#explorebima_culinary Photo today by  
Sepi

Makanan khas Bima satu ini terbuat ...

Jelajahi Pesona Wisata Bima – Temukan Tempat Wisata dan Kuliner Khas Bima

Liburdulu.com adalah situs web yang menyediakan berbagai macam informasi mengenai destinasi wisata di Indonesia. Salah satunya adalah artikel yang mengajak pembaca untuk menjelajahi tempat wisata di Bima, Nusa Tenggara Barat. Bima adalah salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai tempat wisata di Bima.

Tempat Wisata di Bima

1. Pantai Maloba
Pantai Maloba terletak di Pulau Sangeang, yang terhubung dengan daratan Bima melalui jembatan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat hamparan padang rumput yang cocok untuk bermain atau beristirahat. Pantai Maloba juga merupakan tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam yang spektakuler.

2. Puncak Tamborasi
Puncak Tamborasi adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan indah Kota Bima. Dari puncak ini, pengunjung dapat melihat seluruh kota Bima dan pemandangan alam sekitarnya. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus melakukan pendakian yang cukup menantang, namun pemandangan yang diberikan akan sebanding dengan usaha yang dihabiskan.

3. Danau Tambalinggi
Danau Tambalinggi terletak di Desa Tambalinggi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima. Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, dengan perairan yang jernih dan pemandangan pegunungan yang hijau di sekitarnya. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di danau ini, seperti perahu dayung, memancing, atau berjalan-jalan santai di sekitar danau.

4. Pantai Pasir Putih Kolo
Pantai Pasir Putih Kolo adalah salah satu pantai terkenal di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang biru jernih. Pengunjung dapat berenang, berjemur, atau bermain pasir di pantai ini. Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung makanan dan minuman yang menyajikan hidangan khas Bima.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk Jelajah Keindahan Alam dan Budaya Kota Bima!

5. Air Terjun Cijalu
Air Terjun Cijalu terletak di Desa Oi Fo’i, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, dengan air yang jernih dan pemandangan alam yang hijau di sekitarnya. Pengunjung dapat berenang di kolam air terjun atau hanya menikmati suara gemericik air yang menenangkan.

Makanan Khas Bima

Selain tempat wisata yang menarik, Bima juga terkenal dengan makanan khasnya yang lezat. Salah satu makanan khas Bima yang terkenal adalah Sate Tambambe. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan ditusuk menggunakan lidi bambu. Sate Tambambe memiliki cita rasa yang gurih dan disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Selain itu, Bima juga terkenal dengan Sate Bulayak, Sate Daun Jeruk, dan Ikan Bakar Pincuk.

FAQ

1. Apa yang bisa dilakukan di Pantai Maloba?
Di Pantai Maloba, pengunjung bisa menikmati panorama pantai dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pengunjung juga bisa bermain air, memancing, atau berjemur di bawah sinar matahari.

2. Bagaimana cara menuju Puncak Tamborasi?
Untuk mencapai Puncak Tamborasi, pengunjung harus melakukan pendakian. Rute pendakian dapat ditempuh dari desa-desa sekitar puncak. Sebaiknya pengunjung menyewa pemandu lokal untuk memastikan keselamatan dan kesuksesan pendakian.

3. Apa aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Tambalinggi?
Di Danau Tambalinggi, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti perahu dayung, memancing, atau berjalan-jalan santai di sekitar danau. Pengunjung juga dapat beristirahat di bale-bale atau gazebo yang disediakan di sekitar danau.

4. Bagaimana cara mencapai Pantai Pasir Putih Kolo?
Pantai Pasir Putih Kolo terletak sekitar 13 km dari pusat Kota Bima. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk mencapai pantai ini. Di sekitar pantai juga terdapat tempat parkir yang luas.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Kota Bima

5. Bagaimana cara mencapai Air Terjun Cijalu?
Air Terjun Cijalu terletak di Desa Oi Fo’i, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk mencapai air terjun ini. Setelah sampai di desa Oi Fo’i, pengunjung harus melakukan pendakian sejauh kurang lebih 1 km untuk mencapai air terjun.

Kesimpulan

Bima adalah salah satu kota di Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik. Dari pantai-pantai yang indah hingga gunung-gunung yang menantang, Bima menawarkan pengalaman wisata yang memikat bagi para pengunjung. Selain itu, makanan khas Bima juga menjadi daya tarik tambahan bagi para wisatawan. Jadi, jika Anda ingin menjelajahi destinasi wisata yang unik dan menarik, Bima adalah pilihan yang tepat!