#explorebangka’s 2017 best nine....

Jelajahi Keindahan Pulau Bangka – 9 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Bangka Tahun 2017

Pulau Bangka adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Bangka Belitung, Indonesia. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan berbagai tempat wisatanya yang menarik. Di tahun 2017, Jelajah Tempat Wisata Bangka (JTWB) telah merangkum sembilan tempat wisata terbaik di Pulau Bangka. Artikel ini akan menampilkan beberapa tempat wisata tersebut, serta memberikan informasi tambahan tentang pulau Bangka sebagai destinasi liburan yang menarik.

1. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Pulau Bangka. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air yang jernih, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai atau berenang. Selain itu, pantai ini juga menawarkan berbagai kegiatan seperti selancar, snorkeling, dan memancing.

2. Pantai Matras

Pantai Matras juga merupakan salah satu pantai yang indah di Pulau Bangka. Pantai ini terkenal dengan panorama alamnya yang memesona, terdiri dari pasir putih yang lembut, air yang biru jernih, dan batu-batu granit yang menghiasi pantai. Pantai Matras juga sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding karena keindahannya.

3. Pantai Parai Teleng Ria

Pantai Parai Teleng Ria adalah salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Pulau Bangka. Pantai ini memiliki bentang alam yang mengagumkan, dengan pasir putih yang luas, air yang jernih, dan pohon kelapa yang rindang. Di pantai ini juga terdapat berbagai wahana permainan air seperti banana boat, jet ski, dan parasailing.

4. Pantai Tikus

Pantai Tikus terletak di tengah Kota Sungailiat, Pulau Bangka. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, air yang jernih, dan pemandangan yang menakjubkan. Pantai ini merupakan tempat yang populer bagi para penyelam dan snorkeler, karena memiliki terumbu karang yang indah dan kehidupan bawah laut yang kaya.

BACA JUGA :  Menjelajahi Keindahan Alam Pulau Bangka: Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras, dan Lainnya

5. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Bangka. Pulau ini terkenal dengan mercusuar bersejarah yang masih beroperasi hingga saat ini. Pulau Lengkuas juga memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan air yang jernih, serta terumbu karang yang indah untuk snorkeling.

6. Pulau Bangka Botanical Garden

Pulau Bangka Botanical Garden adalah taman botani yang terletak di dekat Kota Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung. Taman ini memiliki koleksi tanaman yang sangat beragam, termasuk berbagai jenis tumbuhan endemik Pulau Bangka. Pengunjung dapat berjalan-jalan di taman ini sambil menikmati keindahan alam dan belajar tentang flora pulau Bangka.

7. Museum Timah

Museum Timah terletak di Kota Sungailiat, Pulau Bangka. Museum ini menyajikan informasi tentang sejarah pertambangan timah di Pulau Bangka, sekaligus memberikan wawasan tentang kehidupan masyarakat setempat. Pengunjung dapat melihat koleksi artefak pertambangan timah dan mempelajari proses pengolahan timah.

8. Pantai Rebo

Pantai Rebo adalah pantai yang terletak di Desa Rebo, Pulau Bangka. Pantai ini terkenal dengan pemandangan alam yang indah, dengan pasir putih yang lembut dan air yang jernih. Pantai Rebo juga merupakan tempat yang ideal untuk memancing, dengan berbagai jenis ikan yang dapat ditangkap di sekitar pantai.

9. Pulau Pasir Padi

Pulau Pasir Padi adalah sebuah pulau kecil yang terletak di perairan Pulau Bangka. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan air yang jernih. Ketika air laut surut, pulau ini akan muncul dan menjadi tempat yang populer untuk berjemur, berenang, dan bersantai.

Dengan keindahan alam dan berbagai tempat wisatanya yang menarik, Pulau Bangka adalah destinasi liburan yang patut dipertimbangkan. Dari pantai-pantai yang indah hingga mercusuar bersejarah dan taman botani, pulau ini menawarkan banyak hal untuk dinikmati oleh wisatawan. Selain itu, Pulau Bangka juga terkenal dengan kekayaan kuliner, seperti ikan bakar, mie Bangka, dan keripik sanjai.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bangka dengan Seru dan Penuh Warna di "Colour Run 2015"

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Pulau Bangka?
Untuk mencapai Pulau Bangka, Anda dapat terbang ke Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung. Dari Pangkalpinang, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat atau air, tergantung pada tujuan wisata Anda di Pulau Bangka.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Bangka?
Pulau Bangka dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun sebaiknya menghindari musim hujan yang biasanya terjadi antara bulan Oktober hingga Maret. Musim kemarau antara bulan April hingga September adalah waktu yang ideal untuk berkunjung.

3. Apa yang harus dipersiapkan untuk liburan di Pulau Bangka?
Untuk liburan di Pulau Bangka, disarankan untuk membawa perlengkapan seperti pakaian renang, baju ganti, peralatan snorkeling, tabir surya, dan obat nyamuk. Juga pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup, karena sebagian tempat di Pulau Bangka mungkin tidak menerima pembayaran dengan kartu.

Conclusion:

Pulau Bangka adalah tempat wisata yang menarik dengan keindahan alam yang memukau dan berbagai tempat wisata yang menarik. Dari pantai-pantai yang indah hingga wisata sejarah dan taman botani, pulau ini menawarkan banyak pilihan bagi para pengunjung. Jadi, jika Anda mencari destinasi liburan yang eksotis di Indonesia, Pulau Bangka adalah pilihan yang sempurna. Jelajahi keindahannya dan nikmati pengalaman liburan yang tak terlupakan di pulau ini.