Mau ngerasain sensasi memasuki negeri dongeng? Bertandang saja ke Banyuwangi, ad...

Jelajahi Kecantikan Hutan De Djawatan di Banyuwangi, Destinasi Wisata Negeri Dongeng

Mau ngerasain sensasi memasuki negeri dongeng? Bertandang saja ke Banyuwangi, ada Hutan De Djawatan yang siap memanjakan mata dan imajinasi kita dengan kelebatan vegetasinya. Mata berbinar saat melewati gerbang masuk, tidak hanya karena melihat pohon-pohon trembesi tua berukuran besar, tapi karena paku-pakuan yang tumbuh di pepohonan itu membuatnya terlihat makin unik dan cantik.

Banyuwangi memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat. Selain Pantai Pulau Merah dan Kawah Ijen, Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata yang bisa membawa kita masuk ke dalam negeri dongeng, seperti Hutan De Djawatan. Di sini, kita akan mendapatkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

## Keajaiban Hutan De Djawatan

Hutan De Djawatan terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Nama De Djawatan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “terjepit”. Nama ini dipilih karena hutan ini terletak di antara perbukitan dan pegunungan yang memberikan sensasi seperti terjepit di tengah alam yang menakjubkan.

Saat pertama kali memasuki Hutan De Djawatan, mata kita akan langsung dimanjakan oleh kelebatan vegetasi yang memenuhi seluruh area hutan. Ada berbagai jenis pohon besar dan rindang seperti trembesi, bambu, dan pohon-pohon eksotis lainnya. Selain itu, ada juga tanaman paku-pakuan yang tumbuh di pepohonan, memberikan kesan yang lebih eksotis pada hutan ini.

Keunikan lain dari Hutan De Djawatan adalah adanya jembatan-jembatan kayu yang menghubungkan satu pohon dengan pohon lainnya. Jembatan kayu ini memberikan akses keliling hutan, sehingga kita dapat menikmati pesona alamnya secara lebih dekat. Melewati jembatan-jembatan ini juga akan memberikan pengalaman eksklusif karena kita dapat melihat pemandangan yang indah dari ketinggian.

Selain itu, di dalam Hutan De Djawatan juga terdapat air terjun yang menjadi daya tarik utama. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 15 meter, dengan debit air yang melimpah pada musim hujan. Kicauan burung-burung dan suara gemericik air terjun akan menemani kita saat menikmati keindahan alam di sekitar Hutan De Djawatan.

BACA JUGA :  Gunung Andong di Magelang: Pemandangan Indah Nan Menakjubkan

## Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Hutan De Djawatan

Selain menikmati keindahan alam, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Hutan De Djawatan. Salah satunya adalah hiking atau trekking. Kita bisa menjelajahi hutan ini dengan berjalan kaki melewati jembatan-jembatan kayu dan jalur-jalur yang telah disediakan. Hiking ini sangat cocok untuk para pecinta alam yang ingin merasakan petualangan menyusuri alam liar dan menghirup udara segar yang masih terjaga keasliannya.

Selain itu, di hutan ini juga terdapat area perkemahan yang bisa digunakan untuk beristirahat sembari menikmati alam. Area perkemahan ini cocok untuk mengadakan kegiatan seperti gathering keluarga atau berkemah bersama teman-teman. Menikmati malam di Hutan De Djawatan akan memberikan pengalaman yang berbeda, terutama ketika langit malam dipenuhi oleh gemerlap bintang.

Jika kita ingin belajar tentang flora dan fauna di hutan ini, ada juga program edukasi yang bisa diikuti. Program ini akan memberikan informasi mengenai berbagai jenis tanaman yang ada di hutan ini, serta mengenal beberapa satwa liar yang hidup di sekitar hutan. Ini merupakan pengalaman yang menarik untuk memperdalam pengetahuan kita tentang alam secara langsung.

## Akses dan Fasilitas

Untuk mencapai Hutan De Djawatan, kita perlu menuju ke Desa Sumberagung, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi, kita bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau ojek menuju ke desa ini. Jarak dari pusat kota ke Hutan De Djawatan sekitar 20 kilometer.

Di dekat area Hutan De Djawatan, terdapat tempat parkir yang luas untuk kendaraan pribadi maupun umum. Setelah memarkir kendaraan, kita akan melewati gerbang masuk yang menjadi pintu gerbang ke dunia dongeng. Tiket masuk ke Hutan De Djawatan memiliki harga yang terjangkau, serta terdapat pilihan tiket untuk anak-anak dan dewasa.

BACA JUGA :  Candi Borobudur: Destinasi Wisata Terkenal di Magelang

Di dalam area hutan, terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Terdapat area istirahat yang dilengkapi dengan meja, kursi, dan pohon-pohon rindang yang memberikan keteduhan. Fasilitas toilet juga tersedia di area ini.

## FAQ tentang Hutan De Djawatan

1. Apa yang membuat Hutan De Djawatan unik?

Hutan De Djawatan memiliki keunikan yaitu adanya paku-pakuan yang tumbuh di pepohonan, memberikan kesan eksotis pada hutan ini. Selain itu, jembatan-jembatan kayu dan air terjun di dalam hutan juga menambah keindahan alam yang ditawarkan.

2. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Hutan De Djawatan?

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Hutan De Djawatan antara lain hiking, camping, dan mengikuti program edukasi tentang flora dan fauna di hutan ini.

3. Bagaimana cara menuju ke Hutan De Djawatan?

Untuk menuju ke Hutan De Djawatan, kita perlu menuju ke Desa Sumberagung, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi, kita bisa menggunakan angkutan umum atau ojek menuju desa ini.

4. Apakah ada fasilitas di Hutan De Djawatan?

Di dalam area hutan, terdapat fasilitas berupa area istirahat yang dilengkapi dengan meja dan kursi, serta fasilitas toilet.

## Kesimpulan

Banyuwangi memiliki berbagai destinasi wisata alam yang memukau, salah satunya adalah Hutan De Djawatan. Di sini, kita dapat merasakan sensasi masuk ke dalam negeri dongeng dengan kelebatan vegetasi dan keindahan alam yang menakjubkan. Dengan adanya jembatan-jembatan kayu dan air terjun, kita dapat menikmati pesona alam ini secara lebih dekat. Ada juga berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di hutan ini, seperti hiking, camping, dan mengikuti program edukasi tentang alam. Jadi, jika berkunjung ke Banyuwangi, jangan lewatkan untuk bertandang ke Hutan De Djawatan dan rasakan sensasi masuk ke dalam dunia dongeng.

BACA JUGA :  Nikmati Keindahan Sejarah dan Alam di Borobudur, Situs Bersejarah Terkenal di Indonesia