Tag pasanganmu yang mau diajak foto di sini?

#explorejogja photo today by  take...

Jelajahi Wisata Jogja dan Nikmati Keindahan Candi Sewu dan Prambanan

Yogyakarta, atau lebih dikenal dengan Jogja, merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan beragam budaya yang kaya. Salah satu kawasan wisata yang paling terkenal di Jogja adalah kompleks Candi Prambanan, termasuk di dalamnya Candi Sewu.

Candi Sewu adalah salah satu candi Buddha yang terletak sekitar 1 kilometer di sebelah utara kompleks Candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Candi Sewu memiliki arsitektur yang megah dan indah. Bangunan ini terdiri dari 249 candi-mini yang terletak pada suatu platform yang luas. Candi-candi ini memiliki prasasti dan relief yang menggambarkan cerita-cerita Buddha.

Selain Candi Sewu, kompleks Candi Prambanan juga memiliki daya tarik lainnya. Candi Prambanan sendiri adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Shiva, Candi Brahma, dan Candi Vishnu. Bangunan-bangunan tersebut juga memiliki arsitektur yang indah dan dihiasi dengan relief-relief yang menggambarkan cerita-cerita dari kepercayaan Hindu.

Selain mengunjungi candi-candi di kompleks Prambanan, ada juga beberapa tempat wisata menarik lainnya di Jogja yang dapat Anda jelajahi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang direkomendasikan:

1. Kraton Yogyakarta
Kraton Yogyakarta atau Istana Yogyakarta merupakan tempat tinggal resmi Sultan Yogyakarta. Di sini, Anda dapat mengunjungi museum dan melihat koleksi seni dan budaya Jawa. Anda juga dapat menonton pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit dan tarian Jawa.

2. Taman Sari
Taman Sari adalah sebuah kompleks keraton yang terletak di tengah kota Jogja. Tempat ini dulunya digunakan sebagai area rekreasi bagi keluarga kerajaan. Anda dapat mengunjungi kolam renang, ruang peristirahatan, dan paviliun-paviliun yang indah.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Yang suka Jogging di sini mana suaranya? Yuk jelajah tempat wisata Jogja ini!! - photo today by taken at...

3. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terpopuler di Jogja. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang besar, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk berselancar. Selain itu, Anda juga dapat menikmati sunset yang indah dan berjalan-jalan di pasir pantai.

4. Malioboro
Malioboro adalah jalan utama di Jogja yang terkenal dengan pusat perbelanjaan dan keramainnya. Anda dapat menemukan berbagai toko oleh-oleh, warung makan, dan hotel di sepanjang jalan ini. Jangan lupa mencoba kuliner khas Jogja seperti gudeg dan bakpia.

5. Goa Jomblang
Goa Jomblang adalah goa alam yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 50 kilometer dari pusat kota Jogja. Goa ini terkenal dengan formasi batu kapur yang indah dan pengalaman seru melintasi aliran sungai bawah tanah. Goa Jomblang juga memiliki lubang vertikal yang unik yang dikenal dengan nama “Goa Langit”.

Tidak hanya itu, Jogja juga memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik seperti Gunung Merapi, Pantai Parangtritis, dan Air Terjun Sri Gethuk. Anda juga dapat mengunjungi Desa Wisata Kasongan untuk melihat kerajinan tangan khas Jogja seperti gerabah dan batik.

### FAQ

Q: Bagaimana cara menuju Candi Sewu?
A: Candi Sewu terletak di kompleks Candi Prambanan yang berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau angkutan umum seperti Trans Jogja.

Q: Berapa harga tiket masuk ke Candi Sewu?
A: Harga tiket masuk ke Candi Sewu adalah sekitar Rp30.000 untuk wisatawan domestik dan Rp50.000 untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket tersebut belum termasuk tiket masuk ke kompleks Candi Prambanan.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Sewu?
A: Anda dapat mengunjungi Candi Sewu kapan saja sepanjang tahun. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari atau sore hari untuk menghindari teriknya matahari.

BACA JUGA :  7 Tempat Wisata Terbaik di Jogja - Jelajahi Keindahan Budaya dan Alam Jogja

Q: Apakah ada panduan wisata yang bisa diikuti di Candi Sewu?
A: Ya, saat Anda membeli tiket masuk, Anda dapat meminta panduan wisata yang akan menjelaskan sejarah dan keunikan Candi Sewu. Anda juga dapat menyewa pemandu wisata yang akan memberikan penjelasan lebih detail.

Q: Apakah ada fasilitas yang tersedia di kompleks Candi Prambanan?
A: Ya, di kompleks Candi Prambanan terdapat fasilitas seperti toilet, warung makan, dan toko suvenir.

### Kesimpulan

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia yang menawarkan berbagai tempat wisata menarik dan beragam budaya yang kaya. Kompleks Candi Prambanan, termasuk di dalamnya Candi Sewu, adalah salah satu daya tarik utama yang dapat Anda kunjungi di Jogja. Selain itu, ada juga berbagai tempat wisata menarik lainnya seperti Kraton Yogyakarta, Taman Sari, Pantai Parangtritis, dan banyak lagi.

Jangan lupa mencoba kuliner khas Jogja seperti gudeg, bakpia, dan sate klathak. Jadikan liburan Anda di Jogja menjadi pengalaman yang tak terlupakan dengan menjelajahi tempat-tempat wisata yang indah dan menarik di kota ini.