#explorebima Photo today by  taken at Riamau Waterfall Wawo
#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Destinasi Wisata Bima

Bima adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Jika Anda menyukai petualangan alam dan ingin menjelajahi keindahan alam Bima, berikut adalah beberapa tempat wisata yang patut Dikunjungi.

1. Air Terjun Riamau
Air Terjun Riamau adalah salah satu air terjun terindah di Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah. Untuk mencapai air terjun ini, Anda akan melewati hutan dan sungai yang membuat perjalanan menjadi lebih menarik. Anda juga dapat berenang atau melakukan piknik di sekitar air terjun ini.

2. Pantai Kolo
Pantai Kolo adalah salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang, snorkeling, atau bermain pasir di pantai ini. Jika Anda ingin melihat keindahan laut, Anda dapat menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar pantai.

3. Danau Rano
Danau Rano adalah danau air asin yang terletak di Lerokis, Bima. Danau ini memiliki air yang berwarna hijau dan pemandangan alam yang indah. Anda dapat melakukan berbagai aktifitas seperti memancing, berperahu, atau sekedar bersantai menikmati keindahan danau ini.

4. Air Panas Lala
Air Panas Lala adalah sebuah kolam air panas alami yang terletak di Desa Alas, Bima. Kolam ini memiliki air yang hangat dan diyakini memiliki khasiat kesehatan. Anda dapat merendam tubuh Anda di kolam air panas ini untuk menghilangkan kelelahan dan nyeri otot setelah beraktivitas seharian.

5. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah sebuah gunung berapi yang terkenal di Bima. Gunung ini menjadi terkenal karena meletusnya pada tahun 1815 yang mengakibatkan letusan terbesar dalam sejarah manusia. Kini Gunung Tambora menjadi tujuan pendakian yang populer bagi para pecinta alam dan pendaki gunung. Dari puncak gunung ini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan panorama Kota Bima.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat

6. Taman Nasional Gunung Tambora
Taman Nasional Gunung Tambora adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Bima. Taman nasional ini memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi. Anda dapat melakukan trekking di taman nasional ini sambil menikmati keindahan alam sekitar.

7. Pulau Sangeang
Pulau Sangeang adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di Selat Sape, Bima. Pulau ini terkenal karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Anda dapat melakukan diving atau snorkeling di sekitar pulau ini untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota laut yang ada.

8. Desa Adat Wawo Muda
Desa Adat Wawo Muda adalah sebuah desa adat yang terletak di Kecamatan Tambora, Bima. Desa ini memiliki rumah adat yang merupakan peninggalan budaya dari zaman dahulu. Anda dapat belajar tentang budaya dan tradisi masyarakat Bima di desa ini.

9. Pasar Senggol Bima
Pasar Senggol Bima adalah pasar tradisional yang terletak di Kota Bima. Pasar ini menawarkan berbagai jenis produk lokal seperti makanan, kerajinan tangan, dan souvenir. Anda dapat membeli oleh-oleh khas Bima di pasar ini.

10. Desa Persiapan
Desa Persiapan adalah sebuah desa yang terletak di Pulau Bungin, Bima. Desa ini terkenal karena rumah-rumah penduduknya yang terapung di atas laut. Anda dapat mengunjungi desa ini dan melihat rumah-rumah penduduk yang unik ini.

FAQ:

1. Bagaimana cara mencapai tempat wisata di Bima?
Anda dapat mencapai Bima dengan menggunakan pesawat terbang melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima. Setelah itu, Anda dapat menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan pribadi untuk mencapai tempat wisata yang ingin dikunjungi.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah saat musim kemarau antara bulan Agustus hingga Oktober. Pada saat ini, cuaca cenderung lebih kering sehingga memudahkan perjalanan dan aktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Pantai-Pulau Cantik, Danau Memesona, dan Gunung Tambora

3. Apa yang harus dibawa saat mengunjungi tempat wisata di Bima?
Anda sebaiknya membawa pakaian yang nyaman, sepatu yang cocok untuk berjalan di alam, kacamata hitam, topi, tabir surya, dan perlengkapan untuk snorkeling atau diving jika Anda ingin menjelajahi keindahan bawah laut di Bima.

4. Apakah ada penginapan di dekat tempat wisata di Bima?
Ya, terdapat beberapa penginapan di dekat tempat wisata di Bima. Anda dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

5. Apakah ada wisata kuliner di Bima?
Ya, Bima memiliki berbagai jenis kuliner tradisional yang lezat. Beberapa makanan khas yang harus dicoba adalah Wajo (makanan khas Bima yang terbuat dari nasi gurih yang disajikan dengan berbagai lauk), Pecel Ikan (makanan khas Bima yang terdiri dari ikan yang digoreng dengan bumbu khas), dan Dorokdok (makanan ringan yang terbuat dari kembang ara yang dipanggang).

Conclusion:

Bima adalah destinasi wisata yang menarik dengan keindahan alam yang luar biasa. Jika Anda mencari petualangan alam, Bima adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Dari air terjun hingga pantai, dan dari gunung berapi hingga taman nasional, Bima memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan layak untuk dijelajahi. Nikmati keindahan alam Bima dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan di destinasi wisata ini.