Ranu Pakis adalah tempat yang menakjubkan untuk menjelajahi keindahan alam dan menikmati suasana yang tenang. Dengan pemandangan danau yang memukau, pemandangan gunung Lemongan, dan suasana nelayan yang sibuk, Ranu Pakis adalah destinasi yang layak untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan menjelajahi danau Ranu Pakis di Lumajang, Jawa Timur.