#explorejogja photo today by  taken at Candi Abang, Berbah, Sleman....

Jelajahi Wisata Jogja – Temukan Kecantikan Candi Abang dan Destinasi Wisata Lainnya!

Jogja, atau secara resmi disebut sebagai Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Kota ini terkenal dengan warisan sejarahnya, budayanya yang kaya, dan alam yang indah. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jogja adalah Candi Abang yang terletak di Berbah, Sleman. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi lebih dalam tentang Candi Abang dan tempat wisata lainnya di Jogja.

## Candi Abang – Menyelami Sejarah

Candi Abang adalah salah satu candi Hindu Mataram kuno yang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Jogja. Candi ini termasuk dalam kompleks percandian Prambanan, yang terdiri dari candi-candi Hindu dan Budha. Candi Abang sendiri diperkirakan telah dibangun pada abad ke-9 Masehi dan merupakan salah satu bukti kejayaan kerajaan Mataram Kuno.

Candi Abang memiliki arsitektur yang megah dan indah. Bangunan candi tersebut terdiri dari beberapa bagian, termasuk candi induk yang tingginya mencapai 26 meter dan candi kelir yang semula digunakan untuk upacara keagamaan. Meskipun saat ini Candi Abang telah mengalami kerusakan, namun keindahannya tetap terpancar. Pengunjung dapat mengelilingi kompleks candi dan menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas candi.

## Destinasi Wisata Lainnya di Jogja

Selain Candi Abang, Jogja juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik lainnya. Berikut adalah beberapa destinasi wisata populer di Jogja:

### 1. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan telah diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO. Termasuk dalam kompleks candi ini adalah Candi Sewu, Candi Lumbung, dan Candi Bubrah. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan arsitektur candi kuno ini dan menikmati pertunjukan Ramayana Ballet yang terkenal.

BACA JUGA :  Eksplorasi Keajaiban Sejarah di Kompleks Makam Raja Kotagede

### 2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Yogyakarta dan merupakan salah satu contoh arsitektur Jawa klasik. Pengunjung dapat mengunjungi Keraton dan mengeksplorasi museum yang memamerkan koleksi seni dan artefak penting Keraton serta belajar tentang sejarah dan budaya Jawa.

### 3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terkenal di Jogja yang menawarkan pemandangan indah Laut Selatan. Pengunjung dapat menikmati matahari terbenam yang memukau, mengendarai delman, atau berselancar di ombak pantai.

### 4. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah goa alam yang terkenal dengan keindahan alam bawah tanahnya. Goa ini terkenal dengan cahaya masuk (sunbeam) yang memancar masuk melalui celah vertikal di dinding goa. Pengunjung dapat menuruni tebing melalui peralatan khusus dan menjelajahi keindahan goa yang masih alami.

### 5. Taman Sari

Taman Sari adalah bekas kompleks keagungan kesultanan yang terletak di pusat Kota Jogja. Tempat ini memiliki kolam dan air mancur yang indah, yang dulunya digunakan untuk kegiatan kesenangan kerajaan. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks ini dan menikmati keindahan arsitektur dan taman yang indah.

## FAQ

### 1. Berapa biaya masuk ke Candi Abang?

Biaya masuk ke Candi Abang adalah sekitar Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.

### 2. Dimana letak Candi Abang?

Candi Abang terletak di Berbah, Sleman, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Jogja.

### 3. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Abang?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Abang adalah pada pagi atau sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas.

### 4. Apakah ada panduan atau pemandu yang tersedia di Candi Abang?

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja - Menyaksikan Keindahan Budaya, Sejarah, dan Alam di Jogja

Ya, terdapat panduan atau pemandu yang tersedia di Candi Abang dengan biaya tambahan.

### 5. Apa yang harus dipersiapkan saat mengunjungi Candi Abang?

Saat mengunjungi Candi Abang, sebaiknya mempersiapkan pakaian yang nyaman, alas kaki yang cocok untuk berjalan di area candi, serta perlengkapan seperti topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.

## Kesimpulan

Jogja merupakan destinasi wisata yang menawarkan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang patut untuk dieksplorasi adalah Candi Abang, yang membawa pengunjung untuk menyelami sejarah dan keindahan candi Hindu Mataram kuno. Selain itu, Jogja juga memiliki berbagai destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik, seperti Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Pantai Parangtritis, Goa Jomblang, dan Taman Sari. Jadi, jika Anda merencanakan perjalanan ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ini dan menikmati pesona Jogja yang kaya akan sejarah dan alam.