"Procession rice entering into "Leuit" at the time of harvest ceremony locally k...

Eksplorasi Wisata Sukabumi – “Prosesi masuknya padi ke dalam Leuit pada upacara panen lokal di Desa Kasepuhan Ciptagelar”

Sukabumi adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, termasuk pegunungan yang hijau, air terjun yang spektakuler, dan sumber air panas alami yang mengagumkan. Salah satu tempat wisata terpopuler di Sukabumi adalah Kasepuhan Ciptagelar, sebuah desa tradisional yang mempertahankan budaya dan adat istiadat Sunda.

Desa Kasepuhan Ciptagelar terletak di kawasan Gunung Halimun Salak, yang merupakan salah satu taman nasional di Indonesia. Desa ini dikenal karena upacaranya yang disebut “Seren Taun”, yang merupakan festival panen padi tahunan yang dirayakan oleh masyarakat setempat. Upacara ini diadakan untuk memperingati tahun pertanian baru dalam kalender kuno Sunda dan memberikan ucapan syukur kepada Tuhan atas panen selama satu tahun, serta berdoa untuk panen berikutnya yang sukses.

Salah satu momen paling istimewa dalam Seren Taun adalah prosesi masuknya padi ke dalam “Leuit”. Leuit adalah tempat penyimpanan padi tradisional yang terbuat dari bambu. Prosesi ini melibatkan seluruh masyarakat desa yang mengenakan pakaian adat Sunda dan membawa tangkai padi menuju Leuit. Mereka kemudian mengumpulkan padi dan meletakkannya dengan hati-hati di dalam Leuit sambil bernyanyi dan menari.

Acara Seren Taun juga dilengkapi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti tarian tradisional Sunda dan musik gamelan. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati makanan khas Sunda yang lezat dan melakukan aktivitas seperti trekking atau mengunjungi air terjun di sekitar desa. Kasepuhan Ciptagelar juga memiliki penginapan yang sederhana namun nyaman bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di desa ini.

FAQ:

1. Apa yang membuat Seren Taun di Sukabumi begitu istimewa?
Seren Taun adalah festival panen padi tahunan yang dirayakan oleh masyarakat desa Kasepuhan Ciptagelar di Sukabumi. Upacara ini adalah bagian dari budaya dan tradisi Sunda yang kaya, dan merupakan kesempatan bagi masyarakat setempat untuk berkumpul bersama, berdoa, dan berterima kasih kepada Tuhan atas panen yang baik selama satu tahun.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Sukabumi: Tempat Wisata Menarik dengan Keindahan Alam dan Pantai yang Memukau

2. Apa yang bisa saya lakukan selama mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar?
Selama mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar, Anda dapat menyaksikan prosesi Seren Taun, menikmati pertunjukan seni dan budaya seperti tari tradisional Sunda dan musik gamelan, mencoba makanan khas Sunda yang lezat, melakukan trekking di sekitar desa, atau mengunjungi air terjun yang indah.

3. Bagaimana cara menuju Kasepuhan Ciptagelar dari pusat kota Sukabumi?
Anda dapat mencapai Kasepuhan Ciptagelar dari pusat kota Sukabumi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum seperti bus atau taksi. Perjalanan akan memakan waktu sekitar satu hingga dua jam tergantung kondisi lalu lintas.

4. Apakah ada akomodasi di Kasepuhan Ciptagelar?
Ya, di Kasepuhan Ciptagelar terdapat penginapan yang sederhana namun nyaman bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di desa ini. Anda dapat menginap di salah satu homestay yang disediakan oleh masyarakat setempat.

5. Apa lagi yang bisa saya jelajahi di Sukabumi selain Kasepuhan Ciptagelar?
Sukabumi memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Pantai Pelabuhan Ratu, Air Terjun Curug Cikaso, dan masih banyak lagi. Anda dapat menjelajahi keindahan alam dan kekayaan budaya Sukabumi selama mengunjungi kota ini.

Kesimpulan:

Kasepuhan Ciptagelar di Sukabumi adalah tempat wisata yang menarik karena memperkenalkan wisatawan pada budaya dan adat istiadat Sunda yang kaya. Seren Taun, festival panen padi tahunan yang diadakan di desa ini, adalah momen istimewa di mana wisatawan dapat menyaksikan prosesi unik masuknya padi ke dalam Leuit. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya, makanan khas Sunda, dan keindahan alam sekitar desa. Jadi, jika Anda ingin menikmati pengalaman wisata yang berbeda di Sukabumi, jangan lewatkan Kasepuhan Ciptagelar.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam dan Kuliner Khas di Glamping Legok Kondang Lodge, Bandung