#explorebima Photo today by  taken at Oi Marai Waterfall  Tambora
#exploreindone...

Jelajahi Keindahan Alam di Bima: Destinasi Wisata Terbaik di Nusa Tenggara Barat

Jika Anda mencari destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang memukau, selain Bali atau Lombok, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Bima sebagai tujuan wisata Anda. Bima adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Dikenal dengan keindahan alamnya yang memikat, Bima menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang bisa Anda jelajahi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata terbaik di Bima yang patut Anda kunjungi.

1. Air Terjun Oi Marai
Salah satu tempat wisata paling populer di Bima adalah Air Terjun Oi Marai. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Tambora dan dikelilingi oleh hutan yang hijau dan indah. Dengan ketinggian sekitar 70 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Bagi para pecinta fotografi, Air Terjun Oi Marai merupakan tempat yang sempurna untuk mengambil foto-foto indah.

2. Pantai Wali
Jika Anda mencari pantai yang eksotis, Pantai Wali adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Pantai ini terletak sekitar 50 km dari pusat Kota Bima dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang biru jernih membuat Pantai Wali menjadi tempat yang ideal untuk berjemur dan berenang. Selain itu, Pantai Wali juga dikenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar.

3. Danau Rana
Danau Rana adalah danau alami yang terletak di lereng Gunung Tambora. Danau ini memiliki keunikan tersendiri karena airnya memiliki warna yang berbeda-beda. Selain itu, pemandangan sekitar danau ini juga sangat memukau, dengan hutan hijau yang mengelilinginya. Anda dapat melakukan perjalanan sekitar danau dengan perahu terbuat dari kayu untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima dan Cicipi Makanan Khasnya, Kapore!

4. Air Terjun Dinding Besi
Air Terjun Dinding Besi adalah tempat wisata lain yang populer di Bima. Nama air terjun ini berasal dari bentuknya yang mirip dengan dinding besi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan menawarkan pemandangan yang luar biasa. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melakukan perjalanan mendaki yang menantang, tetapi pemandangan yang akan Anda jumpai di sana akan sepadan dengan perjuangan Anda.

5. Pantai Liang Do’a
Pantai Liang Do’a adalah surga tersembunyi di Bima. Pantai ini terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa dan menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang tenang menjadikan Pantai Liang Do’a sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai dan menenangkan pikiran Anda. Selain itu, terumbu karang di sekitar pantai ini juga sangat indah, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk menyelam.

6. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah gunung berapi yang terletak di Bima. Gunung ini terkenal karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1815, yang menghasilkan kawah Tambora yang spektakuler. Pendakian Gunung Tambora menjadi salah satu aktivitas yang populer di Bima. Selain menikmati keindahan alam sekitar yang memukau, Anda juga dapat mengeksplorasi kawah Tambora dan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Bima dapat diakses melalui udara dengan naik pesawat ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau melalui jalur darat dengan mengendarai bus atau mobil pribadi.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan Mei hingga September, karena cuaca pada periode ini cenderung lebih cerah dan kering.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Waku ( Lupe ), Payung Tradisional SamboriOrang-orang Sambori menyebut Waku. Ta...

Q: Apakah ada akomodasi di Bima?
A: Ya, Bima memiliki berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel hingga penginapan yang menawarkan berbagai fasilitas sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Q: Apakah ada makanan khas di Bima yang harus dicoba?
A: Ya, ada beberapa makanan khas Bima yang harus Anda coba, seperti Nasi Jaha, Waduq Se’wu, serta Kerupuk Holiq Bima yang sangat terkenal.

Q: Apakah Bima aman untuk dikunjungi?
A: Ya, Bima aman untuk dikunjungi asalkan Anda mengikuti aturan dan menjaga keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Kesimpulan:
Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Dari air terjun yang memukau hingga pantai yang eksotis, Bima memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut Anda kunjungi. Jika Anda mencari pengalaman alam yang tak terlupakan, Bima adalah pilihan yang sempurna. Maka, jangan ragu untuk menjelajahi tempat-tempat wisata tersebut dan nikmati keindahan alam yang memukau di Bima ini!