Road to the top. -
-
Photo by  taken at Geopark Ciletuh
#exploresukabumi...

Jelajah Wisata Sukabumi – Road to the top di Geopark Ciletuh

Sukabumi adalah salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan keindahan alam, dengan beragam objek wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang sangat populer di Sukabumi adalah Geopark Ciletuh. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler, dengan formasi batuan yang unik dan air terjun yang indah.

Geopark Ciletuh terletak di kecamatan Ciemas, Sukabumi. Tempat ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, yang menjadi salah satu geopark nasional di Indonesia. Geopark ini memiliki luas sekitar 136.000 hektar, dan memperlihatkan keindahan alam yang luar biasa.

Salah satu daya tarik utama dari Geopark Ciletuh adalah formasi batuan yang unik. Batuan di sini terbentuk oleh pengendapan sedimen laut jutaan tahun yang lalu, sehingga membentuk bentuk-bentuk yang menarik dan indah. Bebatuan ini juga memiliki warna-warna yang beragam, seperti merah, cokelat, dan abu-abu, yang semakin menambah keindahannya.

Selain formasi batuan, Geopark Ciletuh juga memiliki banyak air terjun yang menakjubkan. Salah satu air terjun yang paling populer adalah Curug Cimarinjung. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter, dan airnya jernih dan segar. Pengunjung dapat memanjakan diri dengan berendam di bawah air terjun atau hanya menikmati keindahannya dari kejauhan.

Selain itu, Geopark Ciletuh juga memiliki hamparan pantai yang indah. Pantai-pantai di sini memiliki pasir putih yang lembut dan laut yang jernih. Pengunjung dapat bersantai di pantai, berenang, atau melakukan kegiatan air lainnya seperti selancar. Salah satu pantai yang populer di Geopark Ciletuh adalah Pantai Palangpang, yang merupakan pantai berbatu dengan air yang tenang.

Selain Geopark Ciletuh, Sukabumi juga memiliki tempat wisata lainnya yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah Kebun Teh Walini. Kebun teh ini terletak di kawasan Puncak, Sukabumi, dan menawarkan pemandangan indah perkebunan teh yang hijau. Pengunjung dapat berjalan-jalan di antara kebun teh, menikmati udara segar, dan melihat proses pengolahan teh.

BACA JUGA :  Temukan Keindahan Alam Sukabumi dan Kunjungi Destinasi Wisata Terbaik di Kota Ini!

Selain itu, Sukabumi juga memiliki wisata alam lainnya seperti Gunung Gede Pangrango. Gunung ini terletak di perbatasan antara Sukabumi dan Bogor, dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Pendaki dapat menikmati pemandangan indah dari puncak gunung, serta menjelajahi hutan yang masih alami.

Tidak hanya itu, Sukabumi juga memiliki banyak wisata sejarah dan budaya. Salah satunya adalah Situs Batu Tulis, yang merupakan situs prasejarah yang berisi gambar-gambar batu yang diperkirakan berasal dari zaman megalitikum. Situs ini memberikan pandangan tentang kehidupan manusia purba dan sejarah awal masyarakat di daerah ini.

Selain Geopark Ciletuh dan tempat-tempat wisata lainnya, Sukabumi juga terkenal dengan kuliner khasnya. Salah satu makanan yang wajib dicoba di sini adalah nasi liwet Sukabumi. Nasi liwet ini merupakan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas, disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan sayuran. Selain itu, Sukabumi juga memiliki makanan ringan khas seperti oncom crispy dan keripik tempe.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju Geopark Ciletuh di Sukabumi?
Untuk menuju Geopark Ciletuh, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, minibus, atau angkutan kota dari Sukabumi ke Ciletuh. Setelah itu, pengunjung perlu berjalan kaki atau menyewa ojek untuk mencapai Geopark Ciletuh.

2. Apakah Geopark Ciletuh ramah bagi anak-anak?
Ya, Geopark Ciletuh ramah bagi anak-anak. Di sini, anak-anak dapat menikmati berbagai kegiatan seperti bermain air di air terjun atau bermain di pantai. Namun, pengawasan orang tua tetap diperlukan untuk memastikan keselamatan mereka.

3. Apakah ada penginapan di sekitar Geopark Ciletuh?
Ya, ada beberapa penginapan di sekitar Geopark Ciletuh. Pengunjung dapat memilih dari berbagai jenis akomodasi seperti hotel, villa, atau penginapan sederhana. Disarankan untuk memesan penginapan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Geopark Ciletuh.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Sukabumi - Taman Cikondang, Surga Wisata Baru di Kota!

4. Apakah ada biaya masuk ke Geopark Ciletuh?
Ya, ada biaya masuk ke Geopark Ciletuh. Biaya masuk ini berguna untuk pemeliharaan dan pengembangan kawasan. Untuk harga tiket masuk, pengunjung dapat menghubungi pihak pengelola Geopark Ciletuh.

Kesimpulan:
Sukabumi adalah destinasi wisata yang menawan di Indonesia, terutama dengan keberadaan Geopark Ciletuh yang spektakuler. Pengunjung dapat menikmati keindahan formasi batuan yang unik serta air terjun dan pantai yang menakjubkan. Di samping itu, Sukabumi juga menawarkan berbagai tempat wisata lain seperti Kebun Teh Walini dan Gunung Gede Pangrango. Tidak hanya itu, kuliner khas Sukabumi juga tidak boleh dilewatkan. Planing perjalanan ke Sukabumi? Bagikan pengalaman dan pengetahuan kamu di kolom komentar di bawah ini!