Keris adalah senjata tikam (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) denga...

Keris adalah senjata tikam (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) denga…


Keris adalah senjata tikam berujung runcing dan tajam pada kedua - Keris adalah senjata tikam (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) denga...

Keris adalah senjata tikam (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara.

Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah.
Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian.
Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Di Desa Aeng Tong Tong, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah memiliki lebih dari 800 Empu (pandai besi) keris disini. Dan kabupaten Sumenep telah dinobatkan sebagai kota keris di Indonesia.

Dan keris sebagai pusaka Indonesia telah mendapat pengakuan oleh UNESCO (United Nation Educational Scentific and Cultural Organization) sebagai warisan budaya dunia memiliki nilai filosofis yang tinggi.
__________________________________
#pesonaindonesia #pesonasumenep #keris #jawatimur

Nikmati inspirasi Wisata Indonesia hari ini di Liburdulu.com! –

BACA JUGA :  Siapa yang tak mengenal Raja Ampat, surga kecil di ujung timur Indonesia. Keinda...