#explorebima Photo today by  taken at Sangeang Beach Sape Wera ( View  Mt Sangea...

Temukan Keindahan Alam di Bima – Panduan Tempat Wisata Terbaik!

Jelajahi tempat-tempat wisata yang menakjubkan di Bima, Nusa Tenggara Barat. Bima adalah sebuah kota yang terletak di pulau Sumbawa dan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang tempat-tempat wisata terbaik di Bima. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

## 1. Pantai Sangeang Beach Sape Wera

![Sangeang Beach Sape Wera](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/11/1604632338_600_Jelajah-Wisata-Bima-Yuk-jelajah-tempat-wisata-Bima-ini.jpg)

Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan di Bima adalah Pantai Sangeang Beach Sape Wera. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih yang mempesona. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh air laut yang jernih dan dilatarbelakangi oleh Gunung Sangeang Api yang megah.

Pantai Sangeang Beach Sape Wera juga menjadi tempat yang sempurna untuk snorkeling dan menyelam. Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut yang menakjubkan dengan berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang warna-warni.

## 2. Air Terjun Kolo

Tempat wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi di Bima adalah Air Terjun Kolo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih membuat tempat ini sangat menarik. Anda dapat menikmati suasana yang sejuk sambil berenang di kolam yang terbentuk dari aliran air terjun.

Selain itu, Air Terjun Kolo juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berfoto-foto ala alam dan menikmati keindahan alam Bima.

## 3. Taman Nasional Gunung Tambora

![Gunung Tambora](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/11/1604632340_600_Jelajah-Wisata-Bima-Yuk-jelajah-tempat-wisata-Bima-ini.jpg)

Taman Nasional Gunung Tambora merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Bima. Gunung Tambora adalah gunung berapi yang terkenal di Indonesia dengan ketinggian sekitar 2.851 meter. Tempat ini menawarkan pemandangan yang memukau dan trekking yang menantang bagi para pengunjung.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Nikmati Keindahan Pesona Alam dan Budayanya!

Anda juga dapat mengunjungi Danau Segara Anak yang terletak di kawah Gunung Tambora. Danau ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan air yang berwarna hijau kebiruan. Selain itu, di sekitar danau ini terdapat banyak spesies flora dan fauna yang jarang ditemukan.

## 4. Pantai Liang Bua

Pantai Liang Bua juga merupakan tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan di Bima. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya dan pemandangan laut yang indah. Anda dapat bersantai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Selain itu, di dekat Pantai Liang Bua terdapat beberapa warung makanan yang menyajikan hidangan seafood segar. Jadi, jangan lupa mencicipi makanan khas Bima yang lezat ketika berkunjung ke pantai ini.

## 5. Desa Adat Wera

![Desa Adat Wera](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/11/1604632341_600_Jelajah-Wisata-Bima-Yuk-jelajah-tempat-wisata-Bima-ini.jpg)

Untuk merasakan budaya dan tradisi Bima, kunjungi Desa Adat Wera. Desa ini terkenal dengan kerajinan tenun ikatnya yang sangat indah dan memiliki nilai seni yang tinggi. Anda dapat melihat proses pembuatan kain tenun ikat secara langsung dan membeli beberapa produk sebagai oleh-oleh.

Desa Adat Wera juga merupakan tempat yang tepat untuk belajar tentang sejarah dan budaya Bima. Anda dapat mengunjungi rumah adat dan melihat berbagai alat dan benda-benda bersejarah yang digunakan oleh masyarakat Bima.

## FAQ

### 1. Bagaimana cara mencapai Bima?

Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang melalui Bandara Sultan Salahuddin (Bima Airport). Dari Jakarta atau beberapa kota besar lainnya, terdapat penerbangan langsung ke Bima. Anda juga dapat menggunakan kereta api atau bus dari kota-kota lain di Pulau Jawa ke Bima.

### 2. Apa waktu terbaik untuk berkunjung ke Bima?

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Toro Maria Beach Lambu...

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bima adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April dan September. Pada bulan ini, cuaca di Bima cenderung kering dan cerah sehingga memudahkan aktivitas wisata di luar ruangan.

### 3. Apa yang harus dibawa ketika berkunjung ke tempat wisata di Bima?

Ketika berkunjung ke tempat wisata di Bima, pastikan Anda membawa barang-barang seperti pakaian renang, kacamata hitam, krim tabir surya, topi, obat anti nyamuk, serta alas kaki yang nyaman untuk berjalan di alam terbuka.

### 4. Apakah ada penginapan di sekitar tempat wisata di Bima?

Ya, terdapat beberapa penginapan yang tersedia di sekitar tempat wisata di Bima. Anda dapat memilih antara hotel, vila, atau homestay yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

### 5. Apakah makanan khas Bima?

Makanan khas Bima antara lain sate plecing, nasi jaha, ayam taliwang, dan dodol Bima. Jangan lewatkan untuk mencicipi makanan-makanan khas ini ketika berkunjung ke Bima.

## Kesimpulan

Bima merupakan kota yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Dari pantai-pantai indah hingga gunung dan air terjun yang memukau, Bima menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajah tempat-tempat wisata yang menakjubkan ini saat berkunjung ke Bima. Selamat berlibur!