#explorebima Photo today by  taken around Lambu, Bima, NTB.

#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Nikmati Pesona Alam dan Budaya di Bima, NTB

Bima, sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyimpan pesona wisata yang menarik untuk dijelajahi. Dengan berbagai objek wisata menakjubkan, Bima menawarkan pengalaman seru dan memuaskan bagi para wisatawan yang datang ke sana. Jadi, yuk jelajahi tempat-tempat wisata menakjubkan yang ada di Bima ini!

1. Pantai Lapale
Pantai Lapale adalah salah satu objek wisata yang paling terkenal di Bima. Pantai ini menawarkan pemandangan yang mempesona dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjemur di pantai atau bermain air di tepi laut. Pantai ini juga cocok untuk snorkeling karena terumbu karangnya yang indah dan beragam.

2. Gunung Tambora
Gunung Tambora terkenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menghasilkan fenomena global yang disebut “tahun tanpa musim”. Meskipun begitu, Gunung Tambora sekarang menjadi salah satu tujuan wisata populer di Bima. Pendakian gunung ini menawarkan pengalaman yang menantang dengan pemandangan yang spektakuler di puncaknya. Jika Anda tertarik dengan alam dan pendakian, Gunung Tambora adalah tempat yang wajib dikunjungi.

3. Danau Satonda
Danau Satonda adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Pulau Satonda. Danau ini terbentuk karena letusan Gunung Tambora. Keunikan Danau Satonda terletak pada keberadaan satu pulau kecil di tengah danau. Pulau ini diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat kaum leluhur mereka yang telah meninggal. Para pengunjung dapat menjelajahi danau ini dengan menyewa perahu atau melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

4. Pantai Kodi
Pantai Kodi terletak di Desa Sape, sekitar 100 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan ombak yang besar dan pasir putih yang bersih. Pantai Kodi sangat populer bagi para peselancar karena ombaknya yang menjadi surga bagi mereka. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk bersantai atau berfoto dengan latar belakang yang indah.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Tempat Wisata Bima dan Nikmati Keindahan Alamnya!

5. Air Terjun Tanjung Mandar
Air Terjun Tanjung Mandar adalah salah satu air terjun yang tersembunyi di daerah Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di tengah hutan yang rindang. Lokasinya yang tersembunyi membuat air terjun ini menjadi tempat yang sejuk dan tenang untuk berlibur. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berenang di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun.

6. Museum Aswa Haji
Bagi yang tertarik dengan sejarah dan budaya Bima, Museum Aswa Haji adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Museum ini menyimpan berbagai koleksi artefak budaya dan sejarah Bima, termasuk senjata tradisional, pakaian adat, dan benda-benda bersejarah Bima lainnya. Pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan budaya Bima melalui pameran-pameran yang tersedia di museum ini.

FAQ

1. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan April hingga September, ketika cuaca relatif kering dan cerah. Hindari kunjungan selama musim hujan, karena curah hujan yang tinggi dapat mempengaruhi aktivitas wisata di luar ruangan.

2. Bagaimana cara menuju Bima?
Anda dapat mencapai Bima melalui jalur udara dengan terbang ke Bandara Sultan Salahuddin di Bima. Bandara ini melayani penerbangan dari beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, dan Bali. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jalur darat dengan menggunakan bus atau mobil pribadi melalui jalur Trans Nusa, yang terhubung dengan daerah lain di Pulau Sumbawa.

3. Apa makanan khas Bima yang harus dicicipi?
Salah satu makanan khas Bima yang harus dicicipi adalah buras atau ketan berlapis. Makanan ini terbuat dari ketan yang dilapisi dengan berbagai jenis serundeng seperti serundeng kelapa, serundeng ikan, atau serundeng daging. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi hidangan yang lezat.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan di Bima!

4. Apa kegiatan yang bisa dilakukan di Bima selain objek wisata?
Di Bima, Anda juga dapat mengunjungi pasar tradisional untuk berbelanja oleh-oleh atau mencoba makanan lokal yang lezat di warung-warung makan. Selain itu, Anda dapat mengikuti tur budaya untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Bima.

5. Apakah ada akomodasi di Bima?
Tentu saja! Bima menyediakan berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan yang lebih sederhana. Beberapa hotel terkenal di Bima antara lain Hotel Santika, Hotel Aston, dan Hotel Grand Duta.

Kesimpulan
Bima menawarkan wisata alam yang menakjubkan dengan keindahan pantainya yang mempesona, gunungnya yang menantang, serta air terjun dan danau-danau eksotis. Tidak hanya itu, keunikan budaya dan sejarah Bima juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang menakjubkan di Bima ini dan nikmati liburan Anda dengan penuh kepuasan dan kegembiraan!