Kabar gembira nih dari  Buat kamu yang akan mudik ke daerah Jawa Barat, ruas tol...

Jelajah Wisata Sukabumi: Kabar Gembira untuk Para Wisatawan

Jelajah Wisata Sukabumi: Kabar Gembira untuk Para Wisatawan

Kabar gembira datang bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke daerah Jawa Barat, khususnya Sukabumi. Dalam upaya untuk meningkatkan konektivitas dan mempercepat waktu tempuh antara Bogor dan Sukabumi, ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) akan dibuka secara fungsional tanpa tarif mulai Jumat, 8 Juni 2018, hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1439 pada 24 Juni 2018.

Selama periode fungsional ini, akan ada tiga pintu tol yang telah disiapkan, yaitu di pintu Tol Ciawi, kilometer 6+300 Cimande/Caringin, dan kilometer 15+300 Cijeruk/Cigombong. Jika terjadi kemacetan panjang di pintu tol Cigombong, maka pintu tol Caringin akan dibuka sebagai antisipasi.

Dengan dibukanya ruas tol Bocimi ini, diharapkan dapat memangkas waktu dan jarak tempuh antara Bogor dan Sukabumi, yang sebelumnya memakan waktu sekitar 5 jam apabila melalui jalan arteri, menjadi hanya 1-2 jam saja. Dengan konektivitas yang semakin lancar, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Sukabumi, serta memberikan dukungan bagi kawasan wisata di selatan Jawa seperti Pelabuhan Ratu.

Jelajah Tempat Wisata Sukabumi

Sukabumi memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke Sukabumi:

1. Curug Cibeureum
Curug Cibeureum adalah air terjun yang terletak di kawasan Gunung Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki panorama yang indah dan menyegarkan. Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar, bersantai di bawah rindangnya pohon-pohon, atau berenang di kolam alami di bawah air terjun.

2. Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu adalah salah satu pantai terkenal di Sukabumi yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini juga merupakan pusat olahraga air seperti selancar. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam yang memukau di Pantai Pelabuhan Ratu.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Wisata Bandung - Kawah Putih, Farmhouse Lembang, dan Lezatnya Kuliner Khas

3. Gunung Gede Pangrango
Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Sukabumi tanpa mendaki Gunung Gede Pangrango. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan keindahan hutan yang belum tersentuh. Anda juga dapat melihat flora dan fauna endemik yang langka di sana.

4. Situ Gunung
Situ Gunung adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Danau ini menawarkan suasana yang tenang dan damai serta pemandangan yang indah. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berperahu, memancing, atau hanya duduk santai sambil menikmati pemandangan.

5. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas adalah tempat yang sempurna untuk para pecinta alam. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam flora dan fauna yang langka. Jalan-jalan di antara tumbuhan hijau yang rimbun dan menikmati udara segar merupakan pengalaman yang tak terlupakan di Kebun Raya Cibodas.

6. Batu Hiu
Batu Hiu adalah formasi batuan di tepi pantai yang memiliki bentuk menyerupai hiu. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan, terutama para pecinta fotografi. Lokasinya yang menakjubkan membuat Batu Hiu menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto dan menikmati pemandangan laut.

7. Taman Wisata Alam Gunung Kunci
Taman Wisata Alam Gunung Kunci adalah tempat wisata yang cocok bagi pecinta alam dan pendaki. Di sini, Anda dapat mencoba berbagai jenis kegiatan seperti camping, trekking, dan bersepeda. Pemandangan indah dari puncak Gunung Kunci akan menjadi hadiah indah untuk perjalanan Anda.

FAQ:

1. Apakah tarif tol Bocimi masih gratis setelah periode fungsional?
Ya, tarif tol Bocimi masih gratis setelah periode fungsional.

2. Berapa lama waktu tempuh dari Bogor ke Sukabumi melalui tol Bocimi?
Waktu tempuh dari Bogor ke Sukabumi melalui tol Bocimi sekitar 1-2 jam.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Terbaik di Bandung dan Nikmati Kuliner Khasnya

3. Apa saja pintu tol yang ada di tol Bocimi?
Ada tiga pintu tol yang ada di tol Bocimi, yaitu pintu Tol Ciawi, Caringin, dan Cigombong.

4. Apa saja tempat wisata yang bisa dikunjungi di Sukabumi?
Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Sukabumi adalah Curug Cibeureum, Pantai Pelabuhan Ratu, Gunung Gede Pangrango, Situ Gunung, Kebun Raya Cibodas, Batu Hiu, dan Taman Wisata Alam Gunung Kunci.

5. Apakah ada sarana akomodasi di sekitar tempat wisata di Sukabumi?
Ya, di sekitar tempat wisata di Sukabumi terdapat berbagai macam pilihan akomodasi seperti hotel, villa, homestay, dan penginapan lainnya.

Kesimpulan:
Dengan dibukanya ruas tol Bocimi, wisatawan kini dapat dengan mudah menjelajahi tempat-tempat wisata di Sukabumi. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, bermain air di pantai, mendaki gunung, atau sekadar bersantai di kebun raya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Sukabumi dan menjadikan liburan Anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan.