#explorejogja photo today by  taken at Candi Prambanan, Sleman....

Menjelajah Keindahan Candi Prambanan – Destinasi Wisata Terbaik di Jogja!

Jogja, atau biasa disebut juga dengan Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Kota ini terkenal dengan kekayaan budayanya, keramahan penduduknya, dan tentunya juga tempat-tempat wisatanya yang menakjubkan. Salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan saat berada di Jogja adalah Candi Prambanan.

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Candi ini terletak di Kabupaten Sleman, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Dibangun pada abad ke-9 oleh kerajaan Mataram Kuno, Candi Prambanan adalah sebuah situs arkeologi yang terdiri dari beberapa candi utama dan candi perwara.

Candi utama di kompleks Candi Prambanan adalah Candi Rara Jonggrang. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan rumit, dengan relief-relief yang menggambarkan kisah- kisah dari kitab Ramayana dan Mahabharata. Candi Rara Jonggrang memiliki tinggi sekitar 47 meter dan sekarang telah menjadi salah satu ikon pariwisata Jogja. Saat berkunjung ke Candi Prambanan, tidak lupa untuk mengambil foto di depan Candi Rara Jonggrang yang megah ini sebagai kenang-kenangan.

Selain Candi Rara Jonggrang, kompleks Candi Prambanan juga memiliki beberapa candi perwara. Candi perwara adalah candi yang berada di sekitar candi utama dan berfungsi sebagai tempat pemujaan atau sebagai tempat penunjang upacara keagamaan. Candi-candi perwara di Candi Prambanan ini juga memiliki arsitektur yang indah dan bernilai sejarah tinggi.

Selain mendapatkan pengalaman sejarah yang berharga, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar Candi Prambanan. Taman-taman yang rindang dan area pepohonan yang hijau menyediakan tempat yang nyaman untuk berjalan-jalan dan bersantai. Pengunjung juga dapat menyaksikan keajaiban matahari terbit atau terbenam di Candi Prambanan, yang pasti akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Jogja dengan Pengalaman Visual Terbaik menggunakan Monitor LG24GL600F

Candi Prambanan juga sering digunakan sebagai lokasi pertunjukan tari Ramayana. Pertunjukan ini menggambarkan kisah cinta dan peperangan dari kitab Ramayana melalui tarian tradisional Jawa. Menonton pertunjukan tari Ramayana di Candi Prambanan adalah pengalaman yang unik dan akan memperkaya pengetahuan serta pemahaman kita tentang budaya dan seni Jawa.

Bagi pengunjung yang ingin lebih memahami sejarah Candi Prambanan, terdapat juga museum yang menyimpan berbagai artefak dan informasi mengenai candi ini. Pengunjung dapat melihat berbagai benda peninggalan seperti relief batu, arca, dan ukiran yang ditemukan di sekitar Candi Prambanan.

Untuk mencapai Candi Prambanan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api. Dari pusat kota Jogja, dapat diakses dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit tergantung kondisi lalu lintas.

FAQ:

Q: Berapa biaya tiket masuk ke Candi Prambanan?
A: Untuk wisatawan domestik, tiket masuk ke Candi Prambanan adalah Rp30.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Sementara itu, untuk wisatawan asing, tiket masuk adalah Rp350.000 untuk dewasa dan Rp175.000 untuk anak-anak.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Prambanan?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Prambanan adalah ketika cuaca cerah dan terik. Mengingat candi ini terletak di luar ruangan, cuaca yang baik akan memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan candi dan alam di sekitarnya dengan lebih nyaman.

Q: Apakah perlu membawa makanan dan minuman saat berkunjung ke Candi Prambanan?
A: Meskipun terdapat beberapa warung makan dan kedai minum di sekitar Candi Prambanan, tetapi tidak ada salahnya membawa bekal sendiri saat berkunjung. Terutama jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di kompleks candi ini.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Jogja: Keindahannya Menakjubkan! - Tips & Tempat Wisata Terbaik

Q: Apakah diperbolehkan untuk mengambil foto di Candi Prambanan?
A: Ya, pengunjung diperbolehkan untuk mengambil foto di Candi Prambanan. Namun, ada beberapa batasan dan area yang tidak diperkenankan untuk difoto. Pastikan mengikuti peraturan dan panduan yang ada saat berada di kompleks candi.

Kesimpulan:

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja. Dengan keindahan arsitektur, nilai sejarah yang tinggi, dan keindahan alam di sekitarnya, tempat ini menyajikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mengunjungi museum dan menikmati pertunjukan tari Ramayana yang tersedia di Candi Prambanan. Siapkan itinerary Anda dan nikmati jelajah wisata Jogja yang mendebarkan!