#explorejogja photo today by  taken at Candi Ratu Boko....

Jelajah Keindahan Candi Ratu Boko di Jogja – Temukan Keajaiban Arkeologi di Jogjakarta

Jogja, atau yang lebih dikenal dengan Jogjakarta, adalah salah satu kota tujuan wisata populer di Indonesia. Terletak di Pulau Jawa, kota ini terkenal dengan keramahan penduduknya, kekayaan budayanya, dan keindahan alamnya. Jika Anda sedang merencanakan liburan di Jogja, ada banyak tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko merupakan salah satu tempat wisata arkeologi yang menakjubkan di Jogja. Terletak sekitar 19 kilometer sebelah timur laut kota, candi ini menawarkan panorama indah dan sejarah yang menarik. Candi Ratu Boko dikenal sebagai salah satu kompleks candi terbesar di Indonesia, dengan luas sekitar 16 hektar.

Sejarah Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan Kerajaan Mataram Kuno. Konon, candi ini merupakan tempat tinggal dari seorang raja berkasta tinggi di Kerajaan Mataram Kuno. Nama “Ratu Boko” sendiri berasal dari kata “Bhoga”, yang artinya makanan. Hal ini merujuk pada keberadaan tempat pemakaman raja atau kerajaan di kompleks candi ini.

Kompleks Candi Ratu Boko terdiri dari beberapa bangunan, seperti candi utama, pendapa, kolam, serta tembok dan pintu gerbang yang megah. Candi utama memiliki arsitektur yang menggabungkan elemen Hindu dan Buddha, mencerminkan perkembangan seni rupa pada masa itu. Di bagian dalam candi, terdapat beberapa relief yang menggambarkan adegan kehidupan pada zaman dahulu. Keindahan bangunan dan panorama alam di sekitarnya membuat Candi Ratu Boko menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik.

Aktivitas di Candi Ratu Boko

Ketika mengunjungi Candi Ratu Boko, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas menarik. Salah satunya adalah menyaksikan keindahan sunset dari puncak candi. Dengan latar belakang langit yang berubah menjadi oranye, cahaya matahari menghadap ke arah candi, menciptakan pemandangan yang spektakuler. Momen ini sangat direkomendasikan bagi para fotografer yang ingin mengambil gambar yang indah.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Candi dan Alam Jogja - Jelajah Wisata Jogja yang Menakjubkan!

Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi kompleks candi yang luas. Berjalan-jalan di sekitar candi, Anda akan merasakan suasana yang tenang dan damai. Anda dapat mengamati relief-relief yang menghiasi dinding candi, serta menikmati keindahan alam sekitarnya.

FAQ

1. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ratu Boko?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ratu Boko adalah antara bulan April hingga Oktober. Pada periode ini, cuaca di Jogja lebih kering dan tidak terlalu panas, membuat Anda nyaman saat menjelajah candi.

2. Bagaimana cara menuju ke Candi Ratu Boko?
Anda bisa menggunakan transportasi pribadi atau menggunakan jasa taksi untuk menuju Candi Ratu Boko. Dari pusat kota Jogja, perjalanan menuju candi memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung dari kondisi lalu lintas.

3. Apakah ada fasilitas di Candi Ratu Boko?
Di Candi Ratu Boko, terdapat fasilitas seperti tempat parkir, toilet, dan warung makan kecil. Namun, karena candi ini merupakan objek wisata arkeologi, fasilitas mungkin tidak sebanyak objek wisata lainnya.

4. Apakah ada tiket masuk untuk mengunjungi Candi Ratu Boko?
Ya, ada tiket masuk untuk mengunjungi Candi Ratu Boko. Harga tiketnya tergantung pada kewarganegaraan Anda. Untuk turis domestik, tiket masuknya sekitar Rp. 25.000,- sementara untuk turis asing, tiket masuknya sekitar Rp. 50.000,-

Kesimpulan

Candi Ratu Boko adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Dengan sejarah yang menarik, arsitektur yang indah, serta keindahan alam di sekitarnya, candi ini menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjungnya. Jika Anda sedang merencanakan perjalanan ke Jogja, jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk mengunjungi Candi Ratu Boko!