Potret masyarakat suku Tengger di desa Argosari, Kabupaten Lumajang, yang sunggu...

Keindahan Potret Masyarakat Suku Tengger di Desa Argosari, Kabupaten Lumajang

Potret Masyarakat Suku Tengger di Desa Argosari, Kabupaten Lumajang

Desa Argosari, yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi rumah bagi masyarakat suku Tengger yang hidup dengan penuh kesederhanaan. Mereka menggantungkan hidup mereka dengan bekerja sebagai petani kentang, bawang, kubis, dan tanaman lainnya yang tumbuh subur di daerah tersebut.

Masyarakat suku Tengger dikenal dengan keterampilan pertanian mereka yang ulung. Mereka dengan penuh dedikasi dan keuletan, bekerja keras untuk menopang kehidupan sehari-hari mereka. Setiap pagi, mereka pergi ke ladang dengan membawa sarung yang selalu setia menemani mereka.

Sarung bukan hanya sebagai pakaian tradisional bagi masyarakat suku Tengger, tetapi juga memiliki fungsi lain yang sangat penting. Ketika mereka bekerja di ladang, kabut dingin sering kali menyelimuti daerah tersebut. Sarung mereka berguna untuk melindungi punggung mereka dari dinginnya udara pagi yang menusuk tulang. Selain itu, sarung juga digunakan untuk membungkus hasil panen mereka saat membawa pulang ke rumah.

Kebersahajaan masyarakat suku Tengger tercermin dalam gaya hidup mereka sehari-hari. Mereka hidup sederhana tanpa fasilitas modern seperti listrik atau air mengalir. Mereka menggunakan alat-alat tradisional untuk bekerja di ladang dan memasak makanan mereka. Meski demikian, kehidupan mereka dipenuhi dengan kebahagiaan dan kedamaian.

Tidak hanya dalam pekerjaan, keberagaman budaya suku Tengger juga tampak jelas dalam upacara keagamaan mereka. Mereka menganut agama Hindu dan setiap tahunnya mereka mengadakan upacara Kasada. Upacara ini dilakukan sebagai penghormatan terhadap Dewa Gunung Bromo. Selama upacara, mereka memanjatkan doa dan memberikan persembahan kepada dewa mereka.

Keberadaan suku Tengger dan kehidupan mereka yang sederhana memberikan suatu pesona tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke desa Argosari. Banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat kehidupan sehari-hari masyarakat suku Tengger dan belajar tentang keterampilan pertanian tradisional yang mereka miliki.

BACA JUGA :  Ternyata Gereja Ayam, Bukit Rhema, Magelang, Menawarkan Sunrise Indah dan Rekomendasi dari Selebriti!

Pariwisata di desa Argosari juga memberikan dampak positif bagi masyarakat suku Tengger. Banyak dari mereka yang membuka homestay atau warung makan untuk melayani wisatawan yang datang. Hal ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan penghasilan mereka dan meningkatkan taraf hidup mereka.

FAQ:

1. Apakah desa Argosari mudah diakses?
Desa Argosari dapat dicapai dengan mudah melalui perjalanan darat dari Lumajang. Terdapat berbagai jenis transportasi seperti bus atau taksi yang dapat digunakan untuk mencapai desa tersebut. Namun, perjalanan ke desa Argosari mungkin agak sulit karena jalanan yang berkelok-kelok dan medan yang berbukit.

2. Apa yang membuat masyarakat suku Tengger unik?
Masyarakat suku Tengger memiliki kehidupan yang sangat sederhana dan hidup dalam ketergantungan pada pertanian sebagai mata pencaharian utama mereka. Mereka juga memiliki kepercayaan unik dalam agama Hindu dan melaksanakan berbagai upacara keagamaan seperti upacara Kasada.

3. Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di desa Argosari?
Di desa Argosari, wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang memukau, seperti pegunungan yang hijau dan sawah yang subur. Wisatawan juga dapat melakukan perjalanan trekking untuk menjelajahi keindahan alam sekitar desa. Selain itu, mereka juga dapat belajar tentang kehidupan sehari-hari masyarakat suku Tengger dan mengunjungi tempat-tempat suci mereka.

4. Apakah terdapat akomodasi di desa Argosari?
Ya, terdapat beberapa homestay dan penginapan sederhana yang bisa ditemukan di desa Argosari. Homestay ini biasanya dimiliki oleh penduduk setempat dan menyediakan pelayanan sederhana untuk para wisatawan. Selain itu, terdapat juga warung makan yang menyajikan makanan tradisional suku Tengger.

Conclusion:
Desa Argosari, Kabupaten Lumajang, merupakan tempat tinggal bagi masyarakat suku Tengger yang hidup dengan penuh kesederhanaan dan keuletan. Mereka menggantungkan hidup mereka sebagai petani dan memiliki keberagaman budaya yang unik. Keberadaan mereka memberikan pesona tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke desa tersebut. Dengan meningkatnya pariwisata, masyarakat suku Tengger juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Desa Argosari adalah destinasi yang menarik untuk dikunjungi dan belajar tentang kehidupan masyarakat suku Tengger.

BACA JUGA :  Nikmati Keindahan Pulau Kelor, Labuan Bajo, dan Rasakan Pesona Alam yang Menakjubkan