#explorebima Photo today by  taken at around Sambori
#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Keindahan Alam dan Budaya di Kota Bima!

Bima adalah salah satu kota di provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Kota ini menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pantai-pantai yang indah hingga destinasi budaya yang kaya. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bima, berikut adalah beberapa tempat wisata yang harus Anda kunjungi.

1. Pantai Sambori
Pantai Sambori merupakan salah satu pantai yang paling populer di Bima. Pantai ini menawarkan pasir putih yang halus, air jernih, dan pemandangan yang spektakuler. Anda dapat berenang, berjemur, atau bahkan berselancar di pantai ini. Jika Anda mencari tempat yang tenang untuk bersantai, Pantai Sambori adalah pilihan yang sempurna.

2. Taman Nasional Gunung Tambora
Taman Nasional Gunung Tambora adalah tujuan yang sempurna bagi pecinta alam dan pendaki gunung. Taman nasional ini terletak di kaki Gunung Tambora yang menjadi salah satu gunung berapi paling bersejarah di Indonesia. Anda dapat melakukan pendakian ke puncak gunung atau menjelajahi keindahan alam di sekitar taman nasional ini.

3. Pantai Lakey
Jika Anda adalah penggemar surfing, Pantai Lakey adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Pantai ini terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk surfing di Indonesia. Ombak yang besar dan konsisten menjadikan Pantai Lakey sebagai surga bagi para peselancar. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang tenang.

4. Desa Wera
Desa Wera adalah tempat yang tepat untuk menemukan kerajinan tangan khas Bima. Desa ini terkenal dengan pembuatan perahu tradisional yang dikenal sebagai “phinisi”. Anda dapat melihat bagaimana perahu-perahu ini dibuat oleh tukang kayu lokal dan mempelajari prosesnya. Selain itu, Anda juga dapat membeli kerajinan tangan khas Bima sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Acara Spesial World Wide Instameet 15 di Pantai Bajopulo Sape

5. Pulau Jemaja
Pulau Jemaja merupakan pulau terbesar di Kepulauan Bima dan menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pulau ini memiliki pantai-pantai yang indah, air terjun yang menakjubkan, dan kehidupan bawah laut yang kaya. Anda dapat menghabiskan waktu di pantai, melakukan snorkeling atau menyelam, atau menjelajahi hutan tropis di pulau ini.

FAQ:

1. Apa yang membuat Pantai Sambori menarik untuk dikunjungi?
Pantai Sambori menawarkan pasir putih yang halus, air jernih, dan pemandangan yang spektakuler. Pantai ini juga jarang dikunjungi sehingga Anda dapat menikmati suasana yang tenang dan damai.

2. Apakah Gunung Tambora sulit didaki?
Pendakian ke puncak Gunung Tambora membutuhkan keahlian dan persiapan yang baik. Namun, ada juga jalur pendakian yang lebih mudah untuk para pemula. Selalu pastikan untuk mendapatkan panduan yang berpengalaman dan menjaga keamanan selama pendakian.

3. Bagaimana cara menuju Pantai Lakey?
Pantai Lakey terletak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bima. Anda dapat menyewa mobil atau motor untuk mencapai pantai ini. Alternatif lainnya adalah menggunakan angkutan umum atau taksi.

4. Apa yang membuat Desa Wera terkenal?
Desa Wera terkenal dengan pembuatan perahu tradisional “phinisi”. Anda dapat melihat bagaimana perahu-perahu ini dibuat dan membeli kerajinan tangan khas Bima sebagai oleh-oleh.

5. Bagaimana cara mencapai Pulau Jemaja?
Anda dapat mencapai Pulau Jemaja dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Sape di Bima. Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam tergantung pada kondisi cuaca. Pastikan untuk menyesuaikan jadwal perjalanan Anda dengan jadwal kapal yang tersedia.

Kesimpulan:

Bima adalah tujuan liburan yang sempurna bagi pecinta alam dan penggemar petualangan. Kota ini menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik, mulai dari pantai yang indah hingga destinasi budaya yang kaya. Dengan keindahan alamnya yang spektakuler dan keramahan penduduk setempat, Bima akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang menakjubkan di Bima.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya Bima - Destinasi Wisata Terbaik di Nusa Tenggara Barat