#explorebima Photo today by  taken at Tanjung Mariam Beach Lambu...

Menikmati Keindahan Tempat Wisata Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB)

Bima adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan salah satu destinasi wisata yang indah. Kecamatan Lambu di Kabupaten Bima, NTB, memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata yang terkenal di Bima, NTB.

1601340737 127 Jelajah Wisata Bima Yuk jelajah tempat wisata Bima ini - Menikmati Keindahan Tempat Wisata Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB)

Tanjung Mariam Beach

Salah satu tempat wisata yang sangat populer di Bima adalah Tanjung Mariam Beach. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang jernih. Terdapat pohon-pohon kelapa yang rindang di sepanjang pantai yang memberikan suasana yang sejuk dan nyaman. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam pantai sambil berjemur atau bermain air di laut yang tenang.

Benteng Keramat Maliti

Selain pantai, Bima juga memiliki sejarah yang kaya. Salah satu tempat bersejarah yang patut dikunjungi adalah Benteng Keramat Maliti. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Bima sebagai benteng pertahanan. Saat ini, Benteng Keramat Maliti telah direnovasi dan menjadi salah satu tempat wisata sekaligus sebagai situs sejarah yang penting di Bima. Selama berkunjung ke sini, pengunjung dapat melihat arsitektur yang unik dan menikmati pemandangan panoramik kota Bima.

Air Terjun Kolo Bawi

Bagi para pecinta alam dan petualangan, Air Terjun Kolo Bawi adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi di Bima. Air terjun ini terletak di Desa Tambora, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan, suara gemuruh air terjun yang mengalir, dan suasana yang sejuk dan segar. Air Terjun Kolo Bawi juga memiliki kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang dan bersantai.

BACA JUGA :  Jelajah Tempat Wisata Bima yang Menakjubkan di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Lembah Keramat Oi Bura

Lembah Keramat Oi Bura adalah tempat wisata yang sangat menarik di Bima. Tempat ini terletak di Desa Tambora, Kecamatan Woha yang berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Bima. Lembah ini memiliki pemandangan yang indah dengan sawah-sawah terasering yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Pengunjung dapat menjelajahi lembah ini sambil menikmati keindahan alam dan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Festival Tambora

Selain tempat wisata alam, Bima juga memiliki tradisi budaya yang kaya. Salah satu acara budaya yang terkenal di Bima adalah Festival Tambora. Festival ini merupakan perayaan tradisional yang diadakan setiap tahun untuk memperingati letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815. Festival Tambora menampilkan berbagai pertunjukan seni, tarian, musik tradisional, dan pameran kerajinan tangan lokal. Para pengunjung dapat merasakan dan mengalami kehidupan budaya Bima yang autentik melalui festival ini.

FAQ

Q: Bagaimana cara menuju Bima?

A: Ada beberapa cara untuk menuju Bima. Anda dapat mengambil penerbangan ke Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin, Bima dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta atau Surabaya. Selain itu, juga tersedia jalur darat yang dapat diakses dengan menggunakan bus ataupun mobil pribadi.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?

A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada musim kemarau, antara bulan Mei hingga Oktober. Pada periode ini cuaca akan cerah dan kondisi jalan lebih baik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Bima.

Q: Apa yang harus saya bawa ketika berkunjung ke tempat wisata di Bima?

A: Ketika berkunjung ke tempat wisata di Bima, pastikan untuk membawa pakaian yang nyaman, alas kaki yang sesuai, perlengkapan untuk berenang di pantai, serta topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Bima: Pantai Wawo, Air Terjun Riamau, Puncak Mandasawu, dan Lainnya!

Kesimpulan

Bima, NTB adalah destinasi wisata yang menarik dengan berbagai tempat yang indah dan beragam. Dari pantai yang menakjubkan hingga tempat-tempat bersejarah dan budaya, Bima memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan kepada para pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Bima dan menikmati pengalaman yang tak terlupakan di sana. Plan your trip to Bima now!