Rumah terapung di atas air. Menakjubkan, bukan? Ya beginilah Indonesia, indah da...

Rumah Terapung di Atas Air di Wakatobi, Sulawesi Tenggara: Keindahan Alam dan Budaya Suku Bajo

Indonesia memang negara yang memiliki keindahan alam yang tak terlukiskan. Salah satunya adalah rumah terapung di atas air yang dapat ditemukan di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Masyarakat suku Bajo yang tinggal di desa terapung ini merupakan salah satu objek wisata yang menakjubkan.

Rumah terapung di atas air Menakjubkan bukan Ya beginilah Indonesia - Rumah Terapung di Atas Air di Wakatobi, Sulawesi Tenggara: Keindahan Alam dan Budaya Suku Bajo

Untuk mencapai desa terapung suku Bajo di Wakatobi, Anda perlu melakukan perjalanan laut selama sekitar 1,5 jam dengan menggunakan speedboat dari Wanci. Sampai di sana, Anda akan disuguhkan dengan kecantikan alam sekitar serta kehidupan unik masyarakat suku Bajo.

Mengenal Suku Bajo

Suku Bajo merupakan salah satu suku asli yang tinggal di kepulauan Sulawesi dan beberapa daerah di Indonesia Timur. Mereka secara tradisional hidup di atas air dengan meremukkan rangkaian kayu sebagai dasar rumah mereka. Hal ini dilakukan agar mereka dapat menghindari serangan binatang buas dan memudahkan dalam berpindah tempat.

Mereka juga dikenal sebagai “gypsies laut” karena kemampuan mereka dalam berlayar dan membuat rumah terapung. Masyarakat suku Bajo hidup dari hasil tangkapan ikan dan pengumpulan hasil laut lainnya. Selain itu, mereka juga menjalankan tradisi perikanan lepas pantai dan menjaga lingkungan laut.

Keindahan Rumah Terapung di Atas Air

Rumah-rumah terapung suku Bajo terdiri dari beberapa rumah yang dibangun di atas air menggunakan tiang-tiang kayu. Konstruksi rumah terapung ini sangat unik dan dapat bertahan dalam kondisi cuaca dan air laut yang keras.

BACA JUGA :  Jember Fashion Carnival: Festival Spektakuler Memperkenalkan Keragaman Budaya Indonesia

Ketika Anda berkunjung ke desa terapung ini, Anda akan merasakan kehidupan yang berbeda. Anda dapat melihat bagaimana masyarakat suku Bajo hidup di atas air dengan segala kegiatan sehari-hari mereka seperti berkebun, memancing, dan menjaga rumah mereka.

Anda juga dapat melihat bagaimana mereka menjaga lingkungan laut dan ikut serta dalam pengelolaan sumber daya laut. Kehadiran rumah terapung suku Bajo di atas air memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan alam di Indonesia.

Wisata di Wakatobi

Wakatobi sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Sulawesi Tenggara. Selain rumah terapung suku Bajo, Wakatobi juga menawarkan keindahan bawah laut yang tak tertandingi. Terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan yang mengagumkan dapat ditemukan di taman laut Wakatobi.

Bagi pecinta diving, Wakatobi adalah surga yang sejati. Terumbu karangnya yang masih terjaga dengan baik membuat Wakatobi menjadi salah satu destinasi diving terbaik di dunia. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut yang spektakuler dan mengeksplorasi keanekaragaman hayati yang kaya di sini.

Selain diving, Anda juga dapat melakukan snorkeling, menyelam, dan berbagai aktivitas air lainnya di Wakatobi. Anda juga dapat berkunjung ke Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko yang merupakan beberapa pulau di gugusan kepulauan Wakatobi yang belum terjamah oleh turis.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bagaimana cara menuju desa terapung suku Bajo di Wakatobi?

Untuk menuju desa terapung suku Bajo di Wakatobi, Anda perlu melakukan perjalanan laut selama sekitar 1,5 jam dengan menggunakan speedboat dari Wanci.

2. Apa yang membuat rumah terapung suku Bajo begitu unik?

Rumah terapung suku Bajo unik karena dibangun di atas air menggunakan tiang-tiang kayu. Masyarakat suku Bajo hidup di atas air dengan segala kegiatan sehari-hari mereka seperti berkebun dan memancing.

BACA JUGA :  Hayu ka Garut! Menikmati Eksotisme dan Sejarah Candi Cangkuang

3. Apa yang bisa saya lakukan selain mengunjungi rumah terapung suku Bajo?

Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Wakatobi dengan melakukan diving atau snorkeling. Anda juga dapat mengunjungi pulau-pulau lain di kepulauan Wakatobi seperti Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko.

Kesimpulan

Rumah terapung suku Bajo di Wakatobi, Sulawesi Tenggara adalah salah satu objek wisata yang unik dan menakjubkan. Konstruksi rumah yang dibangun di atas air dan kehidupan masyarakat suku Bajo yang berbeda memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya menjaga lingkungan alam.

Selain itu, Wakatobi juga menawarkan keindahan bawah laut yang spektakuler dan berbagai aktivitas air lainnya. Dengan mengunjungi Wakatobi, Anda akan merasakan keindahan alam Indonesia yang tak terlukiskan.