Candi apa yang ga ada candinya??? #explorejogja photo today by  taken at Candi A...

Jelajah Wisata Jogja – Temukan Keunikan Candi Abang yang Tidak Ada Candinya!

Jogja, singkatan dari Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini dikenal dengan kekayaan budaya, sejarah yang kuat, dan keindahan alamnya. Salah satu daya tarik utama Jogja adalah keberagaman candi yang tersebar di seluruh penjuru kota. Namun, ada salah satu candi yang sangat unik dan menarik perhatian wisatawan. Candi apa yang ga ada candinya?

Candi yang dimaksud adalah Candi Abang. Terletak di desa Berbah, Sleman, Candi Abang merupakan destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Jogja. Apa yang membuat Candi Abang begitu istimewa? Mari kita jelajahi lebih dalam.

## Sejarah Candi Abang

Candi Abang memiliki sejarah yang panjang. Di masa lalu, candi ini merupakan bagian dari kompleks candi yang lebih besar yang dikenal dengan nama Candi Ijo. Candi Ijo dibangun pada abad ke-9 Masehi, pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno. Kompleks candi ini terdiri dari beberapa candi lainnya, termasuk Candi Banyunibo dan Candi Barong.

Namun, seiring berjalannya waktu, candi-candi di kompleks Candi Ijo mengalami kerusakan yang cukup parah. Hanya Candi Abang yang masih tersisa dengan baik hingga saat ini. Candi Abang sendiri mengalami beberapa kali rehabilitasi dan pemugaran untuk menjaga kelestariannya.

## Keunikan Candi Abang

Apa yang membuat Candi Abang begitu unik dan berbeda dari candi-candi lainnya di Jogja? Yang paling mencolok adalah warna merah yang mendominasi candi ini. Dinding candi yang dilapisi batu merah memberikan kesan yang begitu mencolok dan memukau. Tidak heran jika Candi Abang juga dikenal dengan sebutan “Candi Merah”.

Selain itu, bentuk Candi Abang juga sangat menarik perhatian. Candi ini memiliki arsitektur yang khas dengan atap berundak dan ukiran-ukiran yang indah. Meskipun hanya tersisa beberapa bangunannya, tetapi keindahan Candi Abang tetap terpancar dengan jelas.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Temukan Tempat Wisata Menarik di Jogja yang Memukau!

Selain keunikan warna dan bentuknya, Candi Abang juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sebagai bagian dari kompleks Candi Ijo, candi ini menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram Kuno. Melihat bangunan yang masih kokoh berdiri setelah sekian lama, bisa membuat kita terkagum-kagum dengan keahlian arsitektur zaman dahulu.

## Wisata di Sekitar Candi Abang

Setelah mengunjungi Candi Abang, ada beberapa tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di sekitar candi ini. Salah satunya adalah Candi Banyunibo yang juga berada dalam kompleks Candi Ijo. Candi Banyunibo memiliki keunikan tersendiri dengan ukiran-ukiran yang detail dan pemandangan indah di sekitarnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Bukit Ijo yang terletak tidak jauh dari Candi Abang. Bukit ini menawarkan pemandangan yang spektakuler, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Dari sini, Anda bisa melihat keindahan alam Jogja secara keseluruhan dengan pegunungan dan perbukitan yang menawan.

Tidak ketinggalan, Anda juga bisa menjelajahi kawasan sekitar Candi Abang yang masih asri dan alami. Desa Berbah memiliki keindahan pedesaan yang tersimpan dengan baik. Anda bisa berinteraksi dengan penduduk setempat, melihat proses pertanian atau berjalan-jalan di sepanjang persawahan yang hijau.

## Bagaimana Cara Menuju Candi Abang?

Untuk menuju Candi Abang, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari pusat kota Jogja, Anda dapat mengambil jalur menuju Sleman dan mencari tanda arah menuju Desa Berbah. Candi Abang terletak tidak jauh dari jalan raya utama, sehingga mudah dijangkau.

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan transportasi online atau angkutan umum. Namun, perlu diingat bahwa aksesibilitas angkutan umum mungkin terbatas di sekitar tempat ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda merencanakan perjalanan Anda dengan baik sebelum berangkat.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Alam di Wisata Jogja - Hutan Pinus Pengger

## FAQ

#### 1. Apa yang membuat Candi Abang unik?

Candi Abang unik karena memiliki warna merah yang mencolok dan bentuk arsitektur yang khas.

#### 2. Apakah Candi Abang memiliki nilai sejarah?

Ya, Candi Abang merupakan bagian dari kompleks Candi Ijo yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

#### 3. Apa saja tempat wisata menarik di sekitar Candi Abang?

Beberapa tempat wisata menarik di sekitar Candi Abang antara lain Candi Banyunibo dan Bukit Ijo.

#### 4. Bagaimana cara menuju Candi Abang?

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari pusat kota Jogja, Anda dapat mengambil jalur menuju Sleman dan mencari tanda arah menuju Desa Berbah.

## Kesimpulan

Menjelajahi wisata Jogja tak lengkap tanpa mengunjungi Candi Abang. Candi yang tak ada candinya ini menawarkan pengalaman yang unik dengan keindahan warna merah yang mencolok dan arsitektur yang khas. Selain itu, candi ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai bagian dari kompleks Candi Ijo.

Selama berkunjung ke Candi Abang, jangan lupa juga menjelajahi tempat wisata di sekitarnya seperti Candi Banyunibo dan Bukit Ijo. Nikmati pemandangan spektakuler dan alam yang masih asri di desa Berbah. Pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik sebelum berangkat ke Candi Abang. Selamat menjelajah wisata Jogja!