Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima,dibuat dari benang kapas (katu...

Jelajahi Keindahan Wisata di Bima dan Tembe Nggoli

Jelajahi Keindahan Wisata Bima dan Tembe Nggoli

Bima adalah salah satu kota di Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan tradisi. Salah satu hal menarik yang bisa ditemukan di Bima adalah Tembe Nggoli, sebuah sarung tenun tangan yang khas. Sarung ini dibuat dengan menggunakan benang kapas, atau katun, dan memiliki warna-warni yang cerah dengan motif khas sarung tenun tangan.

Keistimewaan dari Tembe Nggoli ini adalah kehangatan, kelembutan, dan ketahanannya yang tidak mudah kusut. Warna-warna cerah yang dimilikinya juga dapat bertahan lebih lama. Saat ini, Tembe Nggoli telah diproduksi dalam berbagai macam corak dan motif. Ada yang dapat digunakan sehari-hari, dan ada pula yang lebih istimewa dan hanya digunakan pada acara-acara resmi.

Selain Tembe Nggoli, ada juga Uma Lengge yang merupakan rumah tradisional khas Bima. Uma Lengge memiliki atap yang mengerucut atau pucuk yang menyilang dengan ukuran tinggi sekitar 5-7 cm. Rumah ini menggunakan empat balok kayu sebagai penyangga, dengan atap dan dinding yang terbuat dari daun alang-alang. Langit-langit rumah ini terbuat dari kayu lontar, sedangkan lantainya terbuat dari kayu pohon pinang atau pohon kelapa. Uma Lengge juga memiliki tiang penyangga yang dilengkapi dengan balok kayu sebagai penguat. Bentuk struktur tiang Uma Lengge ini berbeda dari rumah tradisional lainnya.

Salah satu kesenian tradisional yang menarik dari Bima adalah NTUMBU atau Adu Kepala. Kesenian ini sudah ada sejak abad ke-17 dan hanya dapat ditemukan di desa Ntori, kecamatan Wawo, Bima. Ntumbu adalah seni yang diwariskan turun temurun oleh satu keluarga atau keturunan tertentu. Kesenian ini tidak dapat dimainkan oleh orang lain diluar lingkungan keluarga tersebut. Sebelum bertanding, salah satu anggota dari keluarga tersebut yang merupakan yang tertua akan memberikan air doa dan mantera kepada seluruh pemain. Mantera ini berfungsi sebagai ilmu kebal sehingga selama adu kepala berlangsung, pemain tidak merasakan sakit atau mendapatkan benjolan atau luka akibat benturan kepala.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan!

Jelajah Wisata Bima
Bima memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima:

1. Pantai Nangamiro
Pantai Nangamiro terletak di desa Bala, kecamatan Wera, Bima. Pantai ini menawarkan pesona alam yang indah dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Di pantai ini juga terdapat batu-batu besar yang menambah keunikan panorama pantai.

2. Danau Tambora
Danau Tambora terletak di kaki Gunung Tambora. Danau ini memiliki keindahan yang memesona dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan. Danau Tambora juga memiliki keunikan lain yaitu memiliki hutan bakau yang tumbuh di sekitarnya.

3. Bukit Tawun
Bukit Tawun adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang spektakuler. Dari puncak bukit ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Kota Bima dan Teluk Bima. Pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam juga sangat memukau dari Bukit Tawun.

4. Pulau Kenawa
Pulau Kenawa adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Saleh, Bima. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan hutan bakau, pantai pasir putih, dan air laut yang jernih. Pulau Kenawa juga memiliki spot snorkeling dan diving yang menarik.

5. Air Terjun Tanjung Limau
Air Terjun Tanjung Limau terletak di desa Peni, kecamatan Langgudu, Bima. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menenangkan. Pengunjung dapat menikmati suara gemericik air dan berenang di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun.

Pertanyaan Umum (FAQs)

1. Apa itu Tembe Nggoli?
Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima yang terbuat dari benang kapas atau katun. Sarung ini memiliki warna-warni cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahannya di Pulau Sumbawa!

2. Apa keistimewaan dari Tembe Nggoli?
Keistimewaan dari Tembe Nggoli adalah kehangatan, kelembutan, dan ketahanannya yang tidak mudah kusut. Warna-warna cerah juga dapat bertahan lebih lama.

3. Apa itu Uma Lengge?
Uma Lengge adalah rumah tradisional khas Bima. Rumah ini memiliki struktur yang unik dengan atap yang mengerucut atau pucuk yang menyilang.

4. Apa itu NTUMBU atau Adu Kepala?
NTUMBU atau Adu Kepala adalah kesenian tradisional yang hanya dapat ditemukan di desa Ntori, kecamatan Wawo, Bima. Kesenian ini merupakan adu kepala yang dilakukan oleh satu keluarga atau keturunan tertentu.

5. Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima?
Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima adalah Pantai Nangamiro, Danau Tambora, Bukit Tawun, Pulau Kenawa, dan Air Terjun Tanjung Limau.

Kesimpulan
Bima merupakan kota yang menawarkan keindahan alam, budaya, dan tradisi yang kaya. Dari Tenun Nggoli yang indah hingga Uma Lengge yang merupakan rumah tradisional khas Bima, Bima memiliki banyak hal menarik untuk dieksplorasi. Selain itu, Tempat-tempat wisata unik seperti Pantai Nangamiro, Danau Tambora, Bukit Tawun, Pulau Kenawa, dan Air Terjun Tanjung Limau juga layak dikunjungi. Jelajahlah keindahan Bima dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan di kota ini.