#explorebima Photo today by  taken at Lambu 
#exploreindonesia...

Exploring Wisata Bima – Yuk Jelajah Tempat Wisata Bima Ini!! – Foto Hari Ini oleh diambil di Lambu #exploreindonesia…

Anda mungkin pernah mendengar tentang Bima, salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di Bima. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa tempat wisata populer di Bima serta memberikan beberapa informasi penting tentang destinasi wisata ini.

### Wisata Alam Bima
1. Pantai Tambora
Pantai Tambora terletak di Pulau Sumbawa, sebelah barat Bima. Selain memiliki pasir putih yang indah, pantai ini juga menawarkan keindahan pemandangan pegunungan dan air laut yang jernih. Anda juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler dari pantai ini.

2. Danau Satonda
Danau Satonda terbentuk akibat letusan gunung berapi yang terjadi sekitar 1-2 juta tahun yang lalu. Danau ini terletak di Pulau Satonda, sekitar 2 jam perjalanan dari Bima. Selain menjadi tempat yang indah untuk berfoto, danau ini juga memiliki legenda yang menarik. Konon, danau ini diyakini sebagai danau air mata setan karena dikatakan bahwa danau ini mempunyai kekuatan magis.

3. Air Terjun Doro Mboha
Terletak di Desa Oi Marosi, Kecamatan Palibelo, Air Terjun Doro Mboha menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati perjalanan yang menantang melalui hutan yang lebat.

4. Bukit Nanga Mada
Bukit Nanga Mada merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat pemandangan Kota Bima. Di puncak bukit ini, pengunjung dapat menikmati panorama yang memukau, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Bukit ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto prewedding.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Pantai, Gunung, dan Budaya Khas Kota dan Kabupaten Bima

### Tempat Bersejarah
1. Keraton Kesultanan Bima
Keraton Kesultanan Bima adalah salah satu peninggalan bersejarah yang masih ada hingga saat ini. Bangunan ini merupakan tempat tinggal para raja dan kerajaan Bima. Anda dapat mengunjungi keraton ini untuk menyaksikan keindahan arsitektur tradisional serta menyelami sejarah Kesultanan Bima.

2. Pura Dalam Loka
Pura Dalam Loka adalah tempat suci bagi umat Hindu di Bima. Pura ini memiliki keindahan arsitektur yang unik dengan patung-patung dewa-dewi yang menghiasi tempat ini. Anda dapat mengunjungi pura ini untuk mengenal lebih dekat dengan budaya Hindu di Bima.

3. Batu Gong Kambe
Batu Gong Kambe adalah situs arkeologi yang terletak di Desa Kambe, sekitar 60 km dari Kota Bima. Di tempat ini, terdapat batuan berukuran besar yang jika dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik gong. Selain itu, situs ini juga memiliki pemandangan alam yang indah.

### Aktivitas Outdoor
1. Mendaki Gunung Tambora
Bagi Anda yang mencari pengalaman mendaki gunung, Gunung Tambora adalah pilihan yang tepat. Gunung ini terkenal atas letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang mengubah lanskap dan berdampak global. Pendakian ke puncak gunung ini memakan waktu sekitar 2-3 hari dan menawarkan pemandangan yang luar biasa di sepanjang perjalanan.

2. Snorkeling dan Diving
Bima memiliki potensi wisata bawah laut yang menakjubkan. Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam di beberapa tempat seperti Pulau Sangeang, Pulau Moyo, dan Pulau Banta. Menjelajahi keindahan terumbu karang dan kehidupan laut yang beragam adalah pengalaman yang tak terlupakan.

3. Memancing di Laut Flores
Bagi Anda yang suka memancing, Bima menawarkan pengalaman memancing yang seru di Laut Flores. Anda dapat menyewa perahu nelayan dan memancing di tengah laut sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

BACA JUGA :  Jelajah Tempat Wisata Menakjubkan di Bima - Panduan Lengkap Wisata Bima

### Informasi Penting
– Transportasi: Untuk mencapai Bima, Anda dapat menggunakan pesawat terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin yang terletak di Kota Bima. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan moda transportasi darat seperti bus atau mobil pribadi.
– Akomodasi: Bima memiliki berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda.
– Waktu Terbaik untuk Berkunjung: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan Mei hingga Oktober, ketika cuaca cerah dan kering. Hindari kunjungan selama musim hujan (November-April) karena curah hujan yang tinggi dapat mengganggu aktivitas wisata.
– Keamanan: Seperti mengunjungi tempat wisata lainnya, pastikan Anda menjaga keamanan dan menjaga kebersihan lingkungan saat berwisata di Bima. Patuhi aturan dan peraturan yang ditetapkan untuk menjaga kelestarian alam dan kebudayaan.

### FAQ

Q: Apa tempat wisata terkenal di Bima?
A: Beberapa tempat wisata terkenal di Bima adalah Pantai Tambora, Danau Satonda, Air Terjun Doro Mboha, dan Bukit Nanga Mada.

Q: Apa aktivitas yang dapat dilakukan di Bima?
A: Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Bima adalah mendaki Gunung Tambora, snorkeling dan diving, serta memancing di Laut Flores.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan Mei hingga Oktober, ketika cuaca cerah dan kering.

Q: Bagaimana cara mencapai Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima melalui pesawat terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau menggunakan moda transportasi darat seperti bus atau mobil pribadi.

### Kesimpulan
Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan berbagai pilihan tempat wisata alam, sejarah, dan outdoor. Dari Pantai Tambora yang menakjubkan hingga Gunung Tambora yang menantang, Bima memiliki daya tarik yang dapat memikat para wisatawan. Anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan, melakukan kegiatan outdoor, atau menjelajahi peninggalan sejarah yang menarik di Bima. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi tempat wisata ini yang menawarkan pengalaman wisata tak terlupakan.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Menakjubkan di Bima: Pantai Sape, Air Terjun Mbuja, Desa Adat Wera, dan Lainnya!