Uta Londe Puru

Diracik dari ikan bandeng ukuran sedang yang hanya dibuang emped...

Uta Londe Puru – Kuliner Tradisional Khas Bima yang Menggugah Selera

Jelajah Wisata Bima – Uta Londe Puru

Bima merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan beragam keindahan alam dan budaya yang menarik. Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Bima adalah mencoba kuliner khas daerah ini, salah satunya adalah Uta Londe Puru.

Uta Londe Puru adalah makanan tradisional khas Bima yang terbuat dari ikan bandeng ukuran sedang. Makanan ini dibuat dengan cara yang unik, di mana hanya empedu ikan bandeng yang dibuang, sedangkan tubuh ikan tetap utuh.

Proses pembuatan Uta Londe Puru dimulai dengan melumuri ikan bandeng dengan garam, kemudian ikan tersebut dipanggang di atas bara api hingga matang di kedua sisinya. Setelah setengah matang, ikan dicelupkan ke dalam larutan garam dan dilanjutkan dengan proses pemanggangan hingga matang sempurna. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa gurih dan manis pada ikan, asalkan ikan dalam kondisi segar.

Sajian Uta Londe Puru ini biasanya disajikan dengan sambal kecap, mbohi dungga, dan berbagai sambal lainnya. Rasanya yang gurih dan manis membuat makanan ini sangat nikmat dan cocok sebagai hidangan pendamping nasi.

Selain cita rasa yang lezat, Uta Londe Puru juga memiliki sejarah dan budaya yang unik. Makanan ini merupakan warisan kuliner dari nenek moyang masyarakat Bima dan masih dijaga keasliannya hingga saat ini. Oleh karena itu, mencoba Uta Londe Puru juga merupakan pengalaman untuk mengenal dan mengapresiasi kekayaan budaya lokal.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Bima, mencoba Uta Londe Puru tentu menjadi pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Anda dapat menemukan hidangan ini di berbagai restoran dan warung makan di daerah Bima. Beberapa lokasi yang populer untuk mencicipi Uta Londe Puru antara lain adalah Pasar Penede di Kota Bima, Pasar Menu Kecamatan Palibelo, dan Pasar Batu Tumpa di Kecamatan Wawo.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Acara Gratis Bersama #ebevent dan Komunitas Kopi Bima

Selain menikmati hidangan Uta Londe Puru, Bima juga memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dieksplorasi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang direkomendasikan di Bima:

1. Pantai Nona
Pantai Nona merupakan salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Selain berenang atau berjemur di pantai, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang memukau.

2. Taman Wisata Alam Bima
Taman Wisata Alam Bima adalah tempat yang tepat untuk para pecinta alam. Di taman ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam Bima yang masih asri dan belum banyak terjamah oleh aktivitas manusia. Selain itu, di taman ini juga terdapat air terjun yang bisa dijadikan tempat rekreasi atau bermain air.

3. Desa Adat Wawo Muda
Desa Adat Wawo Muda merupakan salah satu desa adat yang masih mempertahankan kebudayaan dan tradisi masyarakat Bima. Di desa ini, pengunjung dapat melihat rumah adat, mengenal kehidupan sehari-hari masyarakat Bima, serta menyaksikan berbagai upacara adat yang dilakukan oleh penduduk setempat.

4. Danau Rake
Danau Rake terletak di Desa Oi Horat, Kecamatan Ambalawi. Danau ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan air yang jernih dan tersusun atas beberapa lapisan warna yang berbeda. Pengunjung dapat melakukan perjalanan mendaki ke sekitar danau untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

5. Gunung Tambora
Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terkenal di Bima. Gunung ini memiliki sejarah yang menarik, terutama letusan hebatnya pada tahun 1815 yang mengakibatkan fenomena global yaitu “tahun tanpa musim”. Pengunjung dapat mendaki Gunung Tambora dan menikmati pemandangan alam yang spektakuler di puncaknya.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Kota Bima

FAQ

Q: Apa itu Uta Londe Puru?
A: Uta Londe Puru adalah makanan tradisional khas Bima yang terbuat dari ikan bandeng ukuran sedang yang hanya dibuang empedunya saja.

Q: Bagaimana cara pembuatan Uta Londe Puru?
A: Proses pembuatan Uta Londe Puru meliputi melumuri ikan bandeng dengan garam, kemudian dipanggang hingga matang dengan beberapa tahapan, seperti dicelupkan dalam larutan garam.

Q: Di mana saya bisa menemukan Uta Londe Puru di Bima?
A: Anda dapat menemukan Uta Londe Puru di berbagai restoran dan warung makan di Bima, seperti di Pasar Penede, Pasar Menu, dan Pasar Batu Tumpa.

Q: Apa saja tempat wisata yang direkomendasikan di Bima?
A: Beberapa tempat wisata yang direkomendasikan di Bima antara lain Pantai Nona, Taman Wisata Alam Bima, Desa Adat Wawo Muda, Danau Rake, dan Gunung Tambora.

Conclusion

Mencoba kuliner khas daerah saat berkunjung ke suatu tempat merupakan salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Uta Londe Puru adalah salah satu hidangan tradisional yang harus dicicipi saat berkunjung ke Bima. Dengan cita rasa yang gurih dan manis, makanan ini akan memanjakan lidah Anda.

Selain kuliner, Bima juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang dapat dijelajahi. Dari pantai yang indah hingga danau dan gunung yang memukau, Anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa di Bima. Jangan lupa untuk mencoba Uta Londe Puru dan mengunjungi tempat-tempat wisata ini saat berada di Bima.