Pada masa kejayaan kesultanan Bima, hasil tenunan seperti Tembe(Sarung), Sambolo...

Jelajahi Kekayaan Wisata Bima: Mengagumi Pesona Sejarah dan Keindahan Alam

Jelajahi Kekayaan Wisata Bima: Mengagumi Pesona Sejarah dan Keindahan Alam

Bima adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini memiliki sejarah yang kaya dan keindahan alam yang menakjubkan. Pada masa kejayaan kesultanan Bima, kota ini melahirkan hasil tenunan yang menjadi daya tarik bagi para pelancong. Selain itu, Bima juga menawarkan pesona alam yang memukau, seperti pantai yang indah dan pemandian air panas yang alami. Liburdulu.com mengajak Anda untuk menjelajahi tempat wisata Bima dan menikmati semua keindahan yang ditawarkannya.

Wisata Sejarah di Bima

Ketika mengunjungi Bima, Anda akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi sejarah yang kaya di kota ini. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Istana Dalam Loka Sumbawa, yang dulunya menjadi tempat tinggal bagi Sultan Bima. Istana ini merupakan contoh arsitektur kerajaan yang indah dengan detail dekorasi yang memukau. Anda dapat mengagumi bangunan ini dan menjelajahi berbagai ruang yang terbuka untuk umum.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Kampung Adat Tambora, sebuah kampung adat yang terletak di sebuah kawah gunung berapi. Kampung ini merupakan tempat tinggal bagi suku Bima yang masih mempertahankan adat dan tradisi mereka. Anda dapat belajar tentang kehidupan dan budaya suku Bima, serta menikmati suasana alam yang indah di sekitarnya.

Wisata Alam di Bima

Bima juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Salah satu destinasinya adalah Pantai Wera, pantai yang terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang memesona. Anda dapat menyaksikan langit berubah warna yang indah saat matahari terbenam di cakrawala.

Jika Anda mencari petualangan alam yang lebih aktif, Coban Noyo bisa menjadi pilihan. Coban Noyo adalah sebuah air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Anda dapat menikmati keindahan alam, berenang di kolam yang segar, atau berjalan-jalan di sekitar area air terjun.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima: Menikmati Keindahan Pantai, Pulau, Danau, dan Air Terjun di Tempat Wisata Bima

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Taman Nasional Batu Putih Bakti Negara. Taman nasional ini merupakan rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan langka, termasuk burung cendrawasih yang langka. Anda dapat menjelajahi taman nasional ini dengan berjalan kaki melalui jalur trek yang tersedia, atau melakukan perjalanan camping untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam dengan alam.

Tenunan Khas Bima

Pada masa kejayaan kesultanan Bima, hasil tenunan seperti Tembe (sarung), Sambolo (destar), dan Weri (ikat pinggang) cukup terkenal dan diminati dalam perdagangan Nusantara. Para pembeli terpikat dengan keindahan dan keunikan tenunan Bima, baik dari segi mutu maupun motifnya. Tenunan Bima yang populer saat itu adalah Tembe Songke (sarung songket) dan Sambolo Songke (destar songket).

Motif tenunan Bima relatif sedikit dibandingkan dengan tenunan yang ada di Jawa dan Bali. Pada satu lembar sarung atau pakaian, hanya terdapat satu motif hiasan dari sejumlah motif yang tersedia. Beberapa motif hiasan yang terdapat dalam tenunan khas Bima antara lain Bunga Samobo (bunga sekuntum), Bunga Satako (bunga setangkai), Bunga Aruna (bunga nenas), dan Bunga Kakando (rebung). Selain motif-motif bunga, tenunan Bima juga mengenal motif geometri seperti Gari (garis), Nggusu Tolu atau Pado Tolu (segitiga), Nggusu Upa (segi empat), Pado Waji (jajaran genjang), dan Nggusu Waru (segi delapan).

FAQ

1. Apa tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi di Bima?
Tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi di Bima antara lain Istana Dalam Loka Sumbawa dan Kampung Adat Tambora.

2. Apa tempat wisata alam yang populer di Bima?
Beberapa tempat wisata alam yang populer di Bima antara lain Pantai Wera, Coban Noyo, dan Taman Nasional Batu Putih Bakti Negara.

BACA JUGA :  Exploring the Beauty of Bima - Yuk Jelajah Tempat Wisata Bima ini!! - Foto hari ini diambil di Pantai Bajo Pulo Sape

3. Apa yang membuat tenunan khas Bima unik?
Tenunan khas Bima unik karena memiliki motif yang khas dan berbeda dari hasil tenunan suku-suku lainnya. Juga, mutu dari tenunan Bima sangat dihargai oleh para pembeli.

Conclusion

Bima adalah sebuah kota yang memiliki kekayaan sejarah dan keindahan alam yang menakjubkan. Anda dapat menjelajahi tempat-tempat wisata sejarah seperti Istana Dalam Loka Sumbawa dan Kampung Adat Tambora, serta menikmati pesona alam di Pantai Wera, Coban Noyo, dan Taman Nasional Batu Putih Bakti Negara. Jangan lupakan untuk melihat keindahan tenunan khas Bima yang memiliki motif unik dan keindahan yang memikat. Plan your trip to Bima and discover the wonders it has to offer!