Satu dari banyak kuliner seafood di Bangka yang wajib dicoba, kerang lokan! Apa ...

Menikmati Kelezatan Kerang Lokan – Salah Satu Kuliner Seafood Wajib dicoba di Bangka

Jelajah Wisata Bangka – Menikmati Kelezatan Kerang Lokan yang Khas

Bangka, sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan juga kuliner seafood yang lezat. Salah satu kuliner seafood yang wajib dicoba di Bangka adalah kerang lokan. Apa itu kerang lokan? Bagaimana cara memasaknya? Dan apa yang membuatnya begitu istimewa? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Apa itu Kerang Lokan?

Kerang lokan adalah sejenis kerang yang banyak ditemukan di Bangka. Kerang ini memiliki cangkang berwarna hitam dengan daging yang tebal, kenyal, dan memiliki rasa yang lezat. Kerang lokan hidup di habitat lumpur atau muara, memberikan karakter dan cita rasa khas pada dagingnya. Selain memiliki rasa yang nikmat, kerang lokan juga kaya akan zat gizi yang baik untuk kesehatan.

Cara Memasak Kerang Lokan

Di Pulau Bangka, kerang lokan dapat dimasak dengan berbagai cara yang menggugah selera. Beberapa cara populer memasak kerang lokan di antaranya adalah:

1. Direbus atau dikukus: Cara ini adalah cara paling sederhana untuk menikmati kerang lokan. Kerang direbus atau dikukus hingga matang sempurna, kemudian disajikan dengan saus pedas atau saus tomat.

2. Saus Padang: Kerang lokan juga sering dimasak dengan saus Padang, yang terkenal dengan rasa pedas khasnya. Saus Padang memberikan cita rasa yang kaya dan pedas yang pas dengan daging kerang yang kenyal.

3. Saus Tiram: Saus tiram memberikan rasa manis dan gurih yang lezat pada kerang lokan. Kerang direbus atau digoreng terlebih dahulu, kemudian disajikan dengan saus tiram yang kental dan menggugah selera.

4. Dilempah: Dalam masakan dilempah, kerang lokan dimasak dengan kuah yang kental dan bumbu yang lezat. Biasanya, kerang ini dimasak dengan sayuran dan rempah-rempah yang beragam.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bangka - Hutan Mangrove di Kurau Barat

5. Rebus Serai: Salah satu cara memasak yang paling khas di Pulau Bangka adalah rebus serai. Batang serai dikombinasikan dengan air rebusan kerang, memberikan aroma yang harum dan menghilangkan bau amis yang sering terdapat pada kerang laut.

Kerang lokan dapat dinikmati dengan nasi hangat atau roti tawar sebagai pengiringnya. Rasanya yang lezat dan tekstur yang kenyal membuat kerang lokan menjadi hidangan yang nikmat dan menggoda selera.

Kerang Lokan dan Kesehatan

Selain rasanya yang enak, kerang lokan juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kerang ini mengandung protein, zat besi, seng, vitamin B12, dan asam lemak omega-3, yang semuanya penting bagi tubuh kita. Omega-3 diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan otak, sementara vitamin B12 penting untuk fungsi otak dan sistem saraf.

Namun, penting untuk diingat bahwa kerang lokan dapat menyebabkan keracunan makanan jika tidak dimasak dengan benar. Pastikan kerang dipilih yang segar dan hidup, hindari kerang yang sudah mati atau cangkangnya pecah. Selalu pastikan kerang dimasak hingga matang sempurna untuk menghindari risiko keracunan.

FAQ

1. Apakah kerang lokan hanya dapat ditemukan di Pulau Bangka?
Ya, kerang lokan merupakan salah satu spesies kerang yang hanya dapat ditemukan di Pulau Bangka di Kepulauan Bangka Belitung.

2. Apakah kerang lokan memiliki rasa yang amis?
Tidak, kerang lokan tidak memiliki rasa amis jika dimasak dengan benar. Penggunaan serai dalam masakan, misalnya rebus serai, membantu menghilangkan bau amis pada kerang.

3. Bagaimana cara memilih kerang lokan yang baik?
Pilih kerang lokan yang masih segar dan hidup. Hindari kerang yang sudah mati atau memiliki cangkang pecah.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bangka - Kampung Gedong, Desa Lumut, Belinyu, Kabupaten Bangka, Pulau Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

4. Mengapa kerang lokan baik untuk kesehatan?
Kerang lokan mengandung protein, zat besi, seng, vitamin B12, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.

Conclusion

Jelajahi keindahan Pulau Bangka tidaklah lengkap tanpa mencicipi kelezatan kerang lokan. Dengan daging yang kenyal dan rasa yang lezat, kerang lokan menjadi hidangan seafood yang wajib dicoba ketika berada di Bangka. Tersedia dalam berbagai macam variasi masakan, seperti direbus, saus Padang, saus tiram, dilempah, dan rebus serai, kerang lokan memuaskan selera para pengunjung dengan cita rasa yang khas. Selain rasanya yang lezat, kerang lokan juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pastikan untuk mencicipi kelezatan kerang lokan saat berkunjung ke Bangka untuk mengisi pengalaman kuliner anda!