Pagelaran tari kolosal Banyuwangi, Gandrung Sewu siap digelar pada akhir pekan d...

Pagelaran Tari Kolosal Gandrung Sewu: Keindahan Budaya Banyuwangi di Pantai Marina Boom

Pagelaran tari kolosal Banyuwangi, Gandrung Sewu siap digelar pada akhir pekan depan. Tepatnya Sabtu, 12 Oktober 2019. Ribuan penari Gandrung dari berbagai usia dengan busana yang menyala, akan menampilkan keindahan gerak tari khas Banyuwangi tersebut di bibir Pantai Marina Boom. Pastinya, event akan menjadi pemandangan yang eksotis.

Festival kesenian rakyat ini menyajikan tarian yang dibalut dalam sendratari yang berkisah tentang perjuangan heroik rakyat Blambangan melawan kolonial. Lebih dari 1.000 (sewu – bahasa setempat) penari Gandrung akan menari dengan latar pemandangan Selat Bali.

Pengin dibuat terpukau oleh para penari Gandrung ini? Datang saja ke Banyuwangi!

Banyuwangi terkenal dengan kekayaan budayanya yang kental. Salah satu tradisi budaya yang masih dilestarikan di Banyuwangi adalah tari Gandrung. Tarian ini merupakan tarian tradisional yang berasal dari Banyuwangi dan memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat setempat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Banyuwangi sering dijuluki sebagai “Kota Gandrung”.

Tari Gandrung memiliki ciri khas dalam gerakan yang enerjik dan lincah. Tarian ini biasanya dilakukan oleh sekelompok remaja putri dengan kostum yang indah dan berwarna-warni. Melalui gerakan tari yang dinamis, para penari mampu mengungkapkan kegembiraan dan keceriaan mereka.

Pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu adalah salah satu acara terbesar yang diadakan setiap tahun di Banyuwangi. Acara ini memiliki tujuan untuk mempromosikan dan melestarikan budaya Gandrung kepada masyarakat luas. Selain itu, pagelaran tari ini juga menjadi ajang untuk mengenalkan pariwisata Banyuwangi kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pagelaran tari kolosal ini dianggap sebagai simbol kebersamaan dan kekompakan masyarakat Banyuwangi. Ribuan penari Gandrung dari berbagai latar belakang dan usia bersatu dalam satu panggung untuk menyajikan pertunjukan tari yang luar biasa. Dalam setiap gerakan tari, mereka mampu menyampaikan cerita sejarah dan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam tari Gandrung.

BACA JUGA :  Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing memiliki beberapa mitos dari yang unik hingga ...

Tidak hanya itu, pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu juga menjadi daya tarik wisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. Wisatawan akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan menyaksikan ribuan penari Gandrung bergerak seiring dengan alunan musik yang menghentak. Mereka juga dapat menikmati keindahan Pantai Marina Boom dan panorama Selat Bali yang menjadi latar belakang dari pertunjukan tari.

Selain menyaksikan pertunjukan tari Gandrung, wisatawan juga bisa menikmati beragam kuliner khas Banyuwangi yang lezat. Banyuwangi terkenal dengan makanan tradisionalnya yang kaya akan rempah-rempah. Beberapa makanan khas yang patut dicoba adalah nasi tempong, pecel, jenang, ronde, dan masih banyak lagi.

Bagi yang tertarik menghadiri pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu, berikut adalah informasi lengkap mengenai acara tersebut:

Tanggal: Sabtu, 12 Oktober 2019
Tempat: Pantai Marina Boom, Banyuwangi
Waktu: Pukul 19.00 WIB

Tidak perlu khawatir mengenai transportasi dan akomodasi, karena Banyuwangi memiliki berbagai pilihan transportasi dan penginapan yang nyaman. Wisatawan dapat menggunakan kereta api, bus, atau pesawat untuk menuju ke Banyuwangi. Sedangkan untuk penginapan, terdapat berbagai hotel dan penginapan yang dapat dipilih sesuai dengan selera dan budget.

Bilakah waktu terbaik untuk mengunjungi Banyuwangi?
Banyuwangi dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun ada beberapa periode waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi Banyuwangi. Salah satu periode terbaik adalah saat musim kemarau, yakni antara bulan Mei hingga September. Pada periode ini, cuaca di Banyuwangi cenderung cerah dan tidak terlalu panas, sehingga lebih nyaman untuk melakukan aktivitas wisata.

Apakah ada biaya tiket untuk menyaksikan pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu?
Ya, terdapat biaya tiket yang harus dikeluarkan untuk menyaksikan pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu. Namun, biaya tiket ini sangat terjangkau dan setiap orang dapat menikmati pertunjukan tari ini. Informasi lengkap mengenai harga tiket dapat diperoleh lebih lanjut melalui panitia acara atau melalui situs resmi pariwisata Banyuwangi.

BACA JUGA :  Keindahan Alam Tembagapura di Papua: Destinasi Wisata Tersembunyi yang Memukau

Ada apakah acara lain selain pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu?
Selain pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu, terdapat beragam acara festival dan kegiatan lain yang dapat dinikmati oleh wisatawan di Banyuwangi. Beberapa acara tersebut antara lain Festival Layang-Layang Banyuwangi, Banyuwangi Ethno Carnival, Festival Pesona Pulau Merah, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lanjut mengenai acara lain dapat diperoleh melalui situs resmi pariwisata Banyuwangi atau melalui promosi acara yang disebarkan oleh pihak berwenang.

Dengan adanya pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu, Banyuwangi semakin dikenal sebagai destinasi pariwisata yang kaya akan budaya dan seni. Wisatawan dapat menikmati keindahan tarian Gandrung yang memukau serta mengeksplorasi kekayaan alam dan kuliner yang dimiliki Banyuwangi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menghadiri pagelaran tari kolosal Gandrung Sewu di Banyuwangi dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan!