#explorebima Photo today by  taken at Santigi Beach

#exploreindonesia 
#discove...

Jelajah Wisata Bima – Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! – Photo today by taken at Santigi Beach #exploreindonesia #discove…

Wisata Bima, Destinasi Tersembunyi di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam. Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi adalah Bima, sebuah kota kecil yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Meskipun tidak sepopuler destinasi lain seperti Bali atau Yogyakarta, Bima menyimpan pesona yang tak kalah menarik. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk menjelajah tempat wisata di Bima yang tersembunyi namun menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Santigi
Photo by @rusdizulkaidi
Pantai Santigi merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam sambil duduk santai di tepi pantai. Tidak hanya itu, Pantai Santigi juga menawarkan spot selam yang menakjubkan dengan keanekaragaman terumbu karang dan kehidupan laut yang mengagumkan.

2. Air Terjun Lapopu
Air Terjun Lapopu adalah salah satu keajaiban alam di Bima yang wajib Anda kunjungi. Air terjun ini terletak di pegunungan yang hijau dan sejuk. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melakukan trekking menyusuri jalan berliku dan menyeberangi sungai. Namun, usaha ini akan terbayar dengan panorama alam yang menakjubkan. Air Terjun Lapopu memiliki tinggi sekitar 60 meter dan airnya yang segar sangat cocok untuk berenang atau sekadar berendam.

3. Danau Tambora
Danau Tambora adalah danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi Tambora pada tahun 1815. Letusan tersebut mengeluarkan abu yang sangat banyak dan menutupi seluruh daerah sekitar, termasuk desa-desa yang ada di sekitar gunung. Letusan Tambora telah dikategorikan sebagai salah satu letusan terbesar dalam sejarah dunia. Saat ini, Danau Tambora menjadi destinasi wisata yang menarik karena keindahan pemandangannya yang spektakuler.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Menakjubkan di Bima, Nusa Tenggara Barat

4. Pantai Kolo
Pantai Kolo merupakan salah satu pantai tersembunyi di Bima yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang tenang. Anda dapat bersantai di tepi pantai, berenang, atau melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang yang ada di sekitar pantai.

5. Desa Adat Waworada
Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang budaya dan tradisi masyarakat Bima, maka kunjungan ke Desa Adat Waworada adalah pilihan yang tepat. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Bima dan tetap mempertahankan kearifan lokal mereka. Anda dapat melihat rumah tradisional Bima, mendengarkan cerita tentang sejarah dan budaya Waworada, serta menyaksikan upacara adat yang diadakan oleh masyarakat setempat.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang melalui Bandara Sultan Muhammad Salahudin. Terdapat juga opsi untuk menggunakan kapal feri dari pelabuhan di sekitar Pulau Sumbawa.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menjelajahi wisata di Bima?
A: Waktu yang diperlukan tergantung pada lamanya Anda ingin tinggal dan jumlah destinasi yang ingin Anda kunjungi. Rata-rata, 3-5 hari sudah cukup untuk menjelajahi tempat wisata utama di Bima.

Q: Bagaimana dengan akomodasi di Bima?
A: Bima memiliki berbagai jenis akomodasi, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan sederhana. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Q: Apakah ada wisata kuliner di Bima?
A: Ya, Bima juga memiliki berbagai makanan dan minuman tradisional yang lezat. Beberapa hidangan khas Bima yang harus Anda coba adalah Bebalung, Durian, dan sate Tambora.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah selama musim kemarau, antara bulan April hingga Oktober. Pada saat ini, cuaca akan lebih cerah dan cocok untuk beraktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA :  Wisata Bima - Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya di Bima, NTB

Kesimpulan:
Bima merupakan destinasi wisata yang tersembunyi namun menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dari pantai-pantai yang memukau hingga keajaiban alam seperti Danau Tambora, Bima memang pantas untuk dijelajahi. Selain itu, adanya Desa Adat Waworada juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mempelajari budaya dan tradisi lokal. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jelajahi wisata Bima dan temukan pesonanya yang tak ternilai harganya.