#explorebima Photo today by  taken at  Soromandi, Bima, NTB.

Situs Sejarah Wadu...

Jelajah Wisata Bima: Keindahan Alam dan Situs Sejarah Menarik di Bima, NTB

Bima, sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyimpan banyak keindahan alam dan situs sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Jika Anda mencari destinasi wisata yang memberikan pengalaman budaya dan keindahan alam yang luar biasa, Bima adalah pilihan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata terbaik di Bima yang patut dikunjungi.

1. Pantai Soromandi
Pantai Soromandi adalah pantai yang indah dan tenang, terletak sekitar 19 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler di pantai ini, atau bahkan memancing dan snorkeling di perairannya yang kaya akan kehidupan laut.

2. Puncak Mandiangin
Puncak Mandiangin adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan spektakuler Kota Bima. Anda dapat mendaki ke puncak ini dan di sana Anda akan disuguhi pemandangan Kota Bima yang subur dengan laut dan pegunungan sebagai latar belakangnya. Jangan lupakan kamera Anda untuk mengabadikan momen indah di puncak ini.

3. Danau Tambora
Danau Tambora adalah tempat wisata yang fenomenal dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Danau ini terletak di kawah gunung api aktif Tambora. Anda dapat menjelajahi danau dengan menyewa perahu atau hanya duduk bersantai di tepi danau sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Jika Anda tertarik dengan sejarah, Anda juga dapat mengunjungi Museum Tambora yang terletak di dekat danau.

4. Situs Sejarah Wadu Pa’a
Situs Sejarah Wadu Pa’a adalah kompleks arkeologi yang terletak di desa Wadu, sekitar 35 kilometer dari pusat kota Bima. Situs ini merupakan peninggalan dari kerajaan Bima kuno dan memiliki banyak artefak yang menarik untuk dijelajahi. Anda dapat melihat struktur batu kuno, batu nisan, dan berbagai benda sejarah lainnya di situs ini.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima, Kota di Pulau Sumbawa dengan Pantai dan Gunung yang Menakjubkan

5. Air Terjun Dalam Loka
Air Terjun Dalam Loka adalah air terjun yang sangat indah dan alami, terletak sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh hutan yang lebat. Di sini, Anda dapat berenang di kolam air terjun yang menyegarkan atau hanya menikmati keindahan alam sekitarnya.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima melalui penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, atau Bali. Jika Anda ingin menjelajah lebih banyak wilayah di NTB, Anda juga bisa mengambil kapal laut dari Pelabuhan Benoa, Bali ke Pelabuhan Bima.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara Mei hingga September, ketika cuaca relatif kering dan tidak terlalu panas. Namun, perhatikan juga musim liburan panjang seperti liburan sekolah yang bisa membuat tempat-tempat wisata menjadi lebih ramai.

Q: Apa makanan khas yang harus dicoba di Bima?
A: Salah satu makanan khas Bima yang harus Anda coba adalah “Ayam Taliwang”, yaitu ayam bakar dengan bumbu khusus khas Bima yang pedas dan lezat. Selain itu, ada juga “Sate Baloyor”, sate yang terbuat dari daging sapi yang dibakar dengan kecap khas Bima.

Conclusion:

Bima adalah destinasi wisata yang menarik dengan keindahan alam yang luar biasa dan banyak situs sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Pantai Soromandi, Puncak Mandiangin, Danau Tambora, Situs Sejarah Wadu Pa’a, dan Air Terjun Dalam Loka adalah beberapa tempat wisata terbaik di Bima yang patut dikunjungi. Jika Anda mencari destinasi wisata yang memiliki kombinasi budaya dan keindahan alam, Bima adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Jangan lupa merencanakan perjalanan Anda dengan baik dan menikmati keindahan alam dan kebudayaan yang unik di Bima.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk Jelajah Tempat Wisata Bima Ini! - Foto Saat Ini di Gunung Tambora | Explore Indonesia