#explorebima Photo today by  taken at Inahami Wawo

#exploreindonesia...

Jelajah Tempat Wisata Bima yang Menakjubkan di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Bima, sebuah kota yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia, memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dijelajahi. Bima dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, budaya yang khas, serta sejarah yang kaya. Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bima.

1. Pantai Wawo

Pantai Wawo adalah salah satu pantai yang paling populer di Bima. Pantai ini memiliki pusat daya tarik yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di sini, serta berbagai aktivitas air seperti berselancar, menyelam, atau berenang. Pantai Wawo juga dikenal dengan tempat duduk kayu tradisional yang unik yang disebut “balonga”, tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

2. Pulau Sangeang

Pulau Sangeang merupakan pulau vulkanik yang terletak di sebelah timur Bima. Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, terutama dengan keberadaan Gunung Sangeang Api yang masih aktif. Anda dapat melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan yang luar biasa, serta menjelajahi kawah vulkanik yang indah. Selain itu, Pulau Sangeang juga menawarkan kekayaan bawah laut yang luar biasa, sehingga Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang menakjubkan.

3. Danau Tambora

Danau Tambora adalah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Letusan tersebut merupakan salah satu letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah dan meninggalkan bekas kawah yang menjadi danau yang indah. Danau Tambora dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk perkebunan kopi, kebun teh, serta hutan lebat. Anda dapat mengunjungi danau ini untuk menikmati keindahan alamnya, berkemah, atau melakukan trekking di sekitar kawasan danau.

BACA JUGA :  Wisata Bima: Menjelajahi Keindahan Alam dan Menikmati Oha Po'o Makanan Khas Bima

4. Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan salah satu taman nasional yang terletak dekat dengan Bima. Taman nasional ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang melimpah, serta menawarkan pemandangan alam yang memukau. Gunung Rinjani juga menjadi tujuan pendakian yang populer, dengan puncak tertingginya yang mencapai ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi danau Segara Anak yang terletak di kawah Gunung Rinjani, yang dikelilingi oleh pemandangan yang spektakuler.

5. Desa Adat Sarae

Desa Adat Sarae adalah desa adat yang terletak sekitar 90 kilometer dari Bima. Desa ini masih sangat kental dengan budaya dan adat istiadat Suku Bima, serta memiliki arsitektur tradisional yang unik. Anda dapat mengunjungi desa ini untuk belajar tentang budaya dan tradisi lokal, serta berinteraksi dengan penduduk setempat. Desa Adat Sarae juga terkenal dengan hasil kerajinan tangan seperti tenun ikat dan anyaman bambu yang indah.

FAQ:

1. Bagaimana cara mencapai Bima?
Anda dapat mencapai Bima melalui udara dengan penerbangan langsung dari Jakarta atau Bali ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin yang terletak di Bima. Selain itu, Anda juga dapat mencapai Bima dengan bus atau mobil dari kota-kota lain di pulau Jawa atau Bali.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada musim kemarau, antara bulan Mei hingga Oktober. Pada periode ini, cuaca cenderung kering dan cerah, sehingga Anda dapat menikmati wisata alam di Bima dengan nyaman.

3. Apa makanan khas yang harus dicoba di Bima?
Salah satu makanan khas yang harus Anda coba di Bima adalah “manggara”, sebuah hidangan nasi dengan berbagai lauk pauk tradisional seperti ayam taliwang, sate padang, dan gulai ikan. Selain itu, Anda juga dapat mencoba “dabu-dabu”, sambal khas Bima yang pedas dan lezat.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya Bima - Destinasi Wisata Terbaik di Pulau Sumbawa

Conclusion:

Bima, kota yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia, menawarkan banyak tempat wisata menarik yang perlu untuk dijelajahi. Pantai Wawo, Pulau Sangeang, Danau Tambora, Taman Nasional Gunung Rinjani, dan Desa Adat Sarae adalah beberapa tempat wisata yang memukau di Bima. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bima seperti “manggara” dan “dabu-dabu” saat mengunjungi kota ini. Jadi, persiapkan diri Anda untuk menjelajahi keindahan dan kemegahan alam serta budaya yang kaya di Bima.