Pernah ke destinasi unik apa saja, Sobat?
. 
Nah, Kota Banjarmasin di Kalimantan...

Banjarmasin, Kota Wisata Sungai dengan Pasar Terapung yang Unik

Banjarmasin, Kota Wisata Sungai dengan Pasar Terapung yang Unik

Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan tidak hanya terkenal dengan keindahan sungainya yang mempesona, tetapi juga dengan pasar terapung yang menjadi salah satu destinasi wisata yang unik. Di pasar terapung Banjarmasin, penjual menggunakan perahu untuk menjajakan berbagai macam produk seperti sayuran, buah-buahan, makanan tradisional, dan suvenir kepada para pembeli yang juga menggunakan perahu.

Pasar terapung ini berada di Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Di sini, transaksi jual beli terjadi di tengah Sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin. Penjual dan pembeli sama-sama digoyang oleh riak-riak sungai saat melakukan transaksi. Pengalaman unik ini menjadikan pasar terapung Banjarmasin sebagai daya tarik wisata yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota ini.

Selain menawarkan pengalaman berbelanja yang unik, pasar terapung Banjarmasin juga menawarkan udara segar dan pemandangan indah yang khas. Kota Banjarmasin memang memiliki julukan sebagai “Kota Wisata Sungai” karena sungai-sungainya yang indah dan menjadi pusat kehidupan masyarakat setempat. Oleh karena itu, saat mengunjungi pasar terapung, kita juga bisa menikmati pemandangan sungai yang menenangkan dan menikmati udara segar dari aliran sungai.

Tidak hanya itu, pasar terapung juga menawarkan berbagai macam kuliner khas Banjarmasin yang menggugah selera. Kita dapat menemukan makanan tradisional, seperti soto banjar, ketupat kandangan, dan apam. Selain itu, ada juga berbagai jenis makanan ringan seperti kerupuk kemplang dan amplang yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju pasar terapung Banjarmasin?
Untuk menuju pasar terapung Banjarmasin, kita dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi atau ojek online. Pasar terapung berada di Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Pesona Danau Lingkat di Jambi, Destinasi Wisata yang Dikeramatkan oleh Warga

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi pasar terapung Banjarmasin?
Pasar terapung Banjarmasin buka setiap hari dan dapat dikunjungi pada pagi atau sore hari. Namun, disarankan untuk datang pada pagi hari untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana yang lebih tenang.

3. Apa saja kuliner khas Banjarmasin yang bisa ditemukan di pasar terapung?
Di pasar terapung Banjarmasin, kita bisa menemukan makanan tradisional seperti soto banjar, ketupat kandangan, dan apam. Selain itu, ada juga kerupuk kemplang dan amplang yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin.

4. Ada apa saja atraksi wisata lainnya di Banjarmasin?
Selain pasar terapung, Banjarmasin juga memiliki beberapa atraksi wisata menarik lainnya, seperti Palangka Raya, Taman Baca Kesuma Bangsa, dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Selain itu, bisa juga mengunjungi wisata alam seperti Hutan Bakau Martapura, Danau Seran, dan Danau Glintung.

Dengan keunikan pasar terapungnya, Banjarmasin menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Pengalaman berbelanja di atas perahu sambil menikmati pemandangan sungai dan mencoba kuliner khas Banjarmasin adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Jadi, jika Anda sedang berencana untuk berlibur ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk mengunjungi Kota Banjarmasin dan menikmati keindahan pasar terapungnya.