Menghabiskan liburan di Bali tak hanya harus menikmati keindahan pantainya, mela...

Menghabiskan liburan di Bali tak hanya harus menikmati keindahan pantainya, mela…

Menghabiskan liburan di Bali tak hanya harus menikmati keindahan pantainya, melainkan masih banyak hal unik lain di dalamnya. Salah satunya adalah mengunjungi tempat-tempat religius yang kental dengan nuansa tradisional. Sebagai daerah yang mayoritasnya menganut agama Hindu, Bali memiliki banyak bangunan pura megah nan indah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu pura yang sangat terkenal adalah Pura Tirta Empul.

Pura Tirta Empul terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini sempat didatangi oleh mantan Presiden Amerika, Barack Obama, beserta keluarganya. Kedatangan mereka ke pura ini mencuri perhatian para turis yang sedang menikmati liburan di Bali. Nama Tirta Empul sendiri memiliki arti air yang menyembur dari dalam tanah.

Pura Tirta Empul terkenal dengan dua kolam air berbentuk persegi panjang yang berada di tengah kompleks pura. Kolam-kolam ini merupakan tempat pelepasan dosa dan penyucian diri bagi umat Hindu yang datang untuk bersembahyang. Terdapat 30 pancuran air dengan nama yang berbeda-beda di sekitar kolam-kolam ini. Para pengunjung dapat menggunakan pancuran ini untuk melakukan ritual penyucian.

Jika Anda berkunjung ke Pura Tirta Empul, sangat disarankan untuk menggunakan kamen, yaitu semacam sarung adat khas Bali, yang biasa dikenakan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Hal ini penting untuk menghormati adat istiadat dan kepercayaan masyarakat setempat. Selain itu, setelah keluar dari pura, jangan lupa untuk berbelanja pernak-pernik sebagai buah tangan yang antik dan unik.

FAQ:
1. Apa keunikan Pura Tirta Empul?
Pura Tirta Empul terkenal karena memiliki dua kolam air yang digunakan untuk pelepasan dosa dan penyucian diri. Kolam-kolam ini memiliki 30 pancuran air dengan nama yang berbeda-beda.

BACA JUGA :  Liburan di Lombok: Keindahan Pantai Goang Sari yang Menakjubkan

2. Bagaimana cara mengunjungi Pura Tirta Empul?
Pura Tirta Empul terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa tur lokal.

3. Apakah diperlukan dress code saat mengunjungi Pura Tirta Empul?
Ya, sangat disarankan untuk menggunakan kamen, yaitu sarung adat khas Bali, saat berada di dalam pura untuk menghormati adat istiadat dan kepercayaan masyarakat setempat.

4. Apa yang bisa dibeli sebagai buah tangan di sekitar Pura Tirta Empul?
Di sekitar Pura Tirta Empul, terdapat banyak toko yang menjual pernak-pernik Bali yang antik dan unik. Anda dapat membeli berbagai macam souvenir seperti patung-patung kayu, lukisan, kain songket, hingga perhiasan tradisional.

5. Apakah ada jam operasional yang harus diperhatikan?
Pura Tirta Empul buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Namun, sangat disarankan untuk datang pada pagi hari agar bisa menghindari keramaian dan menikmati suasana yang lebih tenang.

Conclusion:
Pura Tirta Empul merupakan salah satu tempat religius yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Bali. Keindahan pura ini terletak pada dua kolam air yang digunakan untuk pelepasan dosa dan penyucian diri. Terdapat juga banyak pancuran air yang bisa digunakan oleh pengunjung. Jangan lupa untuk menghormati adat istiadat setempat dengan menggunakan kamen ketika berada di dalam pura. Selain itu, di sekitar pura juga terdapat banyak toko yang menjual pernak-pernik Bali yang antik dan unik sebagai buah tangan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pura Tirta Empul saat berlibur di Bali.