Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima,dibuat dari benang kapas (katu...

Jelajah Wisata Bima – Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima,dibuat dari benang kapas (katu…


Jelajah Wisata Bima Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas - Jelajah Wisata Bima - Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima,dibuat dari benang kapas (katu...

Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima,dibuat dari benang kapas (katun), dengan warna-warni yang cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan. Keistimewaanya Tembe Nggoli antara lain, hangat, halus dan lembut,tidak mudah kusut, warna cemerlang lebih lama  Saat ini, Tembe Nggoli sudah diproduksi dalam berbagai macam corak dan motif. Ada yang ‘biasa’ (untuk dipakai sehari-hari), dan ada pula yang istimewa yang hanya dipakai pada acara-acara resmi. Cara penggunaan tembe nggoli bagi laki laki Bima, dinamakan katente tembe

Uma Lengge memiliki makna Uma berarti rumah dan lengge berarti mengerucut atau pucuk yang menyilang dengan ukuran tinggi antara 5-7 cm, bertiang 4 balok kayu, beratap atau butu uma yang terbuat dari alang-alang yang menutupi tiga per empat bagian rumah sekaligus sebagai dinding dan memiliki pintu masuk dibagian bawah atap uma. Adapun langit-langit atau taja uma yang terbuat dari kayu lontar, serta lantai yang terbuat dari kayu pohon pinang atau pohon kelapa. Pada bagian tiang rumah juga digunakan balok kayu sebagai penyanggah, yang fungsinya sebagai penguat setiap tiang-tiang uma lengge. Setruktur bentuk tiang uma lengge juga terlihat berbeda dari biasanya dimana pada 4 tiang balok penyangga dipasang papan berbetuk empar persegi yang dimaksudkan agar bisa.

Salah satu kesenian tradisional yang menarik yang ada di Bima,adalah NTUMBU atau kesenian Adu Kepala. Menurut sejarahwan,kesenian ini sudah ada sejak abad ke 17. Dan kesenian ini,cuma ada di desa Ntori kecamatan Wawo,Bima.
.
Kesenian Ntumbu diwariskan turun temurun oleh satu keluarga atau keturunan. Dan tidak bisa dimainkan oleh orang lain di luar lingkungan keluarga itu. Sebelum bertanding (Beradu Kepala), salah antara mereka seorang yang tertua di memberikan air doa dan mantera-mantera kepada seluruh anggota pemain. Mantera itu adalah ilmu kebal sehingga ketika mereka melakukan adu kepala tidak merasakan sakit dan tidak benjol atau berdarah akibat benturan kepala itu.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bandung - Living a dynamic life in your own pace.-Teras Chihampelas Skywalk Bandung by ...

Photo by @sisitimur
Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! -_culture
#exploreindonesia

Nikmati inspirasi Wisata Bima hari ini di Liburdulu.com! –