#explorebima Photo today by  taken at Mangge longko Lambu...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Pesona Alam yang Belum Ternodai di Bima!

Bima merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Meskipun tidak sepopuler tempat wisata lainnya di Indonesia, Bima menyimpan pesona alam yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Jika Anda merencanakan perjalanan ke Bima, berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang patut Anda kunjungi.

1. Pantai Kodi

Pantai Kodi merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan pemandangan Pantai Kodi sambil duduk santai di pinggiran pantai atau melakukan berbagai aktifitas air seperti snorkeling dan diving. Selain itu, Pantai Kodi juga memiliki batu-batu besar yang menjorok ke laut, menciptakan panorama yang indah.

2. Danau Satonda

Danau Satonda terletak di Pulau Satonda, sekitar 15 km dari Bima. Danau ini terbentuk dari kawah gunung berapi yang telah tidak aktif. Selain airnya yang jernih, Danau Satonda juga memiliki keunikan yaitu adanya pulau kecil di tengah danau itu sendiri. Pulau tersebut dikelilingi oleh pohon-pohon hijau yang lebat dan dikelilingi oleh air danau. Danau Satonda juga memiliki mitos yang menarik, yaitu jika Anda melempar batu ke danau, keinginan Anda akan dikabulkan.

3. Air Terjun Odoro

Air Terjun Odoro terletak di Kabupaten Bima dan memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang dan memiliki kolam air yang jernih. Anda dapat bersantai atau berenang di kolam air terjun ini sambil menikmati nuansa alam yang tenang dan segar.

4. Desa Sumbawa Raja

Desa Sumbawa Raja merupakan desa tradisional yang terletak di Kabupaten Bima. Desa ini terkenal karena rumah adat dan kegiatan masyarakat yang masih mengikuti adat tradisional. Anda dapat mengunjungi desa ini dan melihat langsung kehidupan masyarakat Bima yang didominasi oleh kegiatan pertanian dan perkebunan.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima: Destinasi Wisata yang Indah di Pulau Sumbawa

5. Bukit Wampono

Bukit Wampono adalah sebuah bukit yang terletak di Kabupaten Bima. Dari puncak bukit, Anda dapat menikmati pemandangan indah Kota Bima dan sekitarnya. Bukit ini juga merupakan spot yang populer bagi para pecinta olahraga paralayang karena angin yang cukup kuat dan kondisi medan yang baik.

6. Pantai Pasir Putih Wawo

Pantai Pasir Putih Wawo terletak di Kabupaten Bima dan merupakan pantai pasir putih yang sangat indah. Pantai ini memiliki air laut yang bening, ombak yang tenang, dan pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat bersantai di pinggiran pantai atau bermain air di laut yang dangkal.

Frequently Asked Questions (FAQs):

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima dengan menggunakan pesawat terbang melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan angkutan darat seperti bus atau menggunakan kapal laut dari pelabuhan terdekat.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan Mei hingga September, saat musim kemarau. Pada bulan ini, cuaca cenderung cerah dan cocok untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

Q: Apakah ada akomodasi di sekitar tempat-tempat wisata di Bima?
A: Ya, terdapat berbagai jenis akomodasi mulai dari hotel hingga penginapan di sekitar tempat-tempat wisata di Bima. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Q: Bisakah saya menggunakan transportasi umum untuk berkeliling Bima?
A: Ya, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek untuk berkeliling di sekitar kota Bima. Namun, jika Anda ingin lebih leluasa dan fleksibel, disarankan untuk menyewa kendaraan pribadi.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima - Temukan Tempat Wisata Menarik di Kota Bima

Kesimpulan:
Bima memiliki potensi wisata alam yang menarik untuk dieksplorasi. Mulai dari pantai-pantai indah, air terjun, danau, hingga bukit-bukit yang menawarkan pemandangan yang spektakuler. Jika Anda adalah pecinta alam dan suka menjelajahi tempat-tempat baru, Bima adalah destinasi yang layak untuk dikunjungi. Nikmati pesona keindahan alam Bima dan hadirkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.