#explorebima Photo today by  taken at Baku Beach Lambu

#exploreindonesia...

Jelajahi Wisata Bima: Pantai Baku Beach Lambu, Danau Tambora, dan Situs Sejarah yang Menakjubkan

Bima adalah sebuah daerah di provinsi Nusa Tenggara Barat yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Berbagai tempat wisata menarik dapat ditemukan di Bima, mulai dari pantai-pantai indah hingga situs budaya yang kaya sejarah. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bima, berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Baku Beach Lambu
Pantai Baku Beach Lambu merupakan salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini sambil berjemur atau bermain air. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

2. Pantai Waworada
Pantai Waworada juga merupakan pantai yang populer di Bima. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang biru. Anda dapat berenang, snorkeling, atau hanya bersantai di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

3. Danau Tambora
Danau Tambora terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora. Danau ini terbentuk di kawah Gunung Tambora setelah letusan dahsyat pada tahun 1815. Danau Tambora memiliki keindahan yang eksotis dengan air berwarna hijau kebiruan dan dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan.

4. Desa Wawo Muda
Desa Wawo Muda adalah sebuah desa tradisional di Bima yang masih mempertahankan budaya dan adat istiadat mereka. Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional, menikmati tarian dan musik tradisional, serta berinteraksi dengan penduduk setempat untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya Bima.

5. Benteng Doro Wawi
Benteng Doro Wawi adalah sebuah situs sejarah yang terletak di Bima. Benteng ini dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Salahuddin, salah satu penguasa Bima saat itu. Anda dapat menjelajahi bangunan-bangunan kuno di dalam benteng dan mengetahui lebih lanjut tentang sejarah Bima.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: 5 Tempat Wisata Menarik untuk Dikunjungi

Selain itu, ada juga beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Bima, seperti hiking di Gunung Tambora, menyaksikan penangkapan ikan tradisional oleh nelayan lokal, atau mengunjungi pasar tradisional untuk mencicipi makanan khas daerah ini.

FAQ

1. Bagaimana cara mencapai Bima?
Untuk mencapai Bima, Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Sultan Muhammad Salahudin atau naik kapal feri dari Pelabuhan Kayangan. Bima juga dapat dicapai dengan bus dari kota-kota lain di Pulau Jawa atau Pulau Bali.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah dari bulan Mei hingga September saat cuaca cerah dan tidak terlalu panas. Namun, perlu diingat bahwa musim liburan di Bima bisa sangat ramai, jadi lebih baik memesan akomodasi dan transportasi jauh-jauh hari.

3. Apa makanan khas yang dapat dicoba di Bima?
Beberapa makanan khas Bima yang bisa dicoba adalah papeda (makanan dari sagu), sate burung, ikan pe (ikan bakar khas Bima), dan debata (mie khas Bima).

4. Apakah ada akomodasi di Bima?
Ya, Anda dapat menemukan berbagai pilihan akomodasi di Bima, mulai dari hotel mewah hingga losmen atau penginapan murah. Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang lebih autentik, Anda juga dapat mencari penginapan di desa-desa sekitar Bima.

Kesimpulan
Bima adalah destinasi wisata yang menarik dengan keindahan alam dan budaya yang kaya. Dari pantai-pantai indah hingga situs-situs bersejarah, ada banyak hal yang dapat Anda jelajahi di Bima. Jika Anda ingin merencanakan liburan yang berbeda dan berkesan, pertimbangkan untuk mengunjungi Bima dan menikmati keindahan alam Nusa Tenggara Barat.