Banyak dong dari kalian yang penasaran gimana caranya sih biar bisa berpergian n...

Jelajah Wisata Jogja – Banyak dong dari kalian yang penasaran gimana caranya sih biar bisa berpergian n…

Jelajah Wisata Jogja – Berpergian dengan Pesawat di Era Sekarang

Banyak dari kalian yang penasaran dengan prosedur berpergian dengan pesawat di era sekarang. Nah, kali ini kita akan menjelaskan caranya agar kalian bisa berpergian dengan pesawat secara aman dan nyaman, terutama untuk penerbangan yang berangkat dari Jogja. Mayoritas penerbangan dari Jogja dilayani oleh Yogyakarta International Airport (YIA), yang terletak di Kulon Progo. Meskipun lokasinya agak jauh, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Jogja, namun bandara ini memiliki fasilitas yang sangat baik. Interior yang modern dan pemandangan langsung ke laut dari ruang tunggu akan membuat waktu menunggu penerbangan kalian menjadi lebih menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa prosedur yang perlu kalian perhatikan jika ingin berpergian dengan pesawat:

1. Surat Hasil Rapid Test COVID-19 Non-Reaktif
Kalian wajib memiliki surat hasil rapid test yang dinyatakan non-reaktif COVID-19. Kalian bisa melakukan tes di klinik terdekat. Surat hasil rapid test ini berlaku selama 14 hari.

2. Pemeriksaan Suhu Tubuh dan Social Distancing di Bandara
Saat tiba di bandara, kalian akan diperiksa suhu tubuhnya dan harus mengikuti prosedur social distancing. Sebelum masuk ke ruang tunggu, dokumen-dokumen kalian akan divalidasi oleh petugas bandara.

3. Mengisi Health Alert Card
Saat tiba di bandara tujuan, kalian harus mengisi Health Alert Card. Untuk lebih mudahnya, kalian bisa mendownload aplikasi eHAC, kemudian tunjukkan saja QR code kalian kepada petugas di bandara tujuan.

4. Check-in Citilink melalui Web atau Mesin Self Check-in
Jika kalian akan bepergian dengan maskapai Citilink, kalian bisa melakukan check-in melalui web atau menggunakan mesin self check-in yang tersedia di bandara. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kontak fisik sebelum meletakkan bagasi.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam Gumuk Pasir Parangkusumo di Jogja!

5. Proses Social Distancing di Ruang Tunggu dan Pesawat
Selama berada di ruang tunggu, kalian diwajibkan untuk mengikuti prosedur social distancing. Begitu juga di dalam pesawat, tempat duduk akan diberi jarak untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang.

Dengan memperhatikan semua prosedur tersebut, diharapkan perjalanan kalian yang ingin berpergian dengan pesawat dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

FAQ:

Q: Apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi untuk berpergian dengan pesawat dari Jogja?
A: Beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi adalah memiliki surat hasil rapid test COVID-19 non-reaktif yang berlaku selama 14 hari, mengisi Health Alert Card atau menggunakan aplikasi eHAC, serta menjaga jarak fisik dan mengikuti prosedur social distancing di bandara dan dalam pesawat.

Q: Apakah semua penerbangan dari Jogja dilayani oleh Yogyakarta International Airport (YIA)?
A: Ya, mayoritas penerbangan dari Jogja dilayani oleh Yogyakarta International Airport (YIA) yang terletak di Kulon Progo.

Q: Bagaimana caranya check-in dengan maskapai Citilink?
A: Kalian bisa melakukan check-in dengan Citilink melalui web atau menggunakan mesin self check-in yang tersedia di bandara untuk meminimalisir kontak fisik sebelum meletakkan bagasi.

Q: Apa saja yang perlu diperhatikan selama di dalam pesawat?
A: Selama di dalam pesawat, kalian perlu mengikuti prosedur social distancing dengan menjaga jarak antarpenumpang.

Kesimpulan:
Berpergian dengan pesawat di era sekarang membutuhkan kewaspadaan ekstra terkait pandemi COVID-19. Dalam perjalanan dari Jogja, kalian perlu memenuhi persyaratan seperti memiliki surat hasil rapid test COVID-19 non-reaktif yang berlaku selama 14 hari. Selain itu, kalian harus mematuhi prosedur suhu tubuh, social distancing, mengisi Health Alert Card, dan mengikuti petunjuk dari petugas bandara. Dengan memperhatikan semua prosedur ini, diharapkan perjalanan kalian yang ingin berpergian dengan pesawat dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Temukan Keindahan Alam di Goa Jomblang Gunungkidul