#explorebima Photo today by  taken at Tolopihi Donggo
#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima: Pantai Liang Ndara, Kebun Raya, dan Suku Tambora

Bima adalah salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga budayanya yang kaya. Dari pantai-pantai yang menakjubkan hingga tempat-tempat bersejarah yang menarik, Bima menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Pantai Liang Ndara
Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima adalah Pantai Liang Ndara. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang jernih. Selain berenang dan bersantai di pantai, Anda juga dapat melakukan snorkeling dan menyelam untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang menakjubkan. Spot-spot snorkeling yang terkenal di Pantai Liang Ndara adalah Batu Putih dan Batu Cermin.

Kebun Raya Bima
Untuk para pecinta flora dan fauna, Kebun Raya Bima adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi. Kebun raya ini memiliki koleksi tumbuhan langka dan endemik yang sangat beragam. Anda dapat menjelajahi taman yang luas dan menikmati keindahan alamnya. Juga, terdapat banyak burung endemik yang bisa Anda temui di sini. Kebun Raya Bima juga merupakan tempat pengembangbiakan dan pemeliharaan berbagai jenis tanaman yang dilakukan oleh para ahli.

Kawah Wila
Bagi para penggemar wisata alam, Kawah Wila adalah pilihan yang sempurna. Kawah ini terletak di Desa Wila, sekitar 30 km dari pusat Kota Bima. Anda dapat melakukan pendakian mendaki menuju kawah yang menawarkan pemandangan yang spektakuler di sekitarnya. Di sini Anda dapat melihat panorama alam yang menakjubkan, termasuk pemandangan Gunung Tambora yang megah. Tapi ingat untuk membawa perlengkapan hiking yang cukup, karena pendakian menuju Kawah Wila bisa menjadi cukup menantang.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Terbaik di Bima - Pantai, Air Terjun, dan Gunung yang Menakjubkan

Suku Tambora
Salah satu daya tarik unik di Bima adalah Suku Tambora, suku asli yang tinggal di kawasan Gunung Tambora. Suku ini masih mempertahankan budaya dan tradisi mereka yang khas. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang kebudayaan lokal dan mengenal lebih jauh tentang sejarah dan kehidupan suku ini, Anda dapat melakukan kunjungan ke desa-desa suku di sekitar Gunung Tambora.

Ikan Sate Deger
Selain menikmati keindahan alam dan budaya Bima, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas daerah ini. Salah satu makanan yang terkenal di Bima adalah ikan sate deger. Ikan ini dipanggang dengan bumbu khusus dan disajikan dengan pilihan sambal yang pedas. Rasanya yang gurih dan pedas membuat ikan sate deger menjadi makanan yang sangat disukai oleh penduduk setempat dan wisatawan.

Konklusi
Bima menawarkan begitu banyak tempat wisata yang menarik dan beragam untuk dijelajahi. Dari pantai-pantai yang indah hingga tempat-tempat bersejarah dan kebudayaan yang kaya, kota ini memiliki segalanya untuk memenuhi berbagai minat wisatawan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas daerah ini saat berkunjung. Selamat menjelajahi Wisata Bima!

Tanya Jawab

Q: Berapa jarak dari Kota Bima ke Pantai Liang Ndara?
A: Jarak dari Kota Bima ke Pantai Liang Ndara sekitar 10 km.

Q: Apa nama spot snorkeling yang terkenal di Pantai Liang Ndara?
A: Spot snorkeling yang terkenal di Pantai Liang Ndara adalah Batu Putih dan Batu Cermin.

Q: Bagaimana cara menuju Kawah Wila dari Kota Bima?
A: Anda dapat menuju Kawah Wila dengan mobil pribadi atau ojek. Kawah Wila terletak sekitar 30 km dari Kota Bima.

Q: Apa makanan khas lainnya di Bima selain ikan sate deger?
A: Beberapa makanan khas lainnya di Bima adalah ayam taliwang, ikan bakar, dan sop kikil.

BACA JUGA :  Jelajah Keindahan Alam dan Budaya Bima - Nikmati Wisata Tak Terlupakan di Kota Bima!

Q: Apakah ada penginapan di sekitar Pantai Liang Ndara?
A: Ya, terdapat beberapa pilihan penginapan di sekitar Pantai Liang Ndara seperti hotel dan penginapan tradisional (losmen).

Q: Apakah ada panduan tur untuk mengunjungi Suku Tambora?
A: Ya, Anda dapat menghubungi agen perjalanan atau pemandu wisata lokal untuk mengatur kunjungan ke Suku Tambora.