#explorebima Photo today by  taken at Santigi Beach Sape
#exploreindonesia...

Jelajah Keindahan Tempat Wisata Bima yang Menakjubkan

Jelajahi Keindahan Tempat Wisata Bima yang Menakjubkan

Tempat wisata di Bima merupakan destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini terletak di bagian barat daya Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Memiliki keindahan alam yang memesona, Bima menyediakan berbagai tempat wisata yang dapat memanjakan mata dan hati pengunjungnya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai tempat wisata di Bima? Simaklah ulasan di bawah ini.

1. Pantai Santigi

Pantai Santigi adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Bima. Terletak di Sape, pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau. Pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan garis pantai yang panjang adalah daya tarik utama Pantai Santigi. Anda dapat berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, Pantai Santigi juga cocok untuk berenang dan berselancar.

2. Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Sumbawa, di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. Gunung ini terkenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menghasilkan bencana alam yang dahsyat. Namun, saat ini Gunung Tambora telah menjadi objek wisata yang populer. Pendakian ke puncak Gunung Tambora menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Selama pendakian, Anda akan melewati jalur-jalur yang indah dan tempat-tempat berkemah yang menakjubkan.

3. Danauy Balo

Danauy Balo adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Bima. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan memiliki air yang sangat jernih. Suasana tenang dan damai membuat Danauy Balo menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar danau atau naik perahu tradisional untuk menjelajahi keindahan dalamnya. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa melihat berbagai jenis burung yang hidup di sekitar danau.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam Bima: Pantai, Gunung, Air Terjun, dan Desa Adat

4. Pantai Waworada

Pantai Waworada adalah salah satu pantai yang terkenal di Bima. Terletak di Kabupaten Woha, pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang memukau. Pasir putih yang lembut, air laut yang biru jernih, dan terumbu karang yang indah menambah daya tarik Pantai Waworada. Pantai ini juga menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang, snorkeling, atau menyelam. Anda juga dapat memancing di pantai ini, yang terkenal dengan ikan-ikan yang melimpah.

5. Taman Nasional Gunung Tambora

Taman Nasional Gunung Tambora merupakan salah satu taman nasional yang harus dikunjungi di Bima. Taman nasional ini meliputi Gunung Tambora dan sekitarnya. Di dalam taman nasional ini terdapat berbagai flora dan fauna yang unik. Anda dapat melakukan trekking di sekitar taman nasional ini sambil menikmati keindahan alam. Selain itu, Anda juga dapat berkemah di area yang telah disediakan di taman nasional ini.

FAQs:

1. Apa jenis aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Santigi?
Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di Pantai Santigi, seperti berjalan-jalan di tepi pantai, berenang, dan berselancar.

2. Bagaimana cara menuju Gunung Tambora?
Anda dapat menuju Gunung Tambora dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum ke Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

3. Apakah ada penginapan di sekitar Danauy Balo?
Ya, terdapat beberapa penginapan di sekitar Danauy Balo yang dapat Anda pilih.

4. Apakah Pantai Waworada cocok untuk berenang?
Ya, Pantai Waworada sangat cocok untuk berenang karena memiliki air laut yang bersih dan terumbu karang yang indah.

5. Apakah ada tarif masuk ke Taman Nasional Gunung Tambora?
Ya, ada tarif masuk ke Taman Nasional Gunung Tambora. Tarifnya berbeda untuk warga lokal dan wisatawan asing.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alamnya yang Menakjubkan!

Kesimpulan:

Tempat wisata di Bima menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pantai Santigi, Gunung Tambora, Danauy Balo, Pantai Waworada, dan Taman Nasional Gunung Tambora adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima. Jelajahi keindahan Bima dan nikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan.