#explorebima Photo today by  taken at Sanumbe Beach

#exploreindonesia...

Menjelajah Tempat Wisata Bima yang Indah dan Menarik di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Bima adalah sebuah kota yang terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bima, berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda jelajahi.

1. Pantai Sanumbe
Pantai Sanumbe adalah salah satu tempat wisata terindah di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di tepi pantai yang tenang. Jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Sanumbe.

2. Air Terjun Doro Biaha
Air Terjun Doro Biaha terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang indah. Untuk mencapai air terjun ini, Anda akan melewati jalan setapak yang menantang namun pemandangan yang akan Anda dapatkan nanti pasti akan sebanding dengan perjalanan tersebut.

3. Pantai Kambolo
Pantai Kambolo terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang. Keunikan dari Pantai Kambolo adalah adanya batu karang yang menjulang tinggi di sekitar pantai, yang menambah keindahan pemandangan. Anda juga dapat menikmati berbagai aktivitas air seperti snorkeling dan diving.

4. Pulau Sangeang
Pulau Sangeang adalah pulau yang terletak di sebelah utara Bima. Pulau ini dikenal karena keindahan alam bawah lautnya. Anda dapat melakukan snorkeling atau diving untuk mengeksplorasi terumbu karang yang memukau. Jangan lewatkan juga untuk melakukan trekking ke Puncak Sangeang yang menawarkan pemandangan indah pulau-pulau sekitarnya.

5. Desa Adat Wawo Mudo
Desa Adat Wawo Mudo adalah desa tradisional yang menjaga keaslian budaya Sumbawa. Anda dapat mengunjungi desa ini untuk melihat rumah-rumah tradisional yang masih terjaga dengan baik dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Desa ini juga terkenal dengan seni kerajinan tangan seperti anyaman tikar dan kerajinan dari bambu.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Pantai Wane, Danauy Jati, dan Gunung Tambora

Tanya Jawab

1. Bagaimana cara menuju Bima?
Anda dapat menuju Bima dengan pesawat melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau menggunakan transportasi darat seperti bus atau mobil pribadi.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan April hingga Oktober ketika cuaca sedang cerah dan tidak terlalu panas.

3. Apa yang harus saya bawa saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Bima?
Pastikan Anda membawa perlengkapan seperti baju renang, kacamata renang, snorkel, dan tabir surya. Juga siapkan pakaian yang nyaman untuk berjalan di alam terbuka.

4. Adakah akomodasi di sekitar tempat-tempat wisata di Bima?
Ya, terdapat berbagai pilihan akomodasi di sekitar tempat-tempat wisata di Bima, mulai dari hotel mewah hingga penginapan sederhana dengan harga yang beragam.

Kesimpulan

Bima adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan pantai-pantai yang indah, air terjun yang spektakuler, pulau-pulau eksotis, dan kehidupan masyarakat adat yang terjaga, Anda dijamin akan memiliki pengalaman liburan yang luar biasa di Bima. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan Bima sebagai tujuan liburan Anda berikutnya!