Sekaten 2016 udah dimulai 2 hari yang lalu, yuk main-main ke sana.

Credit photo...

Explore Wisata Jogja – Festival Sekaten 2016 Berlangsung 2 Hari yang Lalu, Yuk Bermain ke Sana!

Sekaten merupakan salah satu festival tahunan yang diadakan di Yogyakarta untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Festival ini diadakan di Alun-Alun Utara Yogyakarta dan menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. Tahun ini, Sekaten 2016 telah dimulai dua hari yang lalu dan masih berlangsung hingga waktu yang ditentukan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pada tahun ini, Sekaten mengalami beberapa perubahan dan pembatasan akibat pandemi COVID-19. Berbagai protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan harus dipatuhi selama berada di area festival. Pengunjung juga diharapkan untuk tidak mengikuti acara jika sedang tidak dalam kondisi sehat atau memiliki gejala COVID-19.

Selama festival Sekaten, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan dan atraksi yang diselenggarakan. Salah satu atraksi yang paling ditunggu-tunggu adalah prosesi Grebeg Mulud yang diadakan pada malam terakhir festival. Pada acara ini, ratusan abdi dalem dan abdi dalem putri membawa replika kereta kencana yang diarak mengelilingi Alun-Alun Utara. Acara ini sangat menarik dan menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin melihat tradisi budaya Yogyakarta secara langsung.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta yang dijajakan di sekitar area festival. Makanan seperti gudeg, bakpia, dan sate klatak menjadi favorit wisatawan yang ingin mencicipi kelezatan kuliner lokal. Selain itu, terdapat juga berbagai stan yang menjual produk kerajinan tangan dan souvenir khas Yogyakarta sebagai oleh-oleh bagi para pengunjung.

Untuk memudahkan pengunjung, panitia festival juga menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir, dan area istirahat. Pengunjung juga dapat menggunakan layanan transportasi umum seperti bus atau kereta api untuk menuju ke Alun-Alun Utara. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada saat festival berlangsung, kemacetan di sekitar area festival mungkin terjadi, sehingga pengunjung disarankan untuk datang lebih awal atau menggunakan transportasi online.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Gunungkidul: Goa Jomblang, Pantai Indrayanti, dan Keajaiban Alam Lainnya!

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi festival Sekaten, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh panitia. Kedua, datang lebih awal untuk menghindari antrian panjang atau kesulitan mencari tempat parkir. Ketiga, jangan lupa membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk membeli makanan, minuman, dan oleh-oleh di area festival.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang festival Sekaten di Yogyakarta:

1. Apa itu festival Sekaten?
Festival Sekaten adalah festival tahunan yang diadakan di Yogyakarta untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Festival ini diadakan di Alun-Alun Utara Yogyakarta dan menampilkan berbagai kegiatan dan atraksi budaya.

2. Kapan festival Sekaten dilaksanakan?
Festival Sekaten biasanya dilaksanakan pada bulan Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah. Tanggal pastinya dapat berbeda setiap tahunnya, jadi pastikan untuk mengecek jadwal terbaru sebelum mengunjungi festival ini.

3. Apa saja kegiatan yang bisa dinikmati selama festival Sekaten?
Selama festival Sekaten, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan dan atraksi seperti prosesi Grebeg Mulud, pentas seni tradisional, dan berbagai stan yang menjual kuliner dan souvenir khas Yogyakarta.

4. Bagaimana cara menuju ke festival Sekaten?
Pengunjung dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api untuk menuju ke Alun-Alun Utara Yogyakarta. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada saat festival berlangsung, kemacetan di sekitar area festival mungkin terjadi.

5. Apakah ada biaya masuk untuk mengunjungi festival Sekaten?
Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi festival Sekaten. Namun, pengunjung harus membayar untuk membeli makanan, minuman, dan souvenir di area festival.

Dalam kesimpulannya, festival Sekaten di Yogyakarta merupakan salah satu acara tahunan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain bisa menikmati berbagai kegiatan budaya, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Yogyakarta dan berbelanja oleh-oleh khas daerah ini. Namun, dalam mengunjungi festival ini, sangat penting untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan agar tetap aman dan nyaman selama berada di area festival. Jadi, yuk datang dan nikmati keseruan festival Sekaten di Yogyakarta!

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Jalan-jalan visual aja dulu Yuk jelajah tempat wisata Jogja ini!! - photo today by taken at Candi Sewu,...