#explorebima Photo today by  " Kain Tenun Renda (muna renda). Muna artinya dalam...

Jelajah Wisata Bima: Destinasi Wisata Menarik di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Bima merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota ini merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki potensi wisata yang beragam, mulai dari alam, budaya, kuliner, hingga sejarah. Bagi Anda yang ingin menjelajahi tempat wisata di Bima, berikut adalah beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Lakey
Pantai Lakey terletak di Desa Hu’u, Kecamatan Wawo, Bima. Pantai ini terkenal sebagai surga para peselancar karena ombaknya yang besar dan konsisten. Tidak hanya peselancar, Pantai Lakey juga menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di Pantai Lakey.

2. Danau Tambora
Danau Tambora merupakan danau kawah yang terletak di Gunung Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Danau ini memiliki keunikan karena terbentuk dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 yang merupakan salah satu letusan terbesar dalam sejarah dunia. Selain menikmati pemandangan danau yang indah, Anda juga dapat menyaksikan keberagaman flora dan fauna yang hidup di sekitar Danau Tambora.

3. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.722 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Tambora menawarkan pengalaman petualangan yang menantang, namun akan dibayar dengan pemandangan yang spektakuler dari puncak gunung. Jika Anda pecinta alam dan petualangan, Gunung Tambora adalah destinasi yang tepat untuk Anda.

4. Desa Wera
Desa Wera terletak di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Desa ini terkenal dengan kerajinan perahu tradisional yang dibuat secara handal oleh masyarakat setempat. Anda dapat melihat langsung proses pembuatan perahu tradisional di Desa Wera. Selain itu, Desa Wera juga menawarkan panorama yang indah dengan hamparan pemandangan laut yang memukau.

BACA JUGA :  Jelajahi Kecantikan Bima di Acara WWIM15 dan Temui Komunitas Instagram di Liburdulu.com

5. Benteng Lontar
Benteng Lontar adalah benteng peninggalan Kerajaan Bima yang terletak di Kota Bima. Benteng ini memiliki sejarah yang kaya dan dianggap sebagai cagar budaya nasional. Anda dapat mengunjungi Benteng Lontar dan menjelajahi ruang-ruang dalam benteng yang masih terjaga dengan baik. Dari Benteng Lontar, Anda juga bisa menikmati pemandangan kota Bima dari ketinggian.

6. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
Museum Negeri Nusa Tenggara Barat terletak di Kota Bima dan merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi artefak dan benda bersejarah dari daerah Nusa Tenggara Barat. Anda dapat mempelajari sejarah dan budaya daerah ini melalui koleksi yang ada di museum.

7. Air Terjun Payeti
Air Terjun Payeti terletak di Desa Mantar, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Lokasinya yang tersembunyi dan alami membuat Air Terjun Payeti cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan merasakan kedamaian.

FAQ:
1. Bagaimana cara menuju Bima?
Untuk menuju Bima, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dengan penerbangan langsung dari Jakarta atau Denpasar ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Anda juga dapat menggunakan kendaraan darat dengan menggunakan bus atau mobil pribadi melalui rute dari Mataram, Lombok.

2. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan April hingga September, karena cuaca pada periode ini cenderung cerah dan kering. Namun, jika Anda ingin melakukan pendakian ke Gunung Tambora, sebaiknya kunjungi Bima pada bulan Mei hingga Agustus untuk menghindari hujan dan cuaca yang buruk.

3. Apakah ada akomodasi di Bima?
Ya, Bima menyediakan berbagai jenis akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan budget. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

BACA JUGA :  Menjelajahi Keindahan dan Budaya Bima: Pantai Pink Lambu, Gunung Tambora, dan Sate Bima

4. Apakah ada makanan khas di Bima?
Ya, di Bima terdapat beberapa makanan khas yang dapat Anda coba, antara lain Ayam Taliwang, Sate Bulayak, dan Sego Tempong. Makanan-makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan banyak dijual di berbagai warung makan dan restoran di Bima.

5. Bagaimana transportasi di Bima?
Transportasi di Bima dapat menggunakan angkutan umum seperti bus dan ojek. Anda juga dapat menyewa mobil atau motor jika ingin lebih fleksibel dalam menjelajahi tempat wisata di Bima.

Conclusion:
Bima menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pantai-pantai indah, gunung, danau, hingga warisan budaya yang bersejarah. Jelajahi keindahan alam dan kearifan lokal di Bima, serta rasakan keramahan penduduk setempat yang akan membuat perjalanan wisata Anda semakin berkesan. Plan your trip to Bima now and create unforgettable memories. Selamat berwisata di Bima!