#explorebima Photo today by  taken at Sonumbe Beach Kolo

#exploreindonesia
#dis...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Menarik di Bima

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata yang eksotis dan belum terlalu ramai pengunjung, maka Bima bisa menjadi pilihan yang sempurna. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bima menawarkan keindahan alam yang spektakuler dan beragam budaya yang menarik untuk dijelajahi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata terbaik di Bima yang patut Anda kunjungi.

1. Pantai Sonumbe
Pantai Sonumbe adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Bima. Terletak sekitar 70 km dari pusat kota Bima, pantai ini menawarkan pantai berpasir putih yang luas dan air laut yang jernih. Anda bisa bersantai di pantai, berenang, atau snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang yang ada di sekitar pantai.

2. Air Terjun Monta
Air Terjun Monta merupakan destinasi wisata alam yang sangat populer di Bima. Terletak sekitar 20 km dari pusat kota Bima, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa trekking menyusuri hutan sekitarnya untuk menikmati keindahan alam yang eksotis.

3. Gua Tambora
Gua Tambora adalah gua alam yang terbentuk dari letusan gunung Tambora yang terkenal. Gua ini memiliki panjang sekitar 5 km dan terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan di dalamnya. Selain itu, gua ini juga menjadi saksi sejarah letusan Tambora yang pernah tercatat sebagai letusan terbesar dalam sejarah manusia.

4. Danau Satonda
Danau Satonda terletak di pulau Satonda yang berjarak sekitar 3 jam perjalanan dengan kapal dari Bima. Danau ini terbentuk dari kawah gunung berapi yang telah padam. Keunikan danau ini terletak pada keberadaan pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya dan menjulang tinggi ke langit. Konon, jika Anda melemparkan batu atau benda apapun ke dalam danau, keesokan harinya akan ada pohon yang tumbuh di sana.

BACA JUGA :  Menjelajah Wisata Bima - Terbaik Tahun 2018, Terima Kasih! Sampai Jumpa 2019...

5. Desa Adat Wawo Muda
Jika Anda tertarik dengan budaya Bima, maka berkunjunglah ke Desa Adat Wawo Muda. Desa ini merupakan desa adat yang masih menjaga kebudayaan dan tradisi Bima dengan baik. Anda bisa melihat bangunan rumah tradisional Bima, berinteraksi dengan penduduk setempat, dan menyaksikan pertunjukan seni dan budaya tradisional Bima.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Bima?
Untuk menuju Bima, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dari Jakarta atau Denpasar ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Benoa di Bali, atau Kapal Laut dari pelabuhan di Jawa Timur.

2. Apakah ada akomodasi di Bima?
Ya, di Bima terdapat berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan sederhana. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan budget dan preferensi Anda.

3. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan April hingga September, ketika cuaca cenderung cerah dan tidak terlalu panas. Namun, perhatikan juga musim hujan yang biasanya terjadi pada bulan Januari hingga Maret.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi Bima?
Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi Bima tergantung dari rencana perjalanan Anda. Jika Anda ingin mengunjungi semua tempat wisata utama, sebaiknya siapkan waktu minimal 3-4 hari.

5. Apakah makanan khas Bima?
Makanan khas Bima antara lain ikan bakar, nasi jagung, dan sop buntut. Anda juga dapat mencicipi sate Bima yang terkenal dengan bumbu kacangnya yang lezat.

Kesimpulan:

Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Dari pantai pasir putih hingga air terjun indah, Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang memukau di Bima. Jangan lupa untuk menjelajahi juga budaya dan tradisi Bima yang masih kental di beberapa desa adat. Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang belum terlalu ramai dan eksotis, Bima bisa menjadi pilihan yang sempurna. Nikmati keseruan dan keindahan Bima!

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Bajo Pulo Beach...