Mina Sarua
Mina Sarua bukan hanya sekedar minuman. Bahan-bahan yang terkandung d...

Jelajahi Destinasi Wisata Menarik di Bima dan Nikmati Mina Sarua yang Unik

Jelajah Wisata Bima – Mina Sarua

Bima adalah salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi wisata yang menarik. Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi di Bima adalah Mina Sarua. Mina Sarua bukan hanya sekedar minuman, melainkan juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya antara lain tape ketan dan rempah-rempah. Mina Sarua telah menjadi warisan budaya dari nenek moyang warga Dusun Sumbawa Desa Bontokape Kecamatan Bolo selama ratusan tahun.

Mina Sarua tidak hanya enak sebagai minuman, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Mina Sarua sering digunakan sebagai obat atau dikenal sebagai Minuman Penghangat Tubuh. Pada musim hujan atau saat cuaca dingin, minuman ini sangat baik untuk menjaga stabilitas tubuh, karena komposisinya mengandung bahan-bahan rempah alami. Selain itu, Mina Sarua juga memiliki rasa yang khas dan unik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Bima.

Mina Sarua sendiri diproduksi secara tradisional oleh warga setempat. Proses pembuatannya pun sangat unik dan menarik. Pertama, tape ketan yang telah difermentasi diperas dan disaring untuk menghasilkan air kelapa tape yang digunakan sebagai bahan dasar Mina Sarua. Kemudian, bahan-bahan rempah seperti kayu manis, cengkeh, jahe, dan lengkuas ditumbuk halus dan dicampur dengan air kelapa tape. Campuran ini kemudian dihangatkan dan diaduk hingga merata. Setelah itu, Mina Sarua siap disajikan.

Selain Mina Sarua, ada juga sejumlah tempat wisata menarik di Bima yang patut dijelajahi. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Pantai Wera
Pantai Wera terletak sekitar 50 km dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan halus, serta air laut yang jernih. Pantai Wera juga dikelilingi oleh hutan mangrove yang menambah keindahan panorama alamnya. Selain menikmati pesona pantai, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas snorkeling di Pantai Wera.

BACA JUGA :  Jelajahi Pesona Tempat Wisata di Bima - Pantai-pantai Indah, Adat Istiadat Unik, dan Kuliner Khas Bima!

2. Danau Tambora
Danau Tambora adalah sebuah danau yang terbentuk di kawah Gunung Tambora. Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Suasana yang tenang dan udara yang segar membuat pengunjung betah berlama-lama di Danau Tambora. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Gunung Tambora yang megah dari tepi danau.

3. Air Terjun Oi Woka
Air Terjun Oi Woka terletak di kawasan hutan lindung di Desa Bala Kecamatan Tambora. Air terjun yang tingginya mencapai sekitar 50 meter ini memiliki panorama alam yang indah dan segar. Pengunjung juga bisa mandi di bawah air terjun ini untuk menikmati sensasi yang menyegarkan.

4. Desa Adat Suku Tambora
Desa Adat Suku Tambora adalah sebuah desa tradisional yang terletak di kaki Gunung Tambora. Di desa ini, pengunjung dapat melihat kehidupan masyarakat yang masih menjalankan adat dan tradisi nenek moyang mereka. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat berbagai hasil kerajinan tangan khas suku Tambora seperti tenun ikat dan anyaman.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Q: Apa keistimewaan Mina Sarua?
A: Mina Sarua memiliki kekhasan rasa dan manfaat kesehatan sebagai Minuman Penghangat Tubuh.

Q: Bagaimana proses pembuatan Mina Sarua?
A: Proses pembuatan Mina Sarua melibatkan perasan tape ketan yang telah difermentasi, bahan-bahan rempah seperti kayu manis, cengkeh, jahe, dan lengkuas, serta air kelapa tape. Semua bahan ini dihangatkan dan diaduk hingga merata.

Q: Apa saja tempat wisata menarik di Bima?
A: Beberapa tempat wisata menarik di Bima antara lain Pantai Wera, Danau Tambora, Air Terjun Oi Woka, dan Desa Adat Suku Tambora.

Q: Bagaimana cara menuju Pantai Wera?
A: Pantai Wera terletak sekitar 50 km dari pusat kota Bima. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju ke Pantai Wera.

BACA JUGA :  7 Tempat Wisata Terbaik di Bima yang Wajib Dikunjungi - Jelajahi Keindahan Bima Sekarang!

Q: Apakah ada aktivitas yang dapat dilakukan di Danau Tambora?
A: Di Danau Tambora, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan pemandangan Gunung Tambora. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan trekking atau hiking di sekitar danau.

Conclusion

Bima merupakan kota yang memiliki potensi wisata yang menarik. Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi di Bima adalah Mina Sarua, minuman tradisional yang memiliki manfaat kesehatan dan nilai budaya yang tinggi. Selain Mina Sarua, ada juga banyak tempat wisata menarik di Bima seperti Pantai Wera, Danau Tambora, Air Terjun Oi Woka, dan Desa Adat Suku Tambora. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan keunikan budaya Bima. Jelajahi wisata Bima dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan di sana.