Batu Punggung Naga merupakan zona inti #CiletuhPalabuhanratuGeopark, lokasi dima...

Eksplorasi Wisata Sukabumi – Batu Punggung Naga di #CiletuhPalabuhanratuGeopark

Sukabumi adalah salah satu kota di Jawa Barat yang dikenal dengan keindahan alamnya. Terletak sekitar 120 km sebelah selatan Jakarta, Sukabumi memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang populer di Sukabumi adalah Batu Punggung Naga.

Batu Punggung Naga adalah salah satu zona inti dari Ciletuh-Palabuhanratu Geopark. Wilayah ini memiliki batuan purba yang berusia jutaan tahun dan menjadi objek peninjauan oleh tim UNESCO untuk dijadikan sebagai Unesco Global Geopark. Lokasinya yang menarik dan keindahan alamnya membuat Batu Punggung Naga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sukabumi.

Batu Punggung Naga terletak di Desa Surade, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Perjalanan menuju Batu Punggung Naga akan membuat Anda melewati jalan berkelok dan pemandangan alam yang mempesona. Sesampainya di tempat ini, Anda akan disambut dengan pemandangan tebing batu yang menakjubkan.

Salah satu daya tarik utama dari Batu Punggung Naga adalah formasi batu yang unik dan mirip dengan punggung naga. Formasi batu ini terbentuk secara alami akibat erosi dan pergeseran lempeng Bumi selama jutaan tahun. Dengan latar belakang lautan, pemandangan ini menciptakan panorama alam yang spektakuler.

Selain menikmati keindahan Batu Punggung Naga, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di sekitar area ini. Diantaranya adalah hiking, camping, dan menjelajahi alam sekitar. Terdapat juga beberapa air terjun di sekitar Batu Punggung Naga yang dapat Anda kunjungi, seperti Curug Cimarinjung dan Curug Sawer.

Untuk masuk ke area Batu Punggung Naga, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Tiket ini termasuk akses ke area wisata dan penggunaan fasilitas di sekitar Batu Punggung Naga. Selain itu, terdapat juga warung makan dan kios suvenir di sekitar tempat ini yang dapat Anda kunjungi.

BACA JUGA :  Wisata Sukabumi: Jelajahi Pesona Alam dan Kuliner Khasnya!

Penting untuk diingat bahwa saat berkunjung ke Batu Punggung Naga, Anda perlu menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Jangan membuang sampah sembarangan dan ikuti aturan yang berlaku di tempat ini. Selalu ingat untuk menghormati alam dan lingkungan sekitar.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Batu Punggung Naga?
A: Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk mencapai Batu Punggung Naga. Lokasinya terletak di Desa Surade, Kecamatan Ciemas, Sukabumi.

Q: Berapa harga tiket masuk ke Batu Punggung Naga?
A: Harga tiket masuk ke Batu Punggung Naga adalah Rp 10.000,- per orang.

Q: Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di sekitar Batu Punggung Naga?
A: Anda dapat melakukan hiking, camping, dan menjelajahi alam sekitar di sekitar Batu Punggung Naga. Terdapat juga beberapa air terjun yang dapat Anda kunjungi.

Conclusion:

Batu Punggung Naga di Sukabumi adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan penggemar petualangan. Lokasinya yang berada di dalam zona inti Ciletuh-Palabuhanratu Geopark membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dengan formasi batu yang unik dan pemandangan alam yang spektakuler, Batu Punggung Naga akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jadi, jika Anda sedang berencana untuk berlibur ke Sukabumi, jangan lupa untuk mengunjungi Batu Punggung Naga dan menikmati keindahan alamnya.