Tenganan Festival 2018 atau Tradisi Perang Pandan di desa Tenganan, Bali Timur a...

Tenganan Festival 2018: Tradisi Perang Pandan di Desa Tenganan, Bali Timur

Tenganan Festival 2018 atau Tradisi Perang Pandan di desa Tenganan, Bali Timur adalah salah satu tradisi kuno yang hanya dimiliki oleh desa-desa Bali tua yang terawat baik. Festival ini akan diadakan pada 7-8 Juni 2018 di desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Tenganan Festival juga masuk dalam 100 Wonderful Events Pariwisata Indonesia. Inilah kesempatan yang sempurna bagi Anda untuk merencanakan liburan ke Bali.

Desa Tenganan adalah salah satu desa adat yang terletak di Bali Timur. Desa ini terkenal dengan keunikannya dalam mempertahankan tradisi, budaya, dan seni khas Bali. Salah satu tradisi yang paling terkenal adalah Perang Pandan. Perang Pandan adalah sebuah tradisi di mana penduduk desa Tenganan bertarung menggunakan daun pandan yang telah diikat menjadi sebuah senjata. Tarung ini diadakan sebagai bentuk persembahan kepada para dewa untuk mendapatkan kesuburan dan perlindungan bagi desa.

Tradisi Perang Pandan di desa Tenganan telah ada sejak zaman dahulu kala dan terus dilestarikan hingga saat ini. Tradisi ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke desa Tenganan. Selain bisa menyaksikan pertarungan seru, pengunjung juga dapat melihat keindahan desa Tenganan yang merupakan salah satu desa adat terbaik yang terawat di Bali.

Tenganan Festival 2018 adalah acara tahunan yang diadakan untuk memeriahkan tradisi Perang Pandan. Acara ini akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti pertunjukan seni, tarian tradisional, pameran kerajinan tangan, dan tentu saja pertarungan Perang Pandan yang spektakuler. Pengunjung juga akan memiliki kesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses pembuatan senjata Perang Pandan.

Selain menghadiri Tenganan Festival, pengunjung juga dapat menikmati keindahan desa Tenganan secara keseluruhan. Desa ini dikelilingi oleh alam yang indah dengan sawah, perbukitan, dan pantai yang menarik. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar desa, mengunjungi rumah-rumah tradisional, dan melihat kehidupan sehari-hari penduduk desa. Anda juga dapat berbelanja kerajinan tangan khas Tenganan yang terbuat dari anyaman bambu dan pandan.

BACA JUGA :  "Wardah Wonderful Voluntourism" goes to Lombok, yeayyy!. Bagi kamu yang suka m...

Bagi Anda yang ingin menjelajahi tempat wisata lain di sekitar desa Tenganan, ada beberapa pilihan menarik yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Candidasa yang terletak hanya beberapa kilometer dari desa Tenganan. Pantai ini terkenal dengan keindahannya dan merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati indahnya pantai Bali Timur.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Pura Luhur Lempuyang, salah satu pura suci yang terletak di puncak gunung di Bali Timur. Pura ini terkenal dengan gerbang candi yang ikonik dan menawarkan pemandangan spektakuler dari puncak gunung. Anda dapat melakukan pendakian ke pura ini untuk merasakan suasana yang tenang dan menikmati panorama indah sekitar.

Untuk mencapai desa Tenganan, Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi dari Denpasar. Perjalanan dari Denpasar ke desa Tenganan memakan waktu sekitar 1,5-2 jam tergantung dari lalu lintas. Anda juga dapat menyewa motor atau mobil untuk memudahkan perjalanan Anda di sekitar Bali Timur.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQs):
1. Kapan Tenganan Festival 2018 diadakan?
Tenganan Festival 2018 diadakan pada tanggal 7-8 Juni 2018.

2. Di mana desa Tenganan berlokasi?
Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali Timur.

3. Apa yang dilakukan dalam tradisi Perang Pandan?
Dalam tradisi Perang Pandan, penduduk desa Tenganan bertarung menggunakan daun pandan yang diikat menjadi senjata sebagai bentuk persembahan kepada para dewa.

4. Bisakah saya mengunjungi desa Tenganan di luar acara Tenganan Festival?
Tentu saja. Desa Tenganan dapat dikunjungi sepanjang tahun dan pengunjung dapat melihat kehidupan sehari-hari penduduk desa serta membeli kerajinan tangan khas Tenganan.

5. Apa tempat wisata terdekat yang dapat saya kunjungi di sekitar desa Tenganan?
Tempat wisata terdekat yang dapat Anda kunjungi antara lain Pantai Candidasa dan Pura Luhur Lempuyang.

BACA JUGA :  Cara Menikmati Pantai di Nusa Dua dengan Bali Camel Safari di Nusa Dua

Kesimpulan:
Tenganan Festival 2018 atau Tradisi Perang Pandan di desa Tenganan, Bali Timur adalah kesempatan yang sempurna bagi Anda untuk merasakan tradisi kuno yang langka. Festival ini diadakan untuk memeriahkan tradisi Perang Pandan dan juga memberikan pengalaman menarik kepada pengunjung. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan desa Tenganan dan mengeksplorasi tempat wisata terdekat di sekitarnya. Jadi, rencanakan liburan Anda ke desa Tenganan dan rasakan pesonanya sendiri.