#ebevent "FESTIVAL SANGIANG API 2018"
festival sangiang api merupakan sebuah eve...

Festival Sangiang Api 2018 – Pesona Wisata dan Budaya Desa Sangiang

Festival Sangiang Api merupakan sebuah event tahunan yang diadakan oleh para Generasi Muda Desa Sangiang yang didukung oleh Dinas Pariwisata dan Pemerintah Desa Sangiang Kabupaten Bima. Festival ini menjadi salah satu rangkaian pesta untuk menyambut Hari Jadi Bima. Adapun konsep kegiatan ini meliputi lomba sampan layar tradisional, expo kerajinan rakyat, gebyar kuliner Kalempe Sangiang, jelajah gunung Sangiang, pertunjukan seni tradisional, dan tradisi Nggalo Ruhu.

Lomba Sampan Layar Tradisional merupakan salah satu acara utama dalam Festival Sangiang Api. Lomba ini mengambil titik start dari Pulau Sangiang dan finish di Desa Sangiang. Lomba ini menempuh jarak sekitar 12 km yang melewati laut Flores yang ganas. Pada tahun 2017, lomba ini diikuti oleh 35 perahu layar, namun pada tahun 2018, peserta lomba perahu layar meningkat menjadi 60 perahu layar yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Bima.

Expo Kerajinan Rakyat merupakan bazar yang akan diikuti oleh para pengrajin industri rumah tangga. Pada acara ini, para pengrajin akan menampilkan berbagai macam produk industri mereka. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan dan menjual produk-produk mereka kepada pengunjung.

Gebyar Kuliner Kalempe Sangiang adalah salah satu acara dalam festival yang menampilkan makanan khas daerah Sangiang yang tidak ditemukan di daerah lain. Pengunjung akan dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang bervariasi dan tentunya unik dalam rasa dan cara penyajiannya.

Jelajah Gunung Sangiang adalah kegiatan yang bertujuan untuk memetakan potensi bencana, potensi wisata, serta potensi satwa dan keanekaragaman hayati di Gunung Sangiang. Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan kepada peserta tentang kekayaan alam di sekitar gunung, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan alam tersebut.

BACA JUGA :  Menjelajah Wisata Bima: Pantai, Gunung, dan Budaya yang Menakjubkan di Indonesia

Pertunjukan Seni Tradisional merupakan salah satu hiburan yang disajikan dalam Festival Sangiang Api. Para pengunjung akan dapat menyaksikan nyanyian mistik Sangiang (sagele), ragam tarian daerah, teater, monolog sejarah (mpama mpemo), puisi, dan musik. Dalam pertunjukan ini, para seniman lokal akan menampilkan kekayaan seni dan budaya tradisional yang dimiliki oleh daerah Sangiang.

Nggalo Ruhu merupakan tradisi leluhur orang Sangiang yang dipertahankan secara turun-temurun. Tradisi ini hanya dilakukan sekali dalam setahun dalam rangka menjamu petinggi. Pada saat berburu, mereka dipimpin oleh panglima berburu yang sudah ditunjuk sebelumnya oleh Dalu.

Dengan menghadiri Festival Sangiang Api, pengunjung akan dapat menikmati berbagai acara dan kegiatan yang menarik serta unik. Selain itu, mereka juga dapat mempelajari budaya dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Desa Sangiang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Festival Sangiang Api dan menikmati pesona indahnya Desa Sangiang.

FAQ:

Q: Kapan Festival Sangiang Api 2018 akan diadakan?
A: Festival Sangiang Api 2018 telah berlangsung pada tahun 2018. Untuk informasi terbaru mengenai festival tersebut, disarankan untuk mengunjungi situs resmi penyelenggara acara atau menghubungi Dinas Pariwisata setempat.

Q: Apakah Festival Sangiang Api hanya diikuti oleh masyarakat lokal?
A: Tidak, Festival Sangiang Api diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Kabupaten Bima. Hal ini menjadikan festival ini sebagai ajang pertemuan dan perayaan bersama antara masyarakat lokal dan pengunjung dari luar daerah.

Q: Berapa lama kegiatan Festival Sangiang Api berlangsung?
A: Durasi kegiatan Festival Sangiang Api bervariasi setiap tahunnya. Biasanya kegiatan tersebut berlangsung dalam rentang waktu beberapa hari, dimulai dari serangkaian acara pembukaan hingga penutupan.

Q: Apakah ada biaya untuk mengikuti Festival Sangiang Api?
A: Biaya partisipasi dalam Festival Sangiang Api bervariasi tergantung pada jenis kegiatan yang diikuti. Beberapa kegiatan, seperti pertunjukan seni dan pameran, mungkin memerlukan biaya masuk. Namun, sebagian besar acara festival bersifat gratis dan terbuka untuk umum.

BACA JUGA :  Menjelajah Wisata Bima: Nikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Tersaji!

Konklusi:

Festival Sangiang Api merupakan event tahunan yang menyajikan berbagai kegiatan dan acara menarik, seperti lomba sampan layar tradisional, expo kerajinan rakyat, gebyar kuliner Kalempe Sangiang, jelajah gunung Sangiang, pertunjukan seni tradisional, dan tradisi Nggalo Ruhu. Dengan menghadiri festival ini, pengunjung akan dapat menikmati pesona indah Desa Sangiang, mempelajari budaya dan kearifan lokal, serta berpartisipasi dalam aktivitas yang unik. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Festival Sangiang Api dan menikmati segala yang ditawarkan oleh acara ini.