Namanya Tari Lahbako berasal dari Jember, Jawa Timur. Terdiri dari dua kata, Lah...

Namanya Tari Lahbako berasal dari Jember, Jawa Timur. Terdiri dari dua kata, Lah…

Tari Lahbako: Menghargai Peran Perempuan dalam Industri Tembakau di Jember, Jawa Timur

Tari adalah salah satu bentuk seni yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan ekspresi budaya suatu daerah. Di Indonesia, terdapat berbagai macam jenis tari yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Tari Lahbako yang berasal dari Jember, Jawa Timur.

Tari Lahbako memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Terdiri dari dua kata, yaitu “Lah” dan “Bako”. Kata “Lah” sendiri merupakan penggalan kata “olah” yang memiliki arti mengolah atau memproses. Sedangkan “Bako” merupakan konotasi dari kata tembakau. Hal ini menggambarkan bahwa tari ini diciptakan untuk memberikan penghargaan kepada peran perempuan dalam industri tembakau di Jember.

Jember merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbaik dan terbesar di Indonesia, serta menjadi salah satu mata pencaharian utama masyarakat setempat. Dalam industri tembakau ini, sebagian besar proses pengolahan produksi tembakau dilakukan oleh para perempuan. Oleh karena itu, Tari Lahbako dirancang sebagai bentuk apresiasi kepada mereka.

Tari Lahbako sendiri memiliki gerakan yang khas dan menggambarkan aktivitas dalam industri tembakau. Gerakan-gerakan dalam tari ini terinspirasi dari proses penanaman, panen, pengeringan, hingga proses pengolahan tembakau menjadi produk jadi. Dalam penampilan tari ini, para penari menggunakan pakaian tradisional Jawa Timur yang berseni tinggi dan dihiasi dengan motif tembakau sebagai simbol kesetiaan kepada industri ini.

Tari Lahbako juga sering dipertunjukkan dalam acara perayaan lokal di Jember, seperti festival budaya dan acara keagamaan. Selain itu, juga bisa ditemui dalam pagelaran seni di tingkat nasional dan internasional. Tari ini telah menjadi lambang kebanggaan masyarakat Jember dan mendapat apresiasi dari banyak orang.

FAQ tentang Tari Lahbako:

BACA JUGA :  Keindahan Alam Indonesia yang Menakjubkan: Destinasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi

1. Apa tujuan dari Tari Lahbako?
Tari Lahbako diciptakan untuk memberikan penghargaan kepada peran perempuan dalam industri tembakau di Jember, Jawa Timur.

2. Bagaimana gerakan dalam Tari Lahbako?
Gerakan-gerakan dalam Tari Lahbako terinspirasi dari proses penanaman, panen, pengeringan, hingga proses pengolahan tembakau menjadi produk jadi.

3. Apakah Tari Lahbako sering dipertunjukkan dalam acara lokal?
Ya, Tari Lahbako sering dipertunjukkan dalam acara perayaan lokal di Jember, seperti festival budaya dan acara keagamaan.

4. Apakah Tari Lahbako juga tampil dalam acara nasional dan internasional?
Ya, Tari Lahbako juga bisa ditemui dalam pagelaran seni di tingkat nasional dan internasional.

5. Apakah pakaian dalam Tari Lahbako memiliki makna khusus?
Ya, pakaian dalam Tari Lahbako menggunakan pakaian tradisional Jawa Timur yang berseni tinggi dan dihiasi dengan motif tembakau sebagai simbol kesetiaan kepada industri ini.

Kesimpulan:
Tari Lahbako adalah salah satu bentuk tarian yang menghargai peran perempuan dalam industri tembakau di Jember, Jawa Timur. Tari ini menggambarkan proses pengolahan tembakau dari penanaman hingga menjadi produk jadi. Dalam penampilannya, Tari Lahbako menggunakan pakaian tradisional Jawa Timur yang dihiasi dengan motif tembakau. Tari ini sering dipertunjukkan dalam acara lokal maupun nasional sebagai lambang kebanggaan masyarakat Jember. Tari Lahbako adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang patut untuk diapresiasi dan dilestarikan.