Kapore merupakan jajanan khas Bima yang terbuat dari beras ketan putih yang dita...

Jelajahi Keindahan Wisata Bima dan Cicipi Makanan Khasnya, Kapore!

Jelajah Wisata Bima – Kapore merupakan jajanan khas Bima yang terbuat dari beras ketan putih yang ditaburi parutan kelapa goreng serta gula merah yang dicairkan. Makanan ini menjadi salah satu icon kuliner yang terkenal di Bima, Nusa Tenggara Barat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tempat wisata di Bima serta mengenal makanan khasnya, yaitu Kapore.

Bima adalah sebuah kota yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pantai Wera
Pantai Wera terletak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Bima. Pantai ini dikenal dengan keindahannya yang masih alami dan belum terlalu ramai pengunjung. Pasir putih yang halus dan air laut yang jernih menjadi daya tarik utama pantai ini. Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling menggunakan perahu tradisional yang disebut aplik-aplik.

2. Pantai Mandorak
Pantai Mandorak terletak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Bima. Pantai ini memiliki panorama alam yang indah. Pasir putih yang lembut, ombak yang tenang, dan air laut yang biru membuat pantai ini cocok untuk bersantai dan berenang. Juga terdapat batu karang yang menambah keindahan pantai ini.

3. Gunung Tambora
Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Kabupaten Dompu, sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Bima. Gunung ini menjadi tempat wisata populer di Bima. Pemandangan alam yang spektakuler dan trekking yang menantang membuat para pendaki tertarik untuk mengunjungi gunung ini. Selain itu, Gunung Tambora juga terkenal dengan kejadian letusan dahsyat yang terjadi pada tahun 1815.

4. Air Terjun Komba
Air Terjun Komba terletak di Desa Monta, sekitar 55 kilometer dari pusat Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan dikelilingi oleh hutan hijau yang alami. Keindahan air terjun ini membuat pengunjung terpesona dan ingin segera berendam di bawah air terjun.

BACA JUGA :  Exploring Trip to Bima - Yuk Jelajah Tempat Wisata Bima Ini!!

Selain menikmati keindahan alam di Bima, pengunjung juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya, yaitu Kapore. Kapore adalah jajanan tradisional Bima yang terbuat dari beras ketan putih yang ditaburi parutan kelapa goreng dan gula merah yang dicairkan. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Kapore sering dijadikan oleh-oleh khas Bima yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Makanan ini juga sering dihidangkan dalam acara tradisional atau perayaan di Bima. Rasanya yang unik dan tampilannya yang menarik membuat Kapore menjadi makanan favorit masyarakat Bima.

FAQ:

Q: Apa saja tempat wisata di Bima?
A: Beberapa tempat wisata di Bima adalah Pantai Wera, Pantai Mandorak, Gunung Tambora, dan Air Terjun Komba.

Q: Bagaimana cara mencapai Pantai Wera?
A: Pantai Wera terletak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Bima. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti taksi atau ojek.

Q: Apa yang membuat Kapore menjadi makanan khas Bima?
A: Kapore terbuat dari beras ketan putih yang ditaburi parutan kelapa goreng serta gula merah yang dicairkan. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan merupakan makanan tradisional yang telah diwariskan secara turun-temurun di Bima.

Q: Bagaimana cara membuat Kapore?
A: Untuk membuat Kapore, beras ketan putih direbus hingga matang. Setelah itu, kelapa diparut dan digoreng hingga kering. Gula merah kemudian dicairkan. Beras ketan putih yang telah matang ditaburi dengan parutan kelapa goreng dan gula merah cair.

Conclusion:

Bima merupakan kota yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pantai-pantai yang masih alami, gunung yang menantang, dan air terjun yang indah dapat dinikmati oleh para pengunjung. Selain itu, makanan khas Bima, seperti Kapore, juga menjadi daya tarik tersendiri. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan merupakan oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi wisata Bima dan mencicipi makanan khasnya saat berkunjung ke kota ini!

BACA JUGA :  Menjelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bima!