#explorebima_culture Photo today by  
Sagele Dan Arugele

Tradisi menanam yang d...

Jelajah Wisata Bima: Pesona Alam, Budaya Kaya, dan Tradisi Sagele dan Arugele

Wisata Bima adalah tujuan wisata yang menarik di Indonesia. Kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menawarkan pesona alam yang memukau dan budaya yang kaya. Dengan berbagai tempat wisata yang menarik, Bima menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Salah satu tradisi unik yang dapat Anda saksikan di Bima adalah “Sagele dan Arugele”. Tradisi ini melibatkan para ibu-ibu yang menanam benih padi sambil mengikuti irama musik tradisional seperti Gambo. Pemain Gambo bertugas tidak hanya sebagai pemain musik, tetapi juga sebagai instruktur yang mengarahkan gerakan para ibu-ibu dalam menanam. Dengan peralatan sederhana seperti Aki, Toak, Ampli, Cu’a, dan kantong untuk menaruh bibit padi, para ibu-ibu dengan lincahnya melakukan gerakan menanam padi yang serempak dan serasi.

Pemandangan ini sangat menarik dan unik untuk disaksikan. Selain itu, biasanya ada tambahan musik biola dan suara penyanyi yang membuat suasana semakin meriah. Tradisi Sagele dan Arugele tidak hanya mengajarkan cara menanam padi, tetapi juga menjadi acara yang mempererat hubungan sosial antara ibu-ibu di komunitas tersebut.

Selain tradisi Sagele dan Arugele, Bima juga memiliki berbagai tempat wisata menarik lainnya. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat menjelajahi Bima:

1. Pantai Lakey
Pantai Lakey adalah surga bagi para penggemar surfing. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan kondisi angin yang cocok untuk olahraga selancar. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan indah pantai dengan pasir putih yang bersih.

2. Air Terjun Doro Ncanga
Air Terjun Doro Ncanga adalah air terjun yang mempesona dengan ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini terletak di tengah hutan tropis yang lebat, memberikan pesona alam yang menakjubkan. Anda dapat berenang atau bersantai di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun.

BACA JUGA :  Wisata Menarik di Bima - Jelajahi Keindahan Alamnya!

3. Desa Adat Kodi
Desa Adat Kodi adalah desa tradisional yang mempertahankan budaya dan adat istiadat Mbojo. Di desa ini, Anda dapat melihat rumah adat tradisional, mengenal budaya lokal, dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Desa ini juga terkenal dengan kerajinan tangan seperti tenun tradisional.

4. Danau Rusa
Danau Rusa adalah danau yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda dapat bersantai di tepi danau, memancing, atau menjelajahi danau dengan perahu kayu tradisional.

5. Pulau Sangeang
Pulau Sangeang adalah pulau vulkanik yang menawarkan keindahan alam bawah laut yang spektakuler. Anda dapat melakukan snorkeling atau diving di sekitar pulau untuk melihat keanekaragaman terumbu karang dan biota laut yang indah.

6. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah gunung berapi yang terkenal dengan letusannya pada tahun 1815. Anda dapat melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan dan belajar tentang sejarah meletusnya gunung ini.

Selain tempat-tempat wisata di atas, Bima juga memiliki kekayaan budaya dan seni yang menarik untuk dijelajahi. Anda dapat mengunjungi museum, melihat pertunjukan tari tradisional, atau mencoba kuliner lokal yang lezat.

Bima juga memiliki berbagai jenis akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Mulai dari hotel mewah hingga penginapan budget, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Bagaimana cara menuju Bima?
Anda dapat menuju Bima dengan pesawat melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau dengan bus dari berbagai kota di Nusa Tenggara Barat.

2. Apa yang harus saya bawa saat berkunjung ke Bima?
Saat berkunjung ke Bima, disarankan untuk membawa pakaian yang nyaman, perlengkapan renang, perlengkapan hiking (jika Anda ingin mendaki Gunung Tambora), dan perlengkapan selam (jika Anda ingin snorkeling atau diving).

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Pesona Keindahannya!

3. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah selama musim kemarau antara bulan April hingga Oktober. Jika Anda ingin surfing, waktu terbaik adalah pada bulan Mei hingga September.

4. Apakah ada restoran dan tempat makan di Bima?
Ya, Bima memiliki berbagai restoran dan tempat makan yang menyajikan makanan lokal dan internasional. Anda dapat mencoba hidangan khas Bima seperti jagung bakar, ikan bakar, dan sambal bongkok.

5. Apakah Bima aman untuk dikunjungi?
Bima adalah kota yang relatif aman untuk dikunjungi. Namun, seperti saat mengunjungi tempat lain, tetaplah waspada dan ikuti petunjuk keamanan yang ada.

Kesimpulan
Bima adalah tujuan wisata yang menarik di Indonesia dengan pesona alam yang memukau dan budaya yang kaya. Saksikan tradisi unik Sagele dan Arugele yang melibatkan para ibu-ibu menanam padi sambil mengikuti irama musik tradisional. Jelajahi tempat-tempat wisata menarik seperti Pantai Lakey, Air Terjun Doro Ncanga, Desa Adat Kodi, Danau Rusa, Pulau Sangeang, dan Gunung Tambora. Dapatkan pengalaman yang berbeda dengan menikmati kekayaan budaya dan seni lokal. Plan your trip to Bima and explore the beauty of this enchanting city.

*This article was written based on information from the provided post content.