Mengunjungi Komplek Candi Terbesar di Jawa Timur.
.
.
Candi Penataran merupakan ...

Mengunjungi Komplek Candi Terbesar di Jawa Timur. . . Candi Penataran merupakan …

Mengunjungi Komplek Candi Terbesar di Jawa Timur

Candi Penataran merupakan salah satu candi terbesar di Jawa Timur. Candi ini merupakan sebuah candi berlatar belakang Hindu yang telah ada sejak zaman kerajaan Kediri dan digunakan hingga era kerajaan Majapahit. Terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, candi ini memiliki ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut, tepatnya berada di desa Panataran, kecamatan Nglegok, Blitar.

Candi Penataran juga dikenal dengan nama Candi Palah yang disebut dalam prasasti Palah. Candi ini dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra) yang memiliki gelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Çrengalancana Digwijayottungadewa. Raja Çrnga memerintah kerajaan Kediri antara tahun 1190 hingga 1200. Candi Palah atau Candi Penataran dibangun sebagai candi gunung yang digunakan untuk upacara pemujaan guna menetralisir atau menghindari bahaya yang disebabkan oleh Gunung Kelud yang sering meletus.

Komplek candi ini memiliki arsitektur yang megah dan indah, dengan ukiran-ukiran yang sangat halus dan detil. Terdapat banyak candi kecil dan patung yang tersebar di kompleks ini. Candi Penataran juga memiliki kolam mata air di belakangnya, yang konon digunakan sebagai tempat pemandian putri raja. Menurut mitos, pengunjung dapat melemparkan koin ke kolam ini sambil membelakangi kolam, sambil berdoa agar hajatnya terkabul.

Selain kompleks candi yang indah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar kompleks candi. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Kelud memberikan panorama yang spektakuler. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, seperti hamparan perkebunan dan pegunungan yang hijau.

Selain itu, di sekitar Candi Penataran juga terdapat berbagai fasilitas pendukung wisata. Terdapat area parkir yang luas, toilet umum, dan warung makan. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Blitar di sekitar kompleks candi.

BACA JUGA :  Menjaga Kebersihan dan Kelestarian Gunung Rinjani: Tips dan Informasi

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Candi Penataran:

FAQ

1. Apa jam operasional Candi Penataran?
Candi Penataran buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

2. Berapa harga tiket masuk ke Candi Penataran?
Harga tiket masuk ke Candi Penataran adalah Rp 10.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

3. Apakah ada parkir di Candi Penataran?
Ya, terdapat area parkir yang luas di sekitar Candi Penataran. Parkir kendaraan akan dikenakan biaya parkir yang tergantung pada jenis kendaraan.

4. Apakah ada fasilitas makan di sekitar Candi Penataran?
Ya, terdapat beberapa warung makan di sekitar kompleks Candi Penataran yang menyajikan makanan lokal.

5. Apakah ada penginapan di sekitar Candi Penataran?
Ya, terdapat beberapa penginapan di sekitar Candi Penataran. Pengunjung dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

6. Apakah ada tour guide di Candi Penataran?
Ya, pengunjung dapat menyewa jasa tour guide di Candi Penataran. Tour guide akan membantu memberikan informasi dan penjelasan tentang sejarah dan keindahan candi.

7. Apakah ada toilet umum di Candi Penataran?
Ya, terdapat toilet umum di sekitar Candi Penataran yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Kesimpulan

Candi Penataran merupakan kompleks candi terbesar di Jawa Timur yang memiliki sejarah yang kaya. Dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Çrnga dari kerajaan Kediri, candi ini menjadi salah satu situs bersejarah yang terkenal di Indonesia. Dengan arsitektur yang megah dan indah, kompleks candi ini menawarkan pengalaman wisata yang menarik bagi pengunjung.

Selain keindahan candi dan kolam mata airnya, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar candi, termasuk pemandangan pegunungan yang hijau dan perkebunan yang luas. Terdapat juga berbagai fasilitas pendukung wisata, seperti area parkir, toilet umum, dan warung makan.

BACA JUGA :  Bukit Asah, Karang Asem-Bali: Destinasi Wisata Baru dengan Pemandangan Spektakuler

Jika Anda berencana mengunjungi Jawa Timur, jangan lewatkan untuk mengunjungi kompleks candi yang megah ini. Candi Penataran akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan dan menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang sejarah dan budaya Indonesia.