Sandelwood atau Parade 1001 Kuda adalah sebuah atraksi budaya berkuda khas masya...

Parade 1001 Kuda: Atraksi Budaya Berkuda yang Mengagumkan di Sumba Barat, NTT

Sandelwood atau Parade 1001 Kuda adalah sebuah atraksi budaya berkuda yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Atraksi ini menampilkan ribuan kuda yang berhias dan ditunggangi oleh warga setempat dengan pakaian adat khas NTT. Acara Parade 1001 Kuda ini digelar pada tanggal 3 Juli 2017 dan berlangsung hingga tanggal 12 Juli 2017. Acara ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang mengunjungi Sumba Barat untuk mengenal lebih dekat dengan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Sandalwood atau Parade 1001 Kuda merupakan tradisi yang telah ada sejak lama di Sumba Barat. Atraksi ini merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap kuda yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kuda di Sumba Barat dianggap sebagai lambang kekuatan dan kekayaan. Oleh karena itu, kuda-kuda yang ditampilkan dalam Parade 1001 Kuda ini dipilih dengan teliti dan dihias dengan indah untuk menunjukkan status sosial dan kekayaan pemiliknya.

Selain itu, atraksi ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan budaya dan tradisi masyarakat Sumba Barat kepada wisatawan. Para peserta Parade 1001 Kuda mengenakan pakaian adat khas NTT yang dipadukan dengan hiasan-hiasan tradisional. Mereka menampilkan gerakan-gerakan kuda yang indah dan mengesankan, seperti lompatan tinggi dan tarian khas berkuda. Seluruh peserta atraksi ini memiliki keahlian khusus dalam mengendalikan kuda dan menjaga keseimbangan saat melakuakn gerakan-gerakan tersebut.

Selain Parade 1001 Kuda, terdapat pula berbagai acara lain yang diselenggarakan selama festival ini. Misalnya, pertunjukan tari tradisional dan musik khas Sumba Barat, pameran kuda, serta pasar seni dan kerajinan tangan. Wisatawan dapat menikmati berbagai kuliner khas daerah, serta mendapatkan produk-produk kerajinan tangan yang unik dan menarik. Selama festival berlangsung, Sumba Barat menjadi ramai dan penuh warna dengan kehadiran wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang untuk menyaksikan dan ikut merayakan kegiatan budaya ini.

BACA JUGA :  Namanya Tarian Sintren. Tarian ini merupakan sebuah seni tari tradisional dari C...

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Sumba Barat dan menyaksikan Parade 1001 Kuda, ada beberapa informasi yang perlu diketahui sebelum pergi. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar acara ini.

FAQ tentang Parade 1001 Kuda:

1. Kapan Parade 1001 Kuda digelar?
Parade 1001 Kuda digelar pada tanggal 3 Juli 2017 dan berlangsung selama 10 hari hingga tanggal 12 Juli 2017.

2. Di mana Parade 1001 Kuda diselenggarakan?
Acara ini diselenggarakan di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

3. Bagaimana cara mencapai Sumba Barat?
Untuk mencapai Sumba Barat, Anda dapat terbang ke Bandara Internasional Tambolaka yang terletak di Waikabubak, ibu kota Sumba Barat. Setelah itu, Anda dapat menggunakan transportasi darat atau menyewa kendaraan untuk menuju lokasi acara.

4. Apakah ada tiket masuk untuk menyaksikan Parade 1001 Kuda?
Untuk menikmati Parade 1001 Kuda, biasanya tidak dikenakan tiket masuk. Namun, jika ada pertunjukan khusus atau acara lain yang memerlukan tiket, akan diinformasikan lebih lanjut.

5. Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan selama Parade 1001 Kuda?
Selama Parade 1001 Kuda, Anda dapat menyaksikan atraksi berkuda yang indah, menikmati pertunjukan tari dan musik tradisional, berbelanja di pasar seni dan kerajinan tangan, serta mencicipi kuliner khas daerah.

6. Apakah ada akomodasi di sekitar lokasi acara?
Ya, terdapat beberapa resort, hotel, dan penginapan di sekitar Sumba Barat yang dapat Anda pilih untuk menginap selama mengunjungi acara ini.

7. Apa yang membuat Parade 1001 Kuda istimewa?
Keistimewaan Parade 1001 Kuda terletak pada keunikan budaya dan tradisi masyarakat Sumba Barat yang terwujud dalam atraksi berkuda ini. Ribuan kuda yang berhias dan ditunggangi oleh warga dengan pakaian adat khas NTT menciptakan pemandangan yang spektakuler dan mengagumkan.

BACA JUGA :  Museum Nasional: Menjelajahi Sejarah dan Kebudayaan Indonesia

Kesimpulan:
Parade 1001 Kuda atau Sandelwood adalah atraksi budaya berkuda yang menjadi daya tarik utama di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Acara ini menampilkan ribuan kuda yang berhias dan ditunggangi oleh warga dengan pakaian adat khas NTT. Parade 1001 Kuda menjadi kesempatan yang baik bagi wisatawan untuk mengenal lebih dekat dengan budaya dan tradisi masyarakat Sumba Barat. Selain atraksi berkuda, terdapat pula berbagai kegiatan lain selama festival ini, seperti pertunjukan tari dan musik tradisional, pameran kuda, pasar seni, dan kuliner khas daerah. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Sumba Barat dan menikmati pesona Parade 1001 Kuda yang spektakuler.